6 Fakta Lookism, Anime Netflix Berbahasa Korea dari Manhwa

6 Fakta Lookism, Anime Netflix Berbahasa Korea dari Manhwa
Lookism adalah manhwa yang sangat populer dari platform WEBTOON. Manhwa itu kini diadaptasi menjadi anime original di Netflix dengan menggunakan bahasa Korea. (Foto: YouTube/Netflix)
Salah satu kejutan di ujung 2022 adalah adaptasi anime manhwa populer, Lookism. Manhwa yang terbit di platform WEBTOON itu merupakan rollercoaster padat aksi yang punya fandombesar sejak serial itu diawali pada 2014. Hingga saat ini, Lookism belum tamat. Manhwa itu telah memasuki episode 424 dan selalu di-update setiap Jumat.

Popularitas Lookism menarik banyak pihak. Dengan banyaknya manhwa di WEBTOON yang diadaptasi menjadi drama Korea, Netflix mencoba membuat sesuatu yang baru dengan Lookism. Alih-alih mengadaptasi karya Park Tae-joon itu menjadi drama Korea, Netflix membuatnya menjadi anime. Uniknya, anime ini akan hadir dengan bahasa Korea, bukan bahasa Jepang seperti adaptasi manhwa lainnya.

Lookism awalnya dijadwalkan dirilis di Netflix pada 4 November. Tapi, karena tragedi Halloween Itaewon yang menewaskan 156 orang, Netflix memundurkan jadwal perilisan anime baru itu. Terlebih, jadwal awal itu masih masuk periode berkabung nasional di Korea Selatan. Netflix telah merilis jadwal baru untuk perilisan anime itu, yaitu pada Kamis (8/12) atau hari ini. Apa saja yang harus diketahui dari anime Lookism? Mengutip Game Rant, simak ulasannya berikut ini!

Baca Juga: Dirilis di Netflix, Anime Lookism Pakai Bahasa Korea

1. Sinopsis

6 Fakta Lookism, Anime Netflix Berbahasa Korea dari Manhwa

Foto: Netflix

Lookism, yang dibuat Park Tae-joon, mengikuti kehidupan Park Hyung-seok. Dia adalah cowok pendek, gendut, tidak menarik, dan penyendiri yang berasal dari keluarga miskin. Setiap hari, dia dirundung (bully) teman-temannya di SMA dengan kejam. Demi menghindari perundung terparahnya, Lee Tae-sung, terkadang dikenal sebagai Logan Lee, Hyung-seok pindah dari kotanya ke Seoul dan masuk SMA Jae Won.

Jae Won adalah sebuah sekolah menengah kejuruan (SMK) yang dikenal dengan paktik pendidikan liberalnya dan para murid yang sangat nyentrik dan menarik. Sebelum mulai masuk sekolah, Hyung-seok bangun dan menemukan dirinya berada dala tubuh cowok yang sangat tampan. Dia akhirnya merasa kalau dia bisa mempunyai hidup yang sering dia impikan. Tapi, dia tidak menyadari betapa sulitnya untuk menjaga rahasia seperti itu.

2. Animasi Unik dan Sulih Suara Berbahasa Korea

6 Fakta Lookism, Anime Netflix Berbahasa Korea dari Manhwa

Foto: Netflix

Salah satu hal yang menonjol dari manhwa Lookism adalah kualitas tinggi seni dan desain karakter yang menarik yang lebih condong ke kesan visual yang realistis. Seperti terlihat di trailer, animasinya akan menjadi sesuatu yang bisa dibandingkan dengan anime original lain di Netflix yang juga dirilis pada 2022, yaitu Tekken: Bloodline. Tapi, di Lookism, ada vibrasi dalam seni manhwa original-nya yang bisa diharapkan munucl di anime kalau materi sumbernya ditranslasikan dengan baik oleh Studio Mir (pembuatDOTA: Dragon Blood), yang bertanggung jawab atas produksi anime ini.

Sebelumnya, adaptasi anime dari manhwa Korea sering kali hilang dalam pengarahan karena cerita, nama karakter, dan yel-yel dibuat untuk cast yang berbicara dalam bahasa Jepang. Tapi, di trailer yang telah dirilis Netflix jelas kalau Lookism akan menampilkan cast sulih suara berbahasa Korea untuk anime ini. Ini sesuatu yang tidak sering terjadi pada manhwa Korea yang dijadikan anime. Saat ini, aktor sulih suara yang terlibat di Lookism termasuk Shim Kyu-hyuk, Han Shin, Hwang Chang-yung, Ryu Seong-gon, dan Jeong Jae-heon.

