Mau Nonton Anime Bungou Stray Dogs Season 4? Ini 10 Faktanya!

Minggu, 01 Januari 2023 - 19:19 WIB
loading...
Mau Nonton Anime Bungou Stray Dogs Season 4? Ini 10 Faktanya!
Bungou Stray Dogs Season 4 akan hadir di awal Januari ini. Sebelum menonton serial ini, bagi penonton pemula, ada banyak fakta menarik yang harus diketahui. (Foto: IMDb)
A A A
Bungou Stray Dogs adalah anime seinen atau untuk 18 tahun ke atas yang penuh aksi baku hantam seru. Anime ini mencampurkan unsur supranatural dengan cerita detektif yang menegangkan. Anime ini diangkat dari manga berjudul sama karya Kafka Asagiri dan diilustrasikan Sango Harukawa, yang diterbitkan sebulan sekali di majalah manga seinen Young Ace Kadokawa Shoten sejak 2012.

Sejak diadaptasi menjadi anime pada 2016, Bungou Stray Dogs sudah menjadi populer di kalangan penggemar. Anime ini berkali-kali tampil memukau. Bahkan, pada 2019, Bungou Stray Dogs menjadi anime terbaik setelah Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba. Bukan sebuah kemustahilan kalau studio Bones akan membawa Bungou Stray Dogs menjadi salah satu yang paling populer di tahun ini.

Tahun ini, Bungou Stray Dogs kembali untuk season 4 setelah tiga tahun absen. Serial ini bisa disaksikan di Bstation dengan subtitle Bahasa Indonesia pada 4 Januari mendatang. Penggemar pun sudah menantikan kembalinya aksi Atsushi Nakajima, Osamu Dazai, Ryuunosuke Akutagawa dan lain-lain. Namun, bagi penonton baru, ada baiknya menyimak sejumlah fakta menarik Bungou Stray Dogs dan menonton season 1—3 serta film Dead Apple yang ada di Netflix dan Bstation untuk mengenal lebih lanjut tentang serial ini. Apa saja fakta tentang Bungou Stray Dogs? Simak ulasannya berikut ini!



1. Cerita

Mau Nonton Anime Bungou Stray Dogs Season 4? Ini 10 Faktanya!

Foto: Amino Apps

Bungou Stray Dogs berfokus pada Atsushi Nakajima. Dia adalah seorang anak yatim yang tinggal di panti asuhan. Setelah diusir dari panti asuhan itu, Atsushi jadi gelandangan. Selama menggelandang, Atsushi selalu merasa kalau dia diikuti seekor harimau. Suatu hari, dia menyelamatkan Osamu Dazai yang sedang berusaha bunuh diri dengan cara tenggelam di sungai. Osamu ternyata adalah anggota Agensi Detektif Bersenjata.

Osamu menyadari kalau Atsushi punya kemampuan khusus. Remaja berusia 18 tahun itu bisa berubah menjadi harimau. Osamu lantas merekrutnya ke Agensi Detektif Bersenjata. Di tempat itu, Atsushi akhirnya menemukan tujuan hidupnya. Dia bisa hidup enak, punya rumah, dan makan dengan layak. Bungou Stray Dogs berlanjut dengan cerita sepak terjang Atsushi di tempat itu.

2. Karakter

Mau Nonton Anime Bungou Stray Dogs Season 4? Ini 10 Faktanya!

Foto: CBR

Bungou Stray Dogs punya desain karakter yang unik. Kostum mereka sangat stylish dengan memadukan kostum ala barat dan Jepang tradisional. Protagonis serial ini adalah Atsushi Nakajima, seorang remaja yatim piatu berusia 18 tahun. Dia tidak tahu kalau dia punya kekuatan supranatural dengan bisa berubah menjadi harimau sampai dia bertemu Osamu Dazai.

Setelah bertemu Osamu, Atsushi bergabung dengan Agensi Detektif Bersenjata. Di sana, dia bertemu orang lain yang juga punya kemampuan supranatural seperti Doppo Kunikida, Ranpo Edogawa, Junichiro Tanizaki, Akiko Asano, dan Kenji Miyazawa. Dalam perjalanannya, Atsushi menghadapi musuh agensi itu, yaitu Port Mafia yang juga diisi orang-orang dengan kemampuan supranatural.

3. Sastrawan Kondang dan Karyanya

Mau Nonton Anime Bungou Stray Dogs Season 4? Ini 10 Faktanya!

Foto: Collider

Salah satu elemen unik di Bungou Stray Dogs adalah karakternya. Seluruh karakter di serial ini, baik mayor atau minor, diberi nama seperti sastrawan kondang. Ada yang mendapatkan nama sastrawan kondang dari Jepang atau pun dari luar Jepang yang juga terkenal di seantero dunia.

Uniknya lagi, masing-masing karakter itu punya kemampuan supranatural yang namanya sesuai nama karya sastra masing-masing sastrawan itu. Protagonis serial ini, Atsushi Nakajima, diambil dari sastrawan asal Jepang yang kondang di era 1900-an dengan karyanya yang bertema introspeksi diri. Kemampuan Atsushi di Bungou Stray Dogs, Beast Beneath Moonlight, diambil dari salah satu cerpen karya Atsushi di dunia nyata.

Selain karya sastra, kehidupan pribadi para sastrawan itu juga mempengaruhi karakter di Bungou Stray Dogs yang punya nama sama. Misalnya, Osamu Dazai. Di kehidupan nyata, Osamu Dazai tewas karena bunuh diri. Di Bungou Stray Dogs, Osamu adalah karakter misterius yang terobsesi dengan bunuh diri. Dia berkali-kali mencoba bunuh diri dan gagal. Kemampuan Osamu, No Longer Human, adalah judul karya sastra Osamu Dazai di dunia nyata. Kemampuan itu membuat Osamu bisa membatalkan kemampuan orang lain.

Yang menarik, di Bungou Stray Dogs, Osamu berteman baik dengan Ango Sakaguchi dan Sakunosuke Oda (Odasaku). Mereka dulunya sama-sama bekerja sebagai anggota Port Mafia. Di kehidupan nyata, Ango, Osamu, dan Odasaku sering dikelompokkan bersama sebagai Buraiha. Mereka adalah sekelompok penulis yang tidak bermoral yang mengungkapkan krisis identitas dan tidak adanya tujuan Jepang pasca-Perang Dunia II.

Bahkan, karakter antagonis pun mendapatkan perlakuan yang sama. Nama dan kekuatan anggota Port Mafia juga diambil dari nama sastrawan berikut karya mereka sebagai kemampuan mereka. Sementara, salah satu antagonis utama di serial ini, Fyodor Dostoevsky, diambil dari sastrawan terkenal asal Rusia. Kemampuan Fyodor, Crime and Punishment, diambil dari judul novel karya Dostoevsky yang terkenal di dunia.

Grup antagonis lain di serial ini, Guild, diisi karakter dengan nama-nama sastrawan Amerika Serikat dan Kanada. Guild dipimpin Francis Scott Fitzgerald, seperti nama penulis Great Gatsby. Anak-anak buahnya terdiri atas Lucy Maud Montgomery, Louisa May Alcott, Herman Melville, Howard Phillips Lovecraft, John Steinbeck, Mark Twain, Nathaniel Hawthorne, Margaret Mitchell, dan Edgar Allan Poe.

4. Agensi Detektif Bersenjata

Mau Nonton Anime Bungou Stray Dogs Season 4? Ini 10 Faktanya!

Foto: Bungou Stray Dogs Wiki – Fandom

Agensi Detektif Bersenjata adalah organisasi di pusat cerita Bungou Stray Dogs. Mereka terdiri atas orang-orang berkemampuan khusus yang membantu pemerintah mengungkap kasus kriminal. Kasus yang mereka tangani biasanya tidak bisa ditangani polisi atau polisi militer. Biasanya, mereka yang terlibat kasus ini adalah orang-orang yang juga berkemampuan khusus.

Agensi Detektif Bersenjata didirikan Yukichi Fukuzawa setelah bertemu Ranpo Edogawa. Seluruh anggotanya terpengaruh kemampuan khusus Fukuzawa, All Men Are Equal. Mereka yang ingin masuk organisasi ini harus mengikuti ujian masuk. Setiap orang mendapatkan ujian yang berbeda satu sama lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6095 seconds (0.1#10.140)