kesehatan

Lagi Haid dan Sakit Perut? Ini 3 Posisi Tidur Terbaik yang Bisa Dicoba

Lagi Haid dan Sakit Perut? Ini 3 Posisi Tidur Terbaik yang Bisa Dicoba
Tidur nyenyak saat lagi haid dan kram perut memang bukan hal yang gampang untuk dilakukan. Foto/Freepik
Jakarta - Momen haid atau menstruasi emang bisa jadi salah satu momen terburuk setiap bulannya kalau disertai dengan kram perut.

Kram perut bukan cuma bikin kita gak konsentrasi untuk kerja atau mengerjakan tugas kuliah, bahkan untuk tidur pun susah.

Menurut National Sleep Foundation, mereka yang mau dan sedang haid mengalami susah tidur atau tidurnya gak nyenyak. Salah satu penyebab utamanya adalah karena kram.

Beberapa alasan lainnya adalah karena sakit kepala, payudara nyeri, mual atau diare, dan depresi atau cemas.



Perubahan hormon yang terjadi selama haid juga bisa memengaruhi seberapa baik dan seberapa banyak kita bisa tidur.

Nah, supaya kamu bisa tidur nyenyak saat haid, kamu bisa mencoba tips tentang posisi tidur terbaik saat haid dari para ahli.

1. POSISI MERINGKUK



Lagi Haid dan Sakit Perut? Ini 3 Posisi Tidur Terbaik yang Bisa Dicoba

Foto: Shutterstock

Mengutip dari Glamour, menurut dokter Lisa Mindley, MD, tidur dengan posisi ini bisa menghilangkan tekanan dari otot perut dan bikin otot rangka di sekitar perut jadi lebih rileks. Pada dasarnya, semakin sedikit ketegangan di perut, semakin sedikit rasa sakit dan kram yang akan dialami.

Menurut penelitian yang dilakukan lewat aplikasi pelacakan haid Clue, tidur dengan posisi meringkuk juga bisa membantu mencegah bocor atau melubernya darah haid karena kedua kaki yang saling menempel. Ini artinya, jangan tidur tengkurap karena bisa bikin darah keluar lebih banyak dan menyebabkan kebocoran.

2. POSISI BAYI (CHILD POSE)

Lagi Haid dan Sakit Perut? Ini 3 Posisi Tidur Terbaik yang Bisa Dicoba

Foto: iStockphoto

Posisi ini persis seperti posisi saat yoga. Mengutip dari Teen Vogue, dokter Jessica Grossman menyebut bahwa walaupun kamu gak mungkin tidur dalam posisi seperti ini, tapi kamu bisa mencobanya sebelum tidur untuk meredakan sakit kram perut. Posisi lainnya yang bisa dicoba sebelum tidur adalah dengan mengangkat kaki ke atas dan ditempelkan ke dinding.

3. POSISI TELENTANG DAN MEMIJAT PERUT

Lagi Haid dan Sakit Perut? Ini 3 Posisi Tidur Terbaik yang Bisa Dicoba

Foto: Getty Images

Posisi ini diperuntukkan bagi yang gak terbiasa tidur dengan posisi meringkuk. Tidur telentang memungkinkan kamu memijat perut sebelum tertidur, yang menurut Jessica bisa membantu meredakan kram. Memasang aroma terapi juga bisa membantu meredakan nyeri.

Sementara mengutip Healthline, minyak lavender dan kayu manis juga bisa membantu meredakan kram saat dipakai untuk memijat perut, meskipun gak banyak bukti signifikan secara klinis yang mendukung keefektifannya

3. MANDI ATAU JALAN SEDIKIT SEBELUM TIDUR

Lagi Haid dan Sakit Perut? Ini 3 Posisi Tidur Terbaik yang Bisa Dicoba

Foto: stocksy.com

Jessica Grossman juga menyarankan untuk meluangkan waktu melakukan perawatan diri demi membantu meredakan kram perut. Aktivitas kayak mandi atau sekadar berjalan di dalam kamar bisa dilakukan sebelum tidur.

Tentunya, setiap orang bisa punya cara masing-masing dalam meredakan kram perut saat haid, tapi cara berikut ini bisa kamu coba aja tanpa mesti minum obat pereda sakit.

Lulu Faradiza
Kontributor GenSINDO
Universitas Negeri Jakarta
Instagram:@lulufrdza

(it)
Artikel Terkait
TULIS KOMENTAR ANDA!
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...

    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel dalam bentuk word dengan panjang tulisan minimum 4000 karakter.

    Sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.

    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke :

    gensindo[dot]mail[at]gmail[dot]com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss