Madani International Film Festival 2024 Digelar, Fokus pada Perjuangan Muslim Palestina dan Sudan

Selasa, 01 Oktober 2024 - 09:53 WIB
loading...
Madani International...
Madani International Film Festival 2024 digelar di Jakarta dan akan memutar film dari Sudan, Palestina, Thailand, Indonesia, hingga Amerika Serikat. Foto/Fauzan Kaifah
A A A
JAKARTA - Madani International Film Festival (IFF) 2024 akan digelar pada 3-6 Oktober di Jakarta. Dengan mengusung tema Marwah,ada 57 film dari berbagai negara yang akan ditayangkan.

Beberapa lokasi yang akan menjadi tempat pemutaran adalah Taman Ismail Marzuki (TIM), Bina Nusantara University, Universitas Paramadina, Universitas Islam Internasional Indonesia, Masjid Istiqlal, Cinepolis Senayan Park, dan Metropole XXI Jakarta. Adapun film-film yang akan diputar antara lain berasal dari Sudan, Palestina, Iran, Indonesia, Amerika Serikat, dan India.

Dalam sesi konferensi pers yang digelar di TIM pada Senin (30/11), Hikmat Darmawan selaku anggota Board Madani menerangkan makna marwahyang menjadi tema festival film ini, yaitu berarti harga diri dan martabat seorang manusia.



"Madani Film Festival bertujuan untuk menunjukkan kepada dunia kehidupan muslim di seluruh dunia sebagai mayoritas dan minoritas di sebuah negara," ujar Hikmat.

Adapun PututWidjanarko sebagai Direktur Madani International Film Festival dan anggota Board Madani mengungkapkan bahwa Sudan dan Palestina akan menjadi fokus pada gelaran festival tahun ini.

"Film yang berasal dari Sudan menceritakan perjuangan pengungsi dalam menjalani hidupnya, sementara Palestina bertema perjuangan warga Palestina melawan penjajah Israel," kata Putut.

Di sisi lain, Eky Imanjaya yang juga anggota Board Madani sekaligus pengajar di Universitas Binus membocorkan akan ada film menarik yang berasal dari Thailand berjudul The Cursed Land. Film tersebut menceritakan minoritas muslim di Thailand yang dikemas dengan genre horor.

Sebagai film pembuka festival ada Goodbye Julia yang datang dari Sudan. Adapun film penutupnya adaWalled Off dan The Teacher yang datang dari Palestina.



Rekomendasi film lainnya adaRoad To Resilience yang berasal dari Indonesia dan bercerita tentang ideologi ekstremis di negara ini. Film pendek karyaRidho Dwi Ristiyanto ini akan tayang di program Tenggara.

Untuk daftar lengkap film yang akan tayang dalamMadani International Film Festival 2024 serta untuk pemesanan tiket menonton, kamu bisa kunjungi situs webmadanifilmfestival.id.

MG/Fauzan Kaifah
(ita)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)