Viral Curhat Mahasiswa dapat Dosen Pembimbing Galak, Ini Tips Lancar Berhadapan dengan Dospem Skripsi

Senin, 17 Agustus 2020 - 16:22 WIB
Nah, tips lain supaya urusan komunikasi dengan dospem bisa lancar, kamu mesti cari tahu karakter dosen pembimbing kamu.

Di beberapa kampus, ada dua cara untuk memilih dospem. yaitu mahasiswa bebas memilih atau mahasiswa dipilihkan dari kampus.

Kalau kampus kamu membolehkan memilih dosen, carilah dosen yang peminatannya atau bidangnya sama dengan topik yang kamu kerjakan.

Berikutnya, baca skripsi kakak tingkat yang dibimbing oleh dosen pembimbing tersebut. Pelajari gaya penulisan dan pembahasannya supaya kamu bisa langsung beradaptasi dengan gaya ideal penulisan skripsi menurut sang dospem.

Yang juga gak kalah penting, persiapkan topik dan judul skripsi sebelum tingkat akhir. Jangan malas mengerjakan revisi yang diberikan dosen. Jangan banyak alasan ketika jadwal bimbingan.



Foto: Alamy Stock Photo



Dosen Pembimbing Idaman Mahasiswa

Mahasiswa wajib berusaha tampil baik di depan dospem, tapi di luar itu, mereka juga punya harapan tentang dospem impian saat mengerjakan skripsi.

Menurut Disa, emang gak ada dospem yang sempurna, karena setiap dosen punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

"Tapi, semua orang pasti ingin dapet dosen yang mengayomi dan terpenting mudah dihubungi, mengingat kondisi sekarang yang gak memungkinkan untuk ketemu langsung jadi serba online, kan, ” kata Disa.

Selain gampang dihubungi, pastinya dospem juga diharapkan cepat ngasih umpan balik atau tugas revisi mahasiswanya.

“Lebih baik repot dikabarin untuk revisi terus daripada tiba-tiba revisi numpuk,” kata Mohammad Adrianto, mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta yang kini duduk di semester 3.

Mahasiswa paham, dospem pasti punya banyak mahasiswa bimbingan, jadwal membuat silabus, riset, dan kesibukan lainnya. Tapi mahasiswa pun juga punya kepentingan menyelesaikan skripsinya secepat dan sebaik mungkin.

Intinya, sih, semua pihak punya kesibukan dan kepentingan, dan semuanya gak ada yang lebih penting dibanding yang lainnya. ( )

Jadi semua pihak - baik mahasiswa maupun dosen - mesti bersikap profesional. Semangat terus, ya, wahai para pejuang skripsi serta bapak dan ibu dosen!

Anggita Hutami Ratnaningsih

Kontributor GenSINDO

Politeknik Negeri Jakarta
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More