alexametrics
tips dan trik
Susah Ngobrol saat Pakai Masker? Coba Bikin Masker Canggih Ini
Susah Ngobrol saat Pakai Masker? Coba Bikin Masker Canggih Ini
Masker buatan Tyler Glaiel bisa memperlihatkan ekspresi saat pemakai masker berbicara. Foto/blog.arduino.cc
Jakarta - Pakai masker memang bikin kita gak bisa sebebas dulu dalam bernapas dan berbicara. Namun manusia dituntut kreatif untuk mengatasi masalah ini.

Demi beradaptasi pada situasi baru saat masa pandemi ini, beberapa orang membuat masker dari berbagai desain dan motif supaya kece saat dipakai, sebagai bagian dari fashion.

Sementara yang sangat mementingkan hal fungsional, mencoba membuat masker berbasis teknologi kekinian. Melansir dari akun Medium milik Tyler Glaiel, dia mem-posting cara membuat masker led yang akan menyala kalau orang yang pakai masker tersebut berbicara.



Nah, yang penasaran, ini Langkah pembuatan yang harus kamu lakukan.

1. PERHATIKAN KOMPONEN YANG DIBUTUHKAN

Susah Ngobrol saat Pakai Masker? Coba Bikin Masker Canggih Ini
Foto: Tyler Glaiel/Medium

Masker ini memakai beberapa komponen seperti microcontroler, panel led, baterai, dan mikrofon. Microcontroler berfungsi sebagai otak dari program yang dibuat.

Saat kamu berbicara, mikrofon akan mengirimkan data ke microcontroler sehingga suara yang ditangkap menghasilkan lampu led yang menyala seperti mimik mulut sedang berbicara. Masker ini juga bisa membentuk ekspresi senyum dan bunyi beep yang lucu. (Baca Juga: 6 Hal yang Harus Dihindari saat ke Mal pada Masa Pandemi)

2. PROGRAM MASKER CANGGIH

Susah Ngobrol saat Pakai Masker? Coba Bikin Masker Canggih Ini
Foto: Freepik

Bingung bagaimana cara membuat kodenya? Kamu gak perlu pusing-pusing membuat programnya. Tulisan dari Tyler Glaniel sudah merangkum Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan, termasuk kode yang dipakai untuk membuat masker canggih ini. Namun kamu harus teliti, jangan sampai ada langkah pembuatan yang terlewat.

3. SIAPKAN ALAT YANG DIGUNAKAN

Susah Ngobrol saat Pakai Masker? Coba Bikin Masker Canggih Ini
Foto: Tyler Glaiel/Medium

Untuk membuat masker ini perlu beberapa alat seperti solder, obeng, solatip, dan lainnya. Kamu harus berhati-hati dalam membuatnya, karena menyambungkan beberapa komponen tersebut agak susah. Kalau salah pasang bisa jadi masker yang kamu buat justru berbahaya.

Selain dari sisi kelebihan, tentunya masker ini juga punya kekurangan, yaitu biaya yang diperlukan cenderung lebih mahal daripada masker yang dijual di pasaran. (Baca Juga: Belum Banyak Diketahui, Yuk, Kenalan dengan Sastra Karawitan)

Tapi ini bisa jadi alternatif untuk mengekspresikan kemampuan atau hanya sekadar membagikannya ke akun media sosial kamu.

Muthiara Ardiani
Kontributor GenSINDO
Universitas Gunadarma
Instagram: @muthiaardian



(it)
Artikel Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss