Rangkuman Film BBC Burning Sun: Exposing the secret K-pop chat groups

Senin, 20 Mei 2024 - 11:16 WIB
loading...
A A A
Dari sini, para pelaku akhirnya mendapatkan hukuman dari proses pengadilan yang berlangsung. Salah satu yang juga berperan penting dalam pengungkapan kasus ini adalah pengacara Bang Jeong-hyun yang bekerja sama dengan wartawan Kang.

Bang Jeong-hyun menangani kasus pengaduan 5 dari 6 perempuan yang menjadi korban tanpa menerima bayaran alias kerja pro-bono.


13. Dua Wartawan yang Melaporkan Mendapat Hujatan hingga Tertekan dan Keguguran


Kang Kyung-yoon dan Park Hyo-sil juga menceritakan tekanan yang mereka hadapi saat memberitakan kasus tiga idol K-pop terkenal itu. Keduanya mengaku diteror oleh para penggemar idol tersebut, mulai dari hinaan di forum daring, teror telepon pada dinihari, dan pengiriman pesan mengerikan.

Tak hanya sesaat, Kang bahkan mengaku sampai tiga tahun mendapatkan pelecehan atau hinaan. Salah satunya, ia disebut sebagai "feminis", "feminis kiri", "feminis hamil". Di Korea, feminis adalah sebuah kata hinaan yang bisa berujung pada pelecehan berkelanjutan.

Pada saat melakukan investigasi dan pelaporan kasus tersebut, keduanya memang sedang hamil. Park Hyo-sil yang saat itu dituduh menyebarkan berita palsu (karena saat itu Jung dibuktikan tidak bersalah) sampai mengalami keguguran, dan kini tidak bisa lagi memiliki anak.

14. Kondisi Klub-Klub di Gangnam Tak Banyak Berubah


Film dokumenter Burning Sun: Exposing the secret K-pop chat groupsjuga mengungkap bahwa kondisi klub-klub di Gangnam tak banyak berubah hingga kini. Penggunaan Gamma Hidroksi Butirat (GHB) atau sering disebut sebagai obat pemerkosaan (date rape drug) seperti yang digunakan dalam dua kasus di atas masih sering digunakan di klub-klub elite daerah tersebut.
(ita)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1462 seconds (0.1#10.140)