5 Strategi Menghadapi Orang yang Sulit Diajak Berkomunikasi

Kamis, 18 Mei 2023 - 17:26 WIB
loading...
5 Strategi Menghadapi Orang yang Sulit Diajak Berkomunikasi
Perlu strategi tertentu untuk menghadapi orang yang sulit diajak berkomunikasi agar tujuanmu berhasil. Foto/iStockphoto
A A A
JAKARTA - Strategi menghadapi orang yang sulit diajak berkomunikasi penting untuk diketahui agar soft-skill kamu terasah di lingkungan sosial. Informasi ini juga penting dipahami kalau kamu adalah seorang pemimpin dalam satu kelompok.

Memahami orang yang sulit diajak berkomunikasi memang tugas yang berat, terlebih kalau kamu sudah berada jauh di depan. Artinya, mau tidak mau kamu mundur beberapa langkah untuk kemudian mengajak pihak yang 'bermasalah' untuk maju bersama.

Kondisi sulit berkomunikasi biasanya terjadi karena banyak faktor, salah satunya adalah lingkungan baru. Tapi, masalah ini sejatinya bisa diatasi dengan kunci mau saling belajar dan memahami.



Menurut psikolog klinis Andrea Bonlor, setidaknya ada lima strategi menghadapi orang yang sulit diajak berkomunikasi. Apakah bersikap tegas masuk ke dalam daftarnya? Berikut daftarnya, mengutip dari PsychologyToday.

1. Jangan Langsung Marah

Penting untuk kamu belajar tentang "memberi jeda". Berkomunikasi dengan orang yang susah diajak berkomunikasi kerap kali bikin emosi, dan oleh karena itu penting untuk membuat jeda.

"Daripada memperburuk situasi, ada baiknya mengambil waktu sejenak, menjadi pengamat, baru kemudian ketika sudah sama-sama tenang baru menyampaikan pandangan," kataAndrea.

5 Strategi Menghadapi Orang yang Sulit Diajak Berkomunikasi

Foto: Shutterstock

2. Ingat Tujuan Awal

Orang yang sulit diajak berkomunikasi kadang dianggap sebagai penghambat dalam mencapai tujuan bersama. Namun kalau orang tersebut mau tidak mau masih berkontribusi dalam tujuan bersama, maka yang harus dilakukan adalah mengingat lagi tujuan awal tersebut.

"Dengan begitu, kamu tetap ada di jalur yang benar walau harus melewati banyak cobaan, termasuk menghadapi orang yang problematic," ungkap sang psikolog.

3. Mempersiapkan Diri

Apa maksudnya? Jadi, ketika kamu sadar bahwa dalam satu grup pekerjaan atau sekolah misalnya ada satu orang yang problematic, maka mentalmu sudah mesti siap menghadapi orang itu.

Selain mempersiapkan mental, berlatih tentang cara menghadapi orang yang bermasalah juga bisa jadi solusi yang tepat. Misalnya bagaimana cara terbaik berkomunikasi, mood seperti apa yang mesti dibangun sejak awal berdiskusi, hingga cara menegur yang tidak memancing emosi orang tersebut.

5 Strategi Menghadapi Orang yang Sulit Diajak Berkomunikasi

Foto: iStockphoto

4. Jangan Terlalu Personal

Saat berkonflik dengan orang yang sulit diajak berkomunikasi, jangan terlalu menganggapnya sebagai masalah pribadi antara kalian berdua. Anggap saja memang 'dari sananya' orang tersebut sulit diajak bicara, dan kamu mesti belajar untuk bisa mengatasi kesulitan itu.


5. Empati Jangan Di-skip

Menghadapi orang yang sulit diajak berkomunikasi memang susah-susah gampang. Namun satu hal yang mesti dimiliki adalah empati. Ini karena mungkin saja orang yang bermasalah itu merasa terasingkan, atau punya masalah pribadi yang menumpuk.

Nah, semoga strategi menghadapi orang yang sulit diajak berkomunikasi ini bisa kamu terapkan jika menghadapi situasi tersebut.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1766 seconds (0.1#10.140)