3 Tips Merasakan Liburan tanpa Benar-Benar Berlibur

Sabtu, 03 Juni 2023 - 14:30 WIB
loading...
3 Tips Merasakan Liburan tanpa Benar-Benar Berlibur
Liburan tak berarti harus melakukan perjalanan jauh yang menghabiskan banyak biaya. Foto/Pexels
A A A
JAKARTA - Liburan merupakan salah satu cara untuk rehat dari segala bentuk kepenatan. Namun, liburan ke suatu tempat sering kali membutuhkan pengeluaran yang malah berujung jadi pemborosan.

Padahal, kamu bisa, lho, merasakan liburan tanpa benar-benar berlibur ke tempat-tempat yang jauh. Bahkan, rumah bisa menjadi tempat liburan yang nyaman untuk rehat dari rutinitas dan pekerjaan.

Nah, berikut tips untuk kamu yang ingin merasakan liburan tanpa benar-benar harus berlibur ke suatu tempat, mengutip dari Psychology Today.


1. Melakukan Kegiatan yang Kamu Sukai

3 Tips Merasakan Liburan tanpa Benar-Benar Berlibur

Foto: Pexels

Liburan biasanya dilakukan agar kita merasa senang dan lepas dari rutinitas harian. Namun melakukan liburan ke tempat yang jauh terkadang membutuhkan perencanaan yang matang dan menghabiskan banyak waktu. Alih-alih ingin melepas penat, liburan seperti ini justru terkadang membuat kamu lebih lelah dan dibuat stres.

Nah, solusinya agar kamu tetap bisa merasa senang tanpa mengeluarkan banyak energi, kamu bisa melakukan kegiatan yang benar-benar kamu senangi. Misalnya kamu senang jalan-jalan, maka lakukan saja perjalanan ke taman atau tempat di sekitaran kotamu yang sudah lama ingin kamu datangi tapi belum sempat.

Intinya, apa pun kegiatan ringan yang menyenangkan dan bisa kamu lakukan, sesederhana misalnya membaca buku di perpustakaan yang cozy sambil menikmati minuman enak.

2. Riset Lokasi Liburan

3 Tips Merasakan Liburan tanpa Benar-Benar Berlibur

Foto: Shutterstock

Siapa sangka, melakukan survei untuk liburan kamu yang akan datang bisa menciptakan perasaan senang dalam hatimu.
Survei yang kamu lakukan sebisa mungkin terperinci mulai dari biaya yang harus kamu keluarkan, kegiatan yang akan kamu lakukan, dan tempat kamu akan menginap selama berlibur nantinya.

Dengan merencanakan lebih awal, kamu bisa lebih teliti dan detail, terutama untuk memangkas biaya ataupun kegiatan yang kamu rasa tidak perlu sehingga liburan akan terasa lebih ringan dan sepadan.


3. Me Time di Rumah

3 Tips Merasakan Liburan tanpa Benar-Benar Berlibur

Foto: Shutterstcok

Kamu bahkan bisa liburan di rumah saja untuk menikmati "daycation". Salah satu kesenangan yang bisa kamu rasakan adalah dengan menghabiskan waktu duduk di luar dan membaca buku yang bagus, atau maraton film dan serial yang ingin kamu saksikan.

Kamu juga bisa melakukan hobi lainnya seperti bertanam atau apa pun yang bisa kamu lakukan dengan senang hati.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1582 seconds (0.1#10.140)