5 Cara Coping atau Atasi Stres Ini Ternyata Tak Sehat, Jangan Dilakukan!

Selasa, 15 Desember 2020 - 19:31 WIB
loading...
A A A
Tanpa sadar, kamu jadi merasa kalau setiap kejadian bisa mendatangkan hal negatif atau pasti punya hal buruk yang tak bisa diubah. Kamu jadi susah melihat hal positif dan malas berusaha karena membayangkan hal buruk yang mungkin terjadi. Perilaku ini bisa meningkatkan stres yang kamu rasakan.

Jadi, stop berpikir seperti itu, ya. Sebelum melakukan sesuatu, coba pikirkan kemungkinan-kemungkinan terburuk, tanyakan pada dirimu seberapa besar kemungkinan itu terjadi. Lalu, siapkan rencana matang, kalau bisa beberapa rencana yang fleksibel. Hal ini akan memberimu rasa aman pada masa depan.

4. MENEKAN PERASAAN SENDIRI

5 Cara Coping atau Atasi Stres Ini Ternyata Tak Sehat, Jangan Dilakukan!

Foto:Ben White/Unsplash

Kita seringkali menutupi perasaan karena mengira tak ada orang yang peduli dan menganggap hal ini cuma menghabiskanwaktu. Padahal, menekan emosi itu tak baik. Meski kamu harus mengontrol diri, tapi tak ada salahnya untuk jujur dengan perasaan sendiri dan mengekspresikannya dengan cara yang tepat.

Dengan mengakui perasaan, fisikmu juga akan menjadi sehat. Luangkan waktu sejenak untuk memanjakan dirimu demi meminimalisir stres dan mengurangi emosi negatif. Kamu bisa tidur, menonjok-nonjok bantal, menari, atau olahraga demi meringankan pikiran.

5. TERPAKU PADA MASA LALU

5 Cara Coping atau Atasi Stres Ini Ternyata Tak Sehat, Jangan Dilakukan!

Foto:Smart/Unsplash

Masa lalu memang punya daya tarik tersendiri, terutamasaat ini kita lagi tidak bahagia. Tapi, kamu tak bisa mengulang masa lalu.
Tentu banyak hal yang akan terjadi dan kemungkinan besar tidak sesuai dengan harapanmu. ( )

Tapi, hidup dengan membayangkan masa lalu, bisa mengurangi peluang kebahagiaan dan hal baik yang kamu hadapi saat ini.
Kalau kamu mau mengulang hal baik pada masa lalu, kamu bisa mencari tahu tipsnya, lalu coba terapkan pada masa sekarang.

Sekarang dan masa depan memang tak bisa diprediksi, tapi semua perspektif bergantung pada cara kamu memandang hidup.
Dengan memahami ada masalah-masalah yang mungkin muncul, tapi tetap bersiap menghadapinya dan jujur pada diri sendiri, kamu pasti bisa mengontrol dirimu tanpa harus terbayangi masa lalu.

Faqihah Muharroroh Itsnaini
Kontributor GenSINDO
Universitas Padjadjaran
Instagram: @kikyfaqiha
(it)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2555 seconds (0.1#10.140)