Tes Enneagram: Ada 9 Tipe Kepribadian Manusia, Kamu yang Mana?

Kamis, 07 Mei 2020 - 15:58 WIB
loading...
A A A
5.Tipe Pengamat (Observer/Thinker/Investigator)

Kamu masuk tipe ini kalo punya rasa kepo yang tinggi. Mandiri, inovatif, suka nyari tau sesuatu masalah dengan cara ngumpulin data-data. Jago analisis, berargumentasi, dan intelek, tapi kadang jadi keras kepala dan susah dengerin pendapat orang.

Tes Enneagram: Ada 9 Tipe Kepribadian Manusia, Kamu yang Mana?

Foto: club.iyaa.com

6.Tipe Pencemas (Loyalist/Pessimist)

Tipe orang yang selalu pengen aman. Berkomitmen, bertanggung jawab, setia, hangat, dan pekerja keras. Tapi sayangnya, seorang loyalis sering ragu pada diri sendiri, kurang pede, gampang cemas, dan susah untuk mengambil keputusan.

7.Tipe Petualang (Enthusiast/Optimist)

Gak bisa diem, energinya banyak, sering sibuk. Tipe petualang ini suka banget melakukan hal-hal baru yang seru dan cepat bosan saat mengerjakan kegiatan yang sama. Berjiwa spontan dan bersemangat, makanya mereka gampang akrab dengan orang lain. Tapi terkadang mereka jadi gak konsisten, kurang disiplin, dan gak bisa fokus dan gak sabar.

8.Tipe Pejuang (Challenger/Leader)

Orang tipe ini dominan, percaya diri, berjiwa melindungi. Cenderung yakin banget pada dirinya dan gak mau dikontrol orang lain. Bagusnya adalah tipe ini sangat gak mudah menyerah, punya semangat tinggi, dan mandiri. Tapi bisa jadi malah cenderung ke arah otoriter, egois, kurang peka, dan terlalu mau mendominasi.

9.Tipe Pendamai (Peacemaker/Mediator/Accomodator)

Terakhir, kamu masuk tipe ini kalo kamu santai, easy going, mudah menerima dan gampang percaya pada orang lain. Karakternya yang gak suka berkonflik, sabar, apresiatif, dan diplomatis bikin Peacemaker mudah disenangi. Tapi sayangnya, tipe ini sangat pasif, pemalu, suka cari aman, dan cenderung gak terbuka demi menghindari perselisihan.

Nah, sebenarnya, seseorang bisa punya tiga tipe kepribadian tertinggi. Hasilnya nanti berbentuk prisma geometris. Kenapa bisa tiga tipe? Soalnya, menurut pembuat tes Enneagram, manusia adalah makhluk kompleks yang gak mungkin punya satu kepribadian aja.

LALU, GIMANA CARA IKUT TES ENNEAGRAM?

Tes Enneagram: Ada 9 Tipe Kepribadian Manusia, Kamu yang Mana?

Foto: truity.com

Tes Enneagram belakangan ini makin terkenal, jadi makin banyak situs web yang menyediakan tes Enneagram. Ada yang gratis, ada yang harus daftar email buat lihat hasilnya, dan ada juga yang berbayar kalau kamu pengen tau hasil analisis tesnya lebih mendalam.

Sama aja kayak tes kepribadian yang lain, tes Enneagram mungkin gak 100 persen akurat. Tapi setidaknya, kamu bisa tahu sedikit gambaran umum tentang karaktermu.

Nah, situs web yang menyediakan tes Enneagram gratis bisa kamu cari di internet, pasti banyak banget, deh. Di antaranya yang populer bisa kamu coba di truity.com atau enneagramtest.net .

Buat yang pengen lebih lengkap, bisa ikut tes dengan harga USD12 di situs resmi tests.enneagraminstitute.com .

Faqihah Muharroroh Itsnaini
Kontributor GenSINDO
Universitas Padjadjaran
Instagram: @kikyfaqiha
(it)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)