3 Langkah untuk Cari Tahu Tujuan Hidup yang Pas Buat Kamu

Jum'at, 13 November 2020 - 20:30 WIB
loading...
3 Langkah untuk Cari Tahu Tujuan Hidup yang Pas Buat Kamu
Mencari tujuan hidup bisa dimulai dengan mencari tahu nilai yang penting dalam hidup kamu. Foto/Unsplash
A A A
JAKARTA - Apakah kamu orang yang menjalani rutinitas hidup dengan gitu-gitu aja tanpa tahu ke depannya mau seperti apa? Pernahkah kamu bertanya apa tujuan kamu hidup di dunia ini?

Profesor Steven C. Hayes dari Departemen Psikologi di The University Nevada Reno menceritakan bahwa saat dia bertanya pada kliennya tentang tujuan hidup, kliennya tersebut sampai menangis.

"Sudah lama aku tidak memikirkannya,” katanya, mengutip dari Psychology Today.

Sama seperti klien Steven, kita seringkali terjebak dalam kegiatan sehari-hari. Kita terus mengulanginya dan tanpa sadar kita udah terjebak dalam kehidupan tersebut.

Kita jadi lupa apa hal yang penting dalam hidup kita. Padahal, seharusnya itu yang memotivasi kita untuk tetap semangat dalam menjalani kehidupan.

Bisa aja, kamu mungkin secara gak sengaja menerapkan nilai dan tujuan dari teman atau keluarga karena gak berani mengeksplorasi nilai dalam diri kamu sendiri.

Kamu mungkin takut dianggap berbeda atau menyimpang. Kamu mungkin juga sering merasa gak percaya diri akan kemampuan untuk mengejar sesuatu.

Semua hal itu tentu lama-lama bikin kita menderita, karena manusia bukanlah mesin. Kita butuh arah dan makna dalam hidup. Tanpa tujuan, hidup menjadi kosong dan membosankan.

Nah, untuk tahu tujuan tersebut, kita perlu tahu nilai apa yang kita anggap penting dalam hidup. ( )

Nilai adalah pedoman hidup yang abadi dan berkelanjutan. Nilai akan menuntun kita untuk fokus pada sesuatu, memberi kita motivasi kalau kita seolah mau menyerah, dan memberi rasa puas yang gak bisa ditandingi oleh materi.

Nah, gimana cara menentukan nilai yang penting buat hidup kita, berikut saran yang bisa kamu coba.

1. NILAI AREA HIDUP

3 Langkah untuk Cari Tahu Tujuan Hidup yang Pas Buat Kamu

Foto: Unsplash

Latihan ini berdasarkan pada Valued Living Questionnaire oleh Profesor Stevan dan Kelly G. Wilson. Ada beberapa bidang kehidupan yang perlu kamu beri nilai, seberapa penting hal itu buat kamu.

Beri skala 1-10 (1= kurang penting sampai 10 = sangat penting) pada pilihan bidang berikut, yaitu Keluarga, Pernikahan, Pasangan, Teman, Kehidupan Sosial, Kerohanian, Perawatan Diri, dan Seni.

2. NILAI KONSISTENSI

3 Langkah untuk Cari Tahu Tujuan Hidup yang Pas Buat Kamu

Foto: Unsplash

Lalu mulailah lihat seberapa konsisten kamu akhir-akhir ini dalam menerapkan nilai diri pada pilihan bidang di atas dan tuliskan juga nilainya. ( )

3. TULIS NILAI

3 Langkah untuk Cari Tahu Tujuan Hidup yang Pas Buat Kamu

Foto: Unsplash

Hitung dan lihatlah jawaban dari hal tersebut, seberapa banyak pilihanmu yang memiliki skor tinggi (9 dan 10) atau yang terendah (6 atau kurang). Selanjutnya, ambil sebuah kertas dan tuliskan nilai-nilai yang kamu lakukan dalam bidang-bidang tersebut.

Lalu kamu tanyakan pada diri sendiri, “Apa yang saya pedulikan dalam bidang ini?”, “Apa yang ingin saya lakukan dalam bidang ini?”, dan “Apa yang bisa saya lakukan untuk lebih mewujudkan nilai ini?”

Penelitian menunjukkan bahwa menulis tentang nilai yang kamu miliki bisa berefek pada kesehatan dan juga perilakumu. Hidup sejalan dengan nilai-nilai yang kamu pegang bukan hanya penting, tapi juga sebuah perjalanan seumur hidup untuk memilih dan berkomitmen. (Baca Juga: Ini Dia Sembilan Ciri-Ciri Wanita Alfa yang Wajib Kamu Contoh)

Vica Nurul Aini
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @vicaaan
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5582 seconds (0.1#10.140)