Lupakan YOLO, Ini Tips Jalankan Gaya Hidup YONO

Senin, 19 Agustus 2024 - 15:20 WIB
Kebiasaan ini tentu bukanlah perilaku yang baik. Selain membuang-buang makanan, tentunya uang yang dimiliki juga akan terbuang sia-sia.

3. Buat Daftar saat Ingin Berbelanja



Foto: Shutterstock


Berbelanja bisa menjadi sarana untuk menyegarkan pikiran bagi sebagian orang. Namun, ketika berbelanja sering kali membuat seseorang membeli beberapa barang yang sebenarnya tidak mereka butuhkan.

Jika kamu takut untuk membeli barang-barang yang belum berguna saat itu, kamu bisa mencoba untuk membuat daftar belanjaan apa saja yang ingin kamu beli.

Selain menghindari kelupaan akan barang yang memang kamu butuhkan, dengan membuat daftar, maka kamu juga akan lebih fokus dalam mencari barang yang kamu butuhkan.

4. Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran Uang





Foto: Shutterstock

Kamu wajib menghitung atau mencatat besaran pemasukan dan pengeluaranmu tiap bulan atau tiap minggu. Saat mencatat pemasukan dan pengeluaran uang milikmu, tentunya akan terlihat apakah pengeluaranmu lebih banyak dibanding uang sakumu.

Selain itu, kamu juga bisa melihatpengeluaran terbesarmu digunakan untuk hal apa saja. Di sini, kamu pun bisa memotong pengeluaran yang terasa berlebihan agar kamu bisa hidup lebih hemat.



5. Menyisihkan Uang





Foto: Shutterstock

Gaya hidup YONO memang bertujuan untuk menekan tingkat konsumtif seseorang. Oleh karena itu, ketika seseorang mendapatkan dana yang lebih, dana ini bisa disisihkan untuk ditabung.

Cara menabung bisa dilakukan dengan berbagai macam, misal mulai dari menabung di bak, di celengan, hingga dengan berinvestasi seperti membeli emas dan lainnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More