Hilangkan Cemas Berlebihan dengan 5 Aplikasi Kesehatan Mental ini

Selasa, 11 Agustus 2020 - 20:18 WIB
loading...
Hilangkan Cemas Berlebihan dengan 5 Aplikasi Kesehatan Mental ini
Kesehatan mental kita rentan saat masa pandemi seperti sekarang ini, dan harus dijaga agar gak merusak kesehatan fisik kita. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Kita pasti pernah merasa cemas dan takut secara berlebihan, apalagi pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Mulai dari takut tertular virus sampai takut terkena dampak lainnya seperti dipecat, berkurang gaji, atau susah dapat pekerjaan.

Sebenarnya, rasa cemas berlebihan atau biasa disebut anxietyadalah reaksi alami tubuh yang punya manfaat, yaitu bikin kita lebih berhati-hati dan waspada.

Tapi, rasa cemas yang berlebihan bisa juga jadi senjata yang menyerang diri kita sendiri. Sejumlah masalah kesehatan seperti terganggunya pola pernapasan, fungsi pencernaan, dan bahkan imunitas tubuh akan muncul kalau kita gak bisa mengontrol rasa cemas itu dengan baik.

Melansir data per 23 April yang dihimpun Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) melalui situs web resminya, sebanyak 64,3% (1.305 responden) dari total keseluruhan, yakni 1.522 responden yang menjalani swaperiksa mengalami masalah psikologis cemas atau depresi.

Hal ini menunjukkan bahwa kecemasan akan pandemi Covid-19 di tengah masyarakat Indonesia masih cukup tinggi. ( )

Nah, untuk mengatasinya, mengutip Healthline, berikut beberapa aplikasi yang bisa membantu kamu untuk menghilangkan rasa cemas berlebihan.

1. WYSA

Hilangkan Cemas Berlebihan dengan 5 Aplikasi Kesehatan Mental ini


Wysa adalah pelatih AI ramah yang bisa ngasihkamu arahan pada masa-masa sulit. Meskipun gratis, tapi fitur yang ada lumayan beragam, di antaranya obrolan (chat) AI, program latihan sesuai masalah yang kamu alami, dan keamanan privasi para pengguna.

Selain itu, mengingat pandemi Covid-19, pengembang Wysa saat ini juga membuat fitur tambahan, antara lain paket alat seputar kecemasan serta isolasi. Semuanya bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma alias gratis.

2. BOOSTER BUDDY

Hilangkan Cemas Berlebihan dengan 5 Aplikasi Kesehatan Mental ini


Booster Buddy adalah aplikasi kesehatan mental gratis dengan tampilan imut. Saat memulai aplikasi ini, kamu harus memilih satu dari tiga karakter bernama Flitz, Rasko, dan Mallow, yang nantinya akan jadi teman kamu dalam menyelesaikan masalah mental.

Dalam aplikasi ini, kamu bisa mengakses glosarium yang luas tentang berbagai keterampilan dan program yang terbagi berdasarkan kondisi, jurnal, alarm, pengobatan, pengelola tugas, dan lainnya yang tergabung dalam satu aplikasi pusat. ( )

3. SHINE

Hilangkan Cemas Berlebihan dengan 5 Aplikasi Kesehatan Mental ini


Yang satu ini gak gratis, tapi sepadan dengan layanan dan fitur yang tersedia. Shine digambarkan sebagai komunitas perawatan diri yang mencakup meditasi harian, obrolan ringan, artikel, diskusi komunitas, dan masih banyak lagi.

Sejauh ini, Shine mendapatkan nilai yang cukup baik, yaitu 4.8 dari 5 bintang di Play Store yang tersedia bagi pengguna Android.

4. #SELFCARE

Hilangkan Cemas Berlebihan dengan 5 Aplikasi Kesehatan Mental ini


Aplikasi ini dirancang dengan indah, lengkap dengan musik latar yang bisa bikin kamu merasa lebih rileks. #SelfCare layaknya gim yang bercerita tentang kamu yang menghabiskan hari di tempat tidur.

Ada beberapa aktivitas yang bisa kamu coba lewat arahan atau tips yang ada dalam aplikasi ini, di antaranya memakai musik dan visual, mendekorasi ruangan, menggambar kartu tarot untuk inspirasi, memeluk kucing, dan merawat altar serta tanaman.

5. TALKSPACE

Hilangkan Cemas Berlebihan dengan 5 Aplikasi Kesehatan Mental ini


Talkspace menawarkan penyelesaian masalah dengan bantuan para ahli di bidangnya. Fitur yang ada cukup beragam, di antaranya obrolan (chat), rencana program terapi, dan jadwal sesi live video dengan para terapis.

Seluruh fitur tersebut bisa membantu kamu memperkuat kesehatan dan ketahanan mental sekaligus membangun imunitas selama masa kritis seperti saat ini dan untuk masa depan. (Baca Juga: Cek, Ini Mitos atau Fakta Kesehatan Mental?)

Fazjri Abdillah
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @born2inform_
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1847 seconds (0.1#10.140)