7 Manfaat Fisik dan Psikologis dari Rajin Berjalan Kaki

Rabu, 16 Juni 2021 - 17:32 WIB
Untuk memaksimalkan berjalan kaki untuk tidur yang lebih baik, kamu harus menjadikan rutinitas berjalan kaki pada pagi hari sebelum sarapan. Ini karena hal tersebut bisa membantu mengatur ulang jam biologis tidur setiap hari, memastikan bahwa kamu akan siap untuk istirahat malam yang lebih baik.

Baca Juga: Apakah Kita Boleh Minum Air Sisa Semalam?

4. MEMBANTU MENGAMBIL KEPUTUSAN YANG LEBIH BAIK



Foto: Zamrznutitonovi/iStock

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine, aktivitas harian seperti latihan intensitas sedang seperti jalan cepat selama 30 menit bukan cuma meningkatkan kinerja kognitif, tapi juga meningkatkan fungsi kognitif yang terkait dengan lebih cerdas dan lebih baik dalam mengambil keputusan.

5. BISA MENGAKTIFKAN KREATIVITAS



Foto: Anilakkus/iStock

Apakah kamu pernah mendapat ide saat sedang asyik berjalan kaki? Ini bukan sebuah kebetulan. Saat berjalan sendirian, pikiran dan otak dapat menyelaraskan dan membantu menciptakan beberapa ide hebat.

Berjalan sambil memperhatikan lingkungan sekitar kita dan memperhatikan bagaimana tubuh kita berjalan adalah latihan kesadaran yang bisa bermanfaat bagi pikiran kita seperti meditasi dengan mata tertutup.

Baru-baru ini, sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Graz Austria dan diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports juga menyimpulkan bahwa berjalan secara langsung terkait dengan peningkatan kreativitas.

6. MEMBANTU TUBUH MENJADI LEBIH KUAT



Foto: Maridav/iStock

Berjalan adalah olahraga. Meski berjalan di tanah datar mungkin tidak membentuk otot, memilih rute jalan kaki yang menyertakan tangga atau bukit akan meningkatkan daya tahan dan membantu memperkuat otot.

Sebagai nilai tambah, menambahkan tantangan pada jalan, seperti lunge atau squat akan meningkatkan intensitas latihan dan membentuk otot. Ini juga dapat membantumu mengatur berat badan. Berjalan cepat secara langsung terkait dengan penurunan berat badan, BMI, dan lingkar pinggang.

Sementara menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2015 di jurnal PLOS One, berjalan kaki 15 menit bisa membantu mengekang keinginan ngemil yang manis-manis.

Baca Juga: Déjà Rêvé: Variasi Lain dari Déjà Vu, Bagaimana Bentuknya?

7. BERJALAN MEMBANTU SENDI MENJADI LEBIH SEHAT
Halaman :
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.