Segala Hal soal Gaya Hidup Minimalis yang Perlu Diketahui Remaja

Kamis, 15 Juni 2023 - 14:44 WIB
loading...
Segala Hal soal Gaya Hidup Minimalis yang Perlu Diketahui Remaja
Arti gaya hidup minimalis dan manfaatnya sangat perlu dipahami agar tiap individu bisa mengeluarkan energi dan materi hanya untuk hal yang dibutuhkan saja. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Gaya hidup minimalis merupakan sebuah gaya hidup saat seseorang berupaya untuk hanya hanya memiliki barang yang benar-benar dibutuhkan, dan mengurangi keinginan memiliki hal-hal yang sifatnya material dan tidak penting.

Pada dasarnya, gaya hidup minimalis dilakukan untuk membebaskan diri dari beban dan stres yang disebabkan oleh kepemilikan barang yang berlebihan. Bagi remaja masa kini, keinginan untuk memiliki banyak barang makin kuat seiring paparan kehidupan dunia maya lewat berbagai media sosial yang sangat mudah diakses.


Konsep Gaya Hidup Minimalis


Konsep gaya hidup minimalis sangat penting dilakukan oleh remaja. Dengan menerapkannya, remaja dilatih untuk mengendalikan atau menahan diri untuk memiliki barang yang diinginkan. Caranya ialah dengan mempertimbangkan kembali fungsi barang-barang yang diinginkan itu.

Konsep hidup minimalis dapat mengajarkan seseorang terutama remaja untuk menjalani kehidupan yang sederhana tetapi tidak akan merasa kekurangan. Konsep hidup minimalis juga membantu memperbaiki manajemen keuangan. Maka dari itu, konsep ini dapat memengaruhi masa depan seseorang, seperti menyisihkan cukup dana untuk menabung dan berinvestasi untuk masa tua .

Langkah-Langkah Memulai Gaya Hidup Minimalis, Terutama bagi Remaja


1.Mengurangi keinginan belanja

Hidup dengan konsep minimalis menghindari dorongan untuk terus menerus membeli barang baru. Banyak orang mengakui bahwa kebahagian dan kepuasan jangka panjang tidak bergantung pada kepemilikan barang-barang baru, melainkan pada hubungan, pengalaman, dan pencapaian pribadi.

Segala Hal soal Gaya Hidup Minimalis yang Perlu Diketahui Remaja

Foto: brightly.eco

2.Mengurangi kegiatan multitasking

Seorang minimalis beruasaha untuk mengurangi kegiatan multitasking yang berlebihan dan fokus pada satu hal pada satu waktu. Hal ini membantu untuk merasakan diri lebih tenang, terfokus, dan menghargai setiap momen dengan lebih baik.

3. Mengurangi hambatan digital

Gaya hidup minimalis berusaha untuk mengurangi kebisingan digital dengan mengatur waktu layar dan membatasi paparan terhadap media sosial, email, dan pesan instan. hal ini membantu dalam mengurangi gangguan dan menciptakan ruang untuk refleksi, dan koneksi sosial yang lebih dalam.

4. Mengurangi limbah dan berkelanjutan

Gaya hidup minimalis sering berkaitan dengan prinsip berkelanjutan. Minimalis berupaya untuk mengurangi limbah dengan membeli barang-barang berkualitas yang tahan lama, dan mendaur ulang sehingga dapat ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat Menerapkan Gaya Hidup Minimalis


1. Ketenangan mental

Lingkungan yang bersih dan minim kebisingan bisa membantu menenangkan pikiran dan mengurangi stres. Ini membuat mental pun bisa lebih dikelola dengan baik.

Segala Hal soal Gaya Hidup Minimalis yang Perlu Diketahui Remaja

Foto: DPA

2. Kebebasan finansial

Mengurangi konsumsi barang-barang yang tidak diperlukan berarti seseorang akan menghemat uang. Dengan mengurangi pengeluaran yang tidak penting, dapat mengalokasikan sumber daya ke hal-hal yang lebih berarti seperti menabung atau berinvestasi untuk masa depan.

3. Kualitas hidup yang lebih baik

Hidup minimalis bisa membantu seseorang untuk fokus pada perhatian dan sumber daya yang ada dan penting saja, maka dari itu dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Seseorang memiliki lebih banyak waktu untuk menghabiskan bersama orang-orang yang dicintai, mengejar hobi dan minat pribadi, serta menciptakan pengalaman berarti.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1746 seconds (0.1#10.140)