Penyebab Trust Issue, Hal yang Bikin Orang Susah Percaya

Rabu, 11 Oktober 2023 - 14:53 WIB
loading...
Penyebab Trust Issue, Hal yang Bikin Orang Susah Percaya
Trust issue adalah istilah yang dipakai untuk menggambarkan kondisi seseorang yang sulit percaya pada orang lain karena pengalaman buruk yang pernah dialaminya. Foto/Pinterest
A A A
JAKARTA - Trust issue membuat seseorang susah percaya pada orang lain, yang membuatnya sulit membangun sebuah hubungan bersama pasangan.

Trust issue adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan masalah atau ketidakpercayaan yang dimiliki seseorang terhadap orang lain, situasi, atau hubungan. Ketika seseorang memiliki trust issue, mereka cenderung sulit untuk mempercayai orang lain atau merasa khawatir bahwa orang lain akan mengecewakan mereka, mengkhianati, atau melanggar kepercayaan mereka.

Salah satu penyebab utama trust issue adalah pengalaman negatif dalam hubungan sebelumnya, seperti pengkhianatan atau penipuan oleh pasangan. Pengalaman traumatis seperti ini dapat membuat seseorang sulit untuk mempercayai pasangan baru mereka.



Berikut ini lima penyebab terjadinya trust issue pada seseorang.

1. Pernah Dikhianati

Pengalaman pernah dikhianati atau diselingkuhi jadi momok yang membuat seseorang sangat sulit mempercayai orang yang menyukai mereka, bahkan ketika mereka sudah menjadi sepasang kekasih. Rasa curiga atau khawatir bisa muncul karena hal tersebut.

2. Sering Ketahuan Berbohong

Ketika komunikasi dalam hubungan tidak sehat atau tidak jujur, maka ini bisa menyebabkan ketidakpercayaan. Orang yang sering ketahuan berbohong akan membuat pasangannya jadi was-was dan akhirnya menimbulkan trust issue.

Penyebab Trust Issue, Hal yang Bikin Orang Susah Percaya

Foto:Knot9

3. PernahMenjalani Hubungan Toxic

Setelah putus dengan pasangan karena hal yang tidak baik, seseorang biasanya jadi ragu untuk memulai hubungan yang baru karena tidak yakin mereka akan lebih baik dari yang sebelumnya. Mereka berpikir semua orang akan sama.

4. Overthinking

Pemikiran yang tidak sehat tentang diri sendiri, cinta, atau hubungan bisa menyebabkan trust issue. Misalnya, jika seseorang merasa bahwa mereka tidak pantas mendapatkan cinta atau bahwa semua orang akhirnya akan meninggalkan mereka, ini bisa menciptakan ketidakpercayaan.


5. Pengaruh Omongan Teman Terdekat

Terkadang trust issue dapat muncul karena tekanan dari teman-teman atau lingkungan yang meragukan pasangan. Komentar negatif atau desas-desus dari orang lain bisa merusak kepercayaan seseorang terhadap pasangan.

MG/Farhatun Nabila
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3425 seconds (0.1#10.140)