Psikologi

Hilangkan Cemas Berlebihan dengan 5 Aplikasi Kesehatan Mental ini

Hilangkan Cemas Berlebihan dengan 5 Aplikasi Kesehatan Mental ini
Kesehatan mental kita rentan saat masa pandemi seperti sekarang ini, dan harus dijaga agar gak merusak kesehatan fisik kita. Foto/Getty Images
Jakarta - Kita pasti pernah merasa cemas dan takut secara berlebihan, apalagi pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Mulai dari takut tertular virus sampai takut terkena dampak lainnya seperti dipecat, berkurang gaji, atau susah dapat pekerjaan.

Sebenarnya, rasa cemas berlebihan atau biasa disebut anxietyadalah reaksi alami tubuh yang punya manfaat, yaitu bikin kita lebih berhati-hati dan waspada.

Tapi, rasa cemas yang berlebihan bisa juga jadi senjata yang menyerang diri kita sendiri. Sejumlah masalah kesehatan seperti terganggunya pola pernapasan, fungsi pencernaan, dan bahkan imunitas tubuh akan muncul kalau kita gak bisa mengontrol rasa cemas itu dengan baik.

Melansir data per 23 April yang dihimpun Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) melalui situs web resminya, sebanyak 64,3% (1.305 responden) dari total keseluruhan, yakni 1.522 responden yang menjalani swaperiksa mengalami masalah psikologis cemas atau depresi.



Hal ini menunjukkan bahwa kecemasan akan pandemi Covid-19 di tengah masyarakat Indonesia masih cukup tinggi. (Baca Juga:Mengeluh Ternyata Bagus untuk Kesehatan Mental Kita)

Nah, untuk mengatasinya, mengutip Healthline, berikut beberapa aplikasi yang bisa membantu kamu untuk menghilangkan rasa cemas berlebihan.

1. WYSA



Hilangkan Cemas Berlebihan dengan 5 Aplikasi Kesehatan Mental ini
halaman ke-1 dari 3
Artikel Terkait
TULIS KOMENTAR ANDA!
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...

    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel dalam bentuk word dengan panjang tulisan minimum 4000 karakter.

    Sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.

    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke :

    gensindo[dot]mail[at]gmail[dot]com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss