6 Cara Mengatasi Kecanduan Belanja untuk Mahasiswa

Sabtu, 16 April 2022 - 15:00 WIB
Cara terbaik untuk mengatasi pengeluaran yang berlebihan adalah menghindari situasi yang membuatmu ingin menghabiskan uang. Jika kelemahanmu adalah belanja online, maka mulailah dengan berhenti berlangganan aplikasi belanja online atau jika perlu menghapusnya di ponselmu.

Namun, jika kamu cenderung boros saat belanja offline, maka menjauhlah dari pusat perbelanjaan, terlebih jika saat itu kamu berada di bawah tekanan emosional.

5. Mengubah Lingkunganmu



Foto:Andrea Piacquadio/Pexels

Lingkungan memang memainkan peran besar dalam kehidupan, termasuk memengaruhi perilaku kita. Lingkungan perkuliahan yang membuat stres, pada dasarnya dapat mendorongmu membeli barang secara berlebihan untuk membantumu menenangkan diri.

Karena itu cobalah untuk memahami akar dari penyebab kebiasaan belanjamu sehingga kamu dapat mengetahui di mana dan kapan kamu harus mengubahnya.

Baca Juga: 10 Drama Korea Terbaik Pemenang Baeksang Arts Awards 2012-2021

6. Membuat Pertanyaan untuk Diri Sendiri



Foto:Liza Summer/Pexels

Coba lihat sekelilingmu, apakah kamu memiliki pakaian yang belum digunakan? Atau buku yang belum dibaca? Nyatanya kita cenderung membeli banyak barang tanpa pernah digunakan.

Karena itulah ketika ingin membeli suatu barang, cobalah untuk bertanya kapan sekiranya kamu menggunakan barang ini? Mengapa kamu membutuhkannya? Bisakah kamu menunggu untuk membelinya nanti? Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat kamu gunakan jika keinginan untuk membeli barang terus terjadi.

GenSINDO

Shella Mapuji Rellang

Universitas Negeri Jakarta
(ita)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More