Mau Nonton Anime Bungou Stray Dogs Season 4? Ini 10 Faktanya!

Minggu, 01 Januari 2023 - 19:19 WIB
loading...
A A A
Misalnya, Osamu Dazai diberi ujian masuk oleh Doppo Kunikida dengan disuruh mengungkap kasus hilangnya orang-orang. Sementara, Atsushi Nakajima mendapatkan ujian di kantor organisasi itu. Dia harus menyelamatkan sandera sekaligus menangkap penyandera yang membawa bom. Ternyata, pelaku penyanderaan itu adalah Junichiro Tanizaki, salah satu anggota organisasi itu. Atsushi lulus dalam ujian tersebut.

Saat ini, Agensi Militer Bersenjata punya sekitar 10 orang anggota. Fukuzawa duduk sebagai presiden organisasi ini. Dalam keseharian, dia dibantu Kunikida yang sering bertindak sebagai kepala sementara. Selain itu, di organisasi ini ada Osamu Dazai, Ranpo Edogawa, Atsushi Nakajima, Kenji Miyazawa, Junichiro Tanizaki, Akiko Yosano, dan Kyouka Izumi sebagai orang terakhir yang bergabung. Selain mereka, ada Naomi Tanizaki, adik Junichiro, yang magang di tempat itu. Kemudian, ada Katai Tayama, seorang hacker yang dulunya bekerja untuk organisasi itu dan kemudian mengundurkan diri. Tapi, Katai masih sering membantu mereka.

5. Port Mafia

Mau Nonton Anime Bungou Stray Dogs Season 4? Ini 10 Faktanya!

Foto: IMDb

Port Mafia adalah antagonis sekaligus musuh bebuyutan Agensi Militer Bersenjata. Port Mafia merupakan organisasi kriminal bawah tanah yang berkuasa di Yokohama di bawah kepemimpinan Ougai Mori. Dalam operasinya, Ougai dibantu lima orang eksekutif. Para eksekutif ini juga punya kemampuan khusus. Mereka adalah Kouyou Ozaki, Chuuya Nakahara, Ace, Paul Verlaine, dan Osamu Dazai. Osamu kemudian membelot dan bergabung dengan Agensi Militer Bersenjata.

Selain para eksekutif, Port Mafia juga punya kelompok penyerang bernama Black Lizard yang dipimpin Ryuurou Hirotsu. Gin Akutagawa dan Michizou Tachihara menjadi komandan keduanya. Faksi lain di organisasi ini adalah pasukan penyerang gerilya yang dipimpin Ryuunosuke Akutagawa dengan Ichiyou Higuchi sebagai tangan kanannya. Mereka semua punya kemampuan khusus.

Port Mafia dulu punya tim intelijen yang dipimpin Ango Sakaguchi. Namun, tidak ada yang tahu kalau Ango sebenarnya agen pemerintah yang menyamar. Dia berteman baik dengan Osamu dan Sakunosuke Oda, seorang anggota mafia kelas jalanan. Kecuali Ango, Osamu dan Odasaku punya kemampuan khusus. Osamu membelot dari Port Mafia setelah pengkhianatan Ango dan kematian Odasaku.

6. Atsushi Nakajima dan Osamu Dazai seharusnya Saling Kontra

Mau Nonton Anime Bungou Stray Dogs Season 4? Ini 10 Faktanya!

Foto: Cultured Vultures

Atsushi dan Osamu adalah dua karakter Bungou Stray Dogs yang pertama kali diperkenalkan kepada penonton. Keduanya punya hubungan seperti mentor dan murid. Atsushi sangat patuh kepada Osamu dan Osamu pun tak jarang memberikan nasihat kepada Atsushi. Sebagian besar perkembangan karakter Atsushi dipengaruhi hubungannya dengan Osamu.

Namun, sebenarnya, Atsushi dan Osamu tidak dirancang seperti itu. Alih-alih, Kafka Asagiri awalnya merancang Atsushi dan Osamu sebagai dua karakter yang berseberangan. Bahkan, Atsushi sebenarnya didesain untuk berusia 20-an, agar mendekati usia Osamu. Namun, setelah berbagai