7 Manhwa Tentang Bullying yang Paling Bikin Gregetan

Jum'at, 24 Maret 2023 - 20:20 WIB
loading...
7 Manhwa Tentang Bullying yang Paling Bikin Gregetan
Manhwa tentang bullying atau perundungan dikenal punya cerita yang bikin gregetan pembacanya. Lebih sering, korban perundungan akan berusaha membalas dendam. (Foto: Gumfo)
A A A
Manhwa tentang bullying atau perundungan dikenal punya cerita yang bikin gregetan pembacanya. Ceritanya dimulai dari premis sederhana yang tak jarang relate dengan kehidupan di dunia nyata. Hanya, manhwa ini punya twist yang tidak disangka dan selalu bikin penasaran.

Bullying adalah masalah yang terus ada di tengah masyarakat. Aksi ini berdampak pada orang di semua usia dan latar belakang. Mau itu dalam bentuk kekerasan fisik atau verbal atau pelecehan online, perundungan bisa punya dampak menghancurkan pada korbannya. Bullying menyebabkan bekas luka emosional abadi dan mungkin juga tanda fisik permanen. Sementara ada usaha untuk melawan bullying, masalah ini tidak pernah bisa dibasmi.

Di manhwa, tema bullying cukup sering diangkat. Namun, ceritanya tidak hanya membuat sang korban tidak berdaya. Lebih sering, para korban ini pun melawan dengan segala cara. Mereka yang biasanya lemah akhirnya muncul sebagai sosok kuat yang mampu melawan. Dalam prosesnya, ceritanya sering bikin gregetan. Apa saja manhwa tentang bullying yang paling bikin gregetan? Simak rekomendasinya berikut ini! Seluruh manhwa di daftar ini bisa dibaca di aplikasi Webtoon.



7. Study Group

7 Manhwa Tentang Bullying yang Paling Bikin Gregetan

Foto: Webtoon

Gamin Yoon bersekolah di tempat yang penuh calon orang-orang jahat yang suka merundung dan punya mindset penjahat. Sekolah itu penuh siswa jahat yang memangsa yang lemah dan membuat hari-hari mereka di sekolah menjadi menyedihkan. Gamin ingin mendapatkan nilai bagus demi membuat ibunya bahagia dan masuk universitas. Dia kemudian membentuk sebuah kelompok yang terdiri atas orang-orang yang ingin belajar.

Gamin harus berjuang keras mempertahankan grupnya itu dari para siswa kasar yang suka menjadikan mereka subyek kekerasan mereka. Dia juga harus bertarung untuk mempertahankan grupnya itu. Dengan tekad kuat, Gamin menunjukkan kalau dia bisa bertahan di tengah situasi yang sangat tidak menguntungkan itu.

6. Nano Mashin

7 Manhwa Tentang Bullying yang Paling Bikin Gregetan

Foto: Webtoon

Chun Yeo-wun mengalami hidup yang menyedihkan meski menjadi anak pemimpin sekte penyembah setan. Ibu Yeo-wun dibunuh keluarga besar yang mengejar kekuasaan. Mereka ingin menyingkirkannya sehingga dia tidak bisa ikut upacara penobatan. Suatu hari, dia diserang skuad pembunuh berpakaian hitam-hitam. Ajaibnya, salah satu keturunannya di masa depan datang dan menyelamatkannya. Dia kemudian memasukkan sebuah mesin nano ke tubuh Yeo-wun.

Mesin masa depan itu membantunya dalam perebutan kekuasaan. Cheon akhirnya bergabung dengan akademi di mana dia bisa belajar sebagai seorang pangeran dan mendapatkan banyak peluang untuk memperkuat dirinya. Dia pun mulai membalas dendam terhadap mereka yang membunuh ibunya dan membuat hidupnya seperti di neraka. Manhwa ini mengangkat tema bullying di luar sekolah dan tetap punya cerita yang menarik. Korban perundungannya juga jadi kuat dan bisa melawan kembali para perundungnya.

5. Weak Hero

7 Manhwa Tentang Bullying yang Paling Bikin Gregetan

Foto: Webtoon

Setiap perundung selalu menarget orang yang lemah tanpa dukungan dan menghancurkan hari-hari mereka di sekolah. Hal yang sama terjadi di sekolah yang dijalankan orang yang suka menarget dan merundung siswa terlemah di kelas mereka. Semuanya berubah ketika siswa baru masuk dan mengancam semua orang yang memainkan permainan gila dengan yang lemah. Gray itu kecil, tapi sangat perhitungan. Gaya bertarungnya yang brutal dan tanpa ampun meninggalkan kesan mendalam terhadap para perundung di sekolahnya.

Gray menjadi pahlawan dari teman-teman sekelasnya. Dia menyelamatkan semua orang dan melawan para perundung sekolah. Dia pun mengubah segalanya. Manhwa tentang balas dendam ini sangat intensif dan menarik. Weak Hero telah diadaptasi menjadi drama Korea tahun lalu dan cukup populer.

4. Lookism

7 Manhwa Tentang Bullying yang Paling Bikin Gregetan

Foto: Webtoon

Lookism adalah salah satu manhwa paling mengesankan dan trending sekarang. Manhwa ini berkisah tentang Park Hyung-seok. Sosoknya gendut dan jelek. Hyung-seok menjadi mangsa semua teman sekelasnya karena penampakan itu dan latar belakangnya yang miskin. Dia dirundung setiap hari. Tidak tahan, dia akhirnya pindah ke sebuah SMK di Seoul.

Ketika dia hendak memulai harinya di SMA Jae Won, dia terbangun dengan kondisi berada di tubuh lain yang seksi dan atletis. Dia juga jadi tampan. Penampilan barunya membuat dia diperlakukan dengan baik. Hyung-seok pun sadar kalau kekuasaan dan penampilan adalah hal terpenting. Hyung-seok kemudian memanfaatkan penampakannya itu untuk membantu siswa lain yang juga jadi korban perundungan.

3. The Real Lesson

7 Manhwa Tentang Bullying yang Paling Bikin Gregetan

Foto: Webtoon

Di dunia The Real Lesson, perundung bebas melakukan apa pun sementara menikmati perlindungan hukum. Mereka jadi tidak tersentuh, tapi, itu berubah setelah Hwajin Na masuk. Dia bekerja untuk Kementerian Pendidikan dan peran utamanya adalah meluruskan mereka yang menghancurkan sekolah. Dia menginfiltrasi sekolah dan menggunakan otoritasnya untuk menyingkirkan para perundung. Metodenya jauh dari kata konvensional. Dia tidak segan mendaratkan pukulan ketika menghadapi muridnya. Tentu saja, dia tidak akan memukuli mereka tanpa alasan.

Manhwa ini utamanya berfokus pada perundungan di sekolah. Tapi, manhwa ini sama sekali tidak memilih siswanya. Serial ini menampilkan guru yang menyelewengkan otoritasnya, mau itu meng-gaslighting siswa atau bahkan memeras mereka, serta orangtua yang menyiksa pendidik di institusi anak-anak mereka. Sementara Hwajin sebenarnya merencanakan aksinya dengan baik, yang sering membuat perundung menyadari kesalahan mereka sendiri.

2. How to Fight

7 Manhwa Tentang Bullying yang Paling Bikin Gregetan

Foto: Gumfo
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1590 seconds (0.1#10.140)