7 Manhwa Tentang Bullying yang Paling Bikin Gregetan

Jum'at, 24 Maret 2023 - 20:20 WIB
loading...
A A A
Hobin Yoo mungkin tidak diberkahi fisik terkuat, tapi dia adalah orang yang sangat tangguh. Dia melakukan apa pun untuk bisa memenuhi kehidupan sehari-hari sekaligus membayar pengobatan ibunya. Sayang, dunia tidak ramah padanya. Karena fisiknya yang lemah, dia jadi subyek favorit perundung di sekolahnya. Dia sering dihadirkan di stream dan video teman sekelasnya, Pakgo. Tentu saja, dia jadi dihina dina dan videonya jadi bahan tertawaan.

Tapi, semuanya mulai berubah ketika dia jadi terkenal setelah tak sengaja men-stream pertarungannya dengan videographer Pakgo, Snapper. Karena Pakgo meninggalkan Snapper setelah insiden itu, Snapper mengajukan diri untuk bermitra dengan Hobin. Berdua mereka menciptakan channel How to Fight. Manhwa ini punya cyber twist untuk meruntuhkan perundung. Setelah jadi viral, Hobin mulai serius dengan hidupnya. Tema channel-nya adalah mengalahkan perundung. Karena serial ini puny semesta yang sama dengan Lookism, serial ini punya sejumlah adegan pertarungan epik.



1. To Not Die

7 Manhwa Tentang Bullying yang Paling Bikin Gregetan

Foto: Webtoon

Dajun adalah anak SMA yang mengalami bullying tanpa henti dari teman-teman sekelasnya setiap hari. Akibat penyiksaan itu, dia jadi putus asa dan tidak punya harapan. Dia pun mempertimbangkan untuk mengakhiri hidupnya. Tapi, ketika dia melihat ada berita seorang siswa yang hendak membunuh para perundungnya, sentimen membunuh bergema dalam diri Dajun. Dia sadar kalau bukan dia yang seharusnya menderita, tapi para perundungnya yang membuatnya hidup dalam mimpi buruk. Dajun pun bertekad untuk tidak mati.

To Not Die adalah manhwa menegangkan yang mengangkat tema bullying, balas dendam, dan pertobatan. Dajun berusaha mengatasi masa lalu traumatisnya dan mengambil alih hidupnya. Dia berencana menjadi lebih kuat dan memberi pelajaran bagi para perundungnya. Dia kabur dari rumah dan akhirnya mewujudkan cita-citanya meski sedikit demi sedikit. Sementara manhwa ini punya cerita menarik, serial ini agak grafis. To Not Die memperlihatkan bullying dengan bentuk agak barbar, yang membuatnya tidak cocok bagi sejumlah pembaca.
(alv)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1709 seconds (0.1#10.140)