media sosial

Waspada! Ini Jenis-jenis Pelecehan Seksual di Ranah Digital yang Harus Kamu Tahu

Waspada! Ini Jenis-jenis Pelecehan Seksual di Ranah Digital yang Harus Kamu Tahu
pelecehan seksual di dunia maya makin marak terjadi, jadi kamu mesti bisa mewaspadai. Foto/genderit.org
Jakarta - Dibanding di dunia nyata, kita lebih banyak bermain di media sosial, apalagi saat masa pandemi kayak sekarang ini.

Tapi, kedekatan kita dengan teknologi ini gak selamanya membawa dampak baik, guys! Identitas dan data diri kita yang tersebar di internet bikin kita rentan jadi korban kejahatan, salah satunya adalah pelecehan seksual di ranah digital, yang kemudian disebut juga dengan Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO).

Ada beberapa jenis KBGO yang harus kita ketahui. Semakin kita pahami, maka kita akan semakin waspada dengan perilaku orang-orang di dunia virtual, juga mengantisipasi perilaku kita sendiri di dunia maya. Nah, berikut ini jenis-jenis pelecehannya.

1. SEXTING (SEX-TESTING)



Waspada! Ini Jenis-jenis Pelecehan Seksual di Ranah Digital yang Harus Kamu Tahu

Foto: iStock Photo

Sextingadalah bentuk pelecehan seksual verbal yang banyak terjadi di ranah digital. Ini merupakan aktivitas mengirimkan atau mengunggah konten intim, seperti foto telanjang, atau setengah telanjang, juga pesan teks bermuatan seksual, tanpa persetujuan kedua belah pihak.

Para pelaku ini biasanya banyak melancarkan aksinya di berbagai platform media sosial, termasuk platform yang mempertemukan orang asing (stranger). Nah, kalau ada seseorang, baik yang kamu kenal maupun yang gak kamu kenal, yang memulai percakapan berbau seks denganmu, tapi kamu gak mau melakukan itu dan dia tetap gak menghiraukan ketidakmauanmu, berarti dia sedang melecehkanmu. Jangan lanjutkan percakapan, ya! Segera blokir dan laporkan akun milik orang-orang seperti ini.



2. NON-CONSENSUAL DISSEMINATION OF INTIMATE IMAGES
halaman ke-1 dari 3
Artikel Terkait
TULIS KOMENTAR ANDA!
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...

    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel dalam bentuk word dengan panjang tulisan minimum 4000 karakter.

    Sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.

    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke :

    gensindo[dot]mail[at]gmail[dot]com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss