Apakah Soulmate Benar Ada? Ini Kata Ahlinya

Kamis, 18 Mei 2023 - 14:29 WIB
loading...
Apakah Soulmate Benar Ada? Ini Kata Ahlinya
Apakah artinya soulmate dan apakah hal tersebut benar ada dalam kehidupan nyata? Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Apakah soulmate benar ada? Pertanyaan seperti ini kerap muncul dalam benak, terlebih ketika kita sedang mempertanyakan status seseorang dalam hidup kita.

Soulmate atau belahan jiwa sejatinya bisa diartikan beragam. Ada orang yang beranggapan bahwa soulmate itu tidak mesti kekasih, tapi bagi sebagian lainnya, soulmate sudah pasti kekasih.

Definisi soulmatepun sangat bias. Tapi, psikiater Rafa Euba punya pandangan terkait dengan soulmatedan semoga kamu bisa lebih paham setelahnya.



Menurut Euba, mengutip dari Psychology Today, tidak salah ketika seseorang mengaitkan soulmate dengan kekasih. Sebab, pada dasarnya ketika kamu menetapkan seseorang sebagai soulmate, maka dirimu merasa ada cinta dan kasih dari orang tersebut.
Rasa bahagia ini yang kemudian dijadikan standar seseorang dikatakan sebagai soulmate.

Namun, definisi itu akan dibantah oleh mereka yang punya pemahaman bahwa soulmate tidak akan pergi selamanya dalam hidup. Sementara, yang namanya kekasih bisa saja meninggalkan kita.

Apakah Soulmate Benar Ada? Ini Kata Ahlinya

Foto: iStockphoto

Untuk itu, Euba membagi tiga pengertian soulmateseperti berikut ini:

1. Sosok yang Lebih Fungsional daripada Sekadar Cinta

Seseorang dikatakan soulmate ketika kamu merasa 'klik' atau nyambung dengannya. Entah itu urusan pekerjaan, cinta, atau urusan kehidupan lainnya. Dari sana akhirnya ada definisi bahwa soulmatebukan sekadar hal romantis, tapi lebih pada fungsional.

2. 'The one'

Nah, poin kedua ini menyoroti bahwa soulmate adalah kekasih, bahkan dibilang jodoh. Seseorang dikatakan soulmate ketika dia bisa mencintai dan melengkapi hidup orang lain tanpa syarat.


3. Punya Cinta tak Berbalas

Orang juga bisa dikatakan soulmateketika dia mencintai seseorang meski tak berbalas. Cinta yang dimiliki orang itu amatlah besar, sampai-sampai tak harus memilikinya saja, kamu kecipratan rasa cinta tersebut.

Pada orang-orang seperti ini, definisi cinta bukan sebatas rasa mencintai, tapi bisa selalu berguna dan berperan positif dalam hidup orang lain.

Demikian pembahasan soal apakah soulmate benar ada. Dari pembahasan ini, semoga kamu bisa mendapatkan ilmu baru dan mendapatkan soulmate yang tepat dalam hidupmu, apa pun pengertiannya.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6011 seconds (0.1#10.140)