Fotografi Kreatif saat Pandemi, dari Foto Virtual sampai Porch Traits

Sabtu, 16 Mei 2020 - 08:58 WIB
"Kalau untuk foto virtual street photography,sih, basic caranya sama aja. Kita buka Google Maps, cari lokasi yang mau kita jadikan obyek, pilih opsi 3D street view, terus pengambilan gambar, terus edit dikit, deh," ujar Irfan.



Foto: Google Maps/Editing: Muhammad Irfan

Menurut Irfan, kelebihan dari virtual fotografi lewat Google Maps bisa ngasih inspirasi baru dan mengasah kreativitas. Kita bisa punya banyak spot foto yang bagus tanpa harus keluar rumah dan serasa keliling dunia walau cuma lewat Google Maps.

Foto Tetangga lewat Porch Traits

Satu lagi cara memotret yang nge-tren pada masa pandemi ini adalah porchtraits, kependekan dari porch portraits. Ada pula yang menyebut istilah ini sebagai doortraits.



Foto: Zoya Lynch/lakecountrycalendar.com

Melansir dari USA Today, fotografer Cara Soulia dan Kristen Collins punya ide untuk memotret beberapa keluarga pada masa pandemi ini sebagai bentuk mengabadikan momen kehidupan mereka. Sesuai aturan social distancing, pemotretan dilakukan di depan rumah klien dengan fotografer yang berdiri jauh beberapa meter demi menjaga jarak aman.



Foto: globalnews.ca

Aldhi Chandra Setiawan, 22, pehobi fotografi sekaligus pebisnis fotografi @Artifoto.co, juga pernah mencoba konsep ini. Dia memotret teman beserta keluarganya, lalu dua orang temannya, tapi tanpa keluarga untuk mendapatkan hasil yang berbeda.

"Serunya jika memotret dengan konsep ini yaitu bisa memotret keluarga dengan latar belakang rumah mereka, dari situ menambah suasana kekeluargaan yang lebih mendalam," kata Aldhi.



Foto: Dok.Aldhi Chandra Setiawan



Foto: Dok.Aldhi Chandra Setiawan

Mungkinkah konsep ini bisa dijual sebagai konsep baru fotografi, terutama pada masa pandemi? Menurutnya, konsep ini harus dikenal dulu oleh orang banyak.

"Dengan konsep ini sebenarnya foto bersama keluarga bisa lebih mudah dan bahkan biaya yang dikeluarkan juga relatif lebih murah dibanding dengan studio foto," kata Aldhi.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More