3. Semuanya Bisa Jadi Gelap

6 Fakta Lookism, Anime Netflix Berbahasa Korea dari Manhwa

Foto: Netflix

Sementara ringkasan plotnya mungkin menggambarkan Lookism sebagai slice-of-life, serial ini sebenarnya adalah thriller intensif yang padat dengan misteri, pertarungan keras, dan bahkan perang antargeng padat aksi di bagian nanti cerita ini. Dengan judul berfokus pertarungan dianimasikan, maka masuk akal kalau ada yang berharap produksi ini akan sangat berfokus pada momen intensif yang benar-benar bersinar. Perkelahiannya, meski menarik, hanyalah seporsi dari kekerasan yang mungkin akan disaksikan penontonnya, kalau anime ini adaptasi yang setia pada manhwa aslinya.

Serial ini masuk ke banyak tema dan mengeksplorasi level kebobrokan manusia yang kadang bisa mengganggu. Serial ini juga menyelam ke ruang yang jauh dari plot aslinya. Hidup Hyung-seok jadi lebih berwarna setelah mendapatkan tubuh keduanya. Tapi, dia jadi terlibat lebih dalam ke hal-hal berbahaya.

Manhwa asli Lookism mendedikasikan seluruh busur ceritanya pada efek merugikan sekte, kekejaman terhadap hewan, anak yang kabur, dan perdagangan anak bawah tanah di Korea. Selain itu, manhwa ini juga mengangkat perbudakan, penjara kompleks industri terkait anak di bawah umur, penguntitan (stalking), kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), dan berbagai macam lini cerita yang intensif. Sementara, sering bersifat kocak, ringan, dan bahkan menghangatkan, Lookism bisa menjadi sangat intensif.

4. Protagonis yang Manis

6 Fakta Lookism, Anime Netflix Berbahasa Korea dari Manhwa

Foto: Netflix

Salah satu elemen terbaik serial Lookism adalah karakter utamanya, Park Hyung-seok. Terlepas dari semua hal mengerikan yang dia alami, dia mungkin adalah salah satu karakter paling baik hati di seluruh serial ini. Hubungannya dengan ibunya adalah salah satu aspek paling penih emosi di cerita aslinya. Meski diperlakukan buruk dalam waktu yang lama, fokusnya adalah membuat hidup lebih mudah untuk ibunya. Prioritas ini tidak berubah seiring berjalannya cerita.

Di saat Hyung-seok jadi lebih kuat dan membuat banyak teman di sepanjang perjalanannya, dia menemukan lebih banyak orang yang bergantung padanya. Meskipun kemampuan dasar tubuh barunya lebih baik dari tubuh aslinya, ambisi utamanya adalah melatih tubuh dan pikiran aslinya di malam hari ketika tubuhnya yang lebih ganteng beristirahat. Karena sikap positif dan kebaikan hatinya, Hyung-seok juga masuk radar banyak cewek, tapi itu terjadi nanti.

5. Karakter Menarik

6 Fakta Lookism, Anime Netflix Berbahasa Korea dari Manhwa

Foto: Netflix

Meski serial ini sering jadi kocak dan berlebihan dalam banyak momen pentingnya, manhwa ini sebagian besar berlatar belakang dunia yang tidak jauh berbeda dari dunia nyata. Fenomena tubuh ganda yang dialami Hyung-seok adalah misteri dari perspektif serial ini. Sementara ada busur cerita di mana dia mulai memahami asal usul tubuh itu sedikit lebih banyak dari awal, itu hanya terjadi di bagian nanti cerita, terlalu jauh menjadi salah satu faktor penting di awal cerita. Tapi, serial itu membuka ceritanya ke fenomena dan kejadian yang mustahil terjadi di dunia nyata.

Banyak karakter yang muncul di serial ini adalah karakter yang luar biasa kuat. Mereka punya kemampuan manusia super dan mengalami level kerusakan yang mengerikan. Ada banyak kepribaian menarik yang muncul di manhwa Lookism. Banyak dari mereka segera menjadi pendamping karakter utama dengan cara yang tidak jauh berbeda dari cerita shounen.
halaman ke-1
Share: