Cara TikTok Lindungi Remaja dan Orang Tua agar Keamanan Digitalnya Terjamin

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 19:54 WIB
Selain roadshow, TikTok juga menyosialisasikan fitur Pelibatan Keluarga di platformnya. Fitur ini membuat orang tua bisa menautkan akun TikTok mereka ke akun sang anak.

Dengan penautan ini, orang tua bisa mengatur bentuk penggunaan TikTok oleh anak. Beberapa yang bisa diatur adalah waktu atau lamanya anak menggunakan TikTok.

Lalu mengatur siapa saja yang bisa mengirim pesan langsung (DM), mengatur konten yang dikonsumsi, mengatur kemampuan mengunduh video, mengatur siapa saja yang bisa memberikan komentar, mengatur penggunaan fitur LIVE, hingga mengatur pemberian notifikasi.

Fitur Pelibatan Keluarga ini dipisahkan berdasarkan usia pengguna TikTok, yaitu 14-15 tahun, 16-17 tahun, dan usia 18 tahun ke atas. Salah satu bentuk keamanan yang ditawarkan misalnya adalah untuk pengguna usia 14-15 tahun, mereka tidak bisa menggunakan fitur DM, tidak bisa mengunduh video, dan notifikasi untuk mereka akan dimatikan mulai pukul 9 malam.

Sementara untuk mencegah pengguna anak memalsukan usia mereka saat membuat akun di TikTok, platform ini juga memiliki serangkaian sistem keamanan untuk meminimalisir peristiwa itu terjadi.

"Jadi saat membuat akun, kita tidak tanya usia, tapi tanggal dan tahun lahir. Jadi mereka tidak langsung diarahkan menyebut usia mereka. Kalau mereka masih bisa memalsukan, kita juga bisa melihat dari bentuk interaksi mereka, yang jika mencurigakan, akun mereka bisa dinonaktifkan," ujar Anggini.



Jika si pengguna merasa dia tidak memalsukan usia, maka ia bisa mengajukan banding. Dari sini, tentunya TikTok akan kembali melakukan penelusuran.

Fitur Pelibatan Keluarga di TikTok bisa ditemukan di bagian Pengaturan Privasi. Orang tua bisa langsung mengoneksikan ponselnya dengan akun TikTok anak melalui barcode. Setelah itu, orang tua bisa mengetahui aktivitas anak di platform tersebut.
(ita)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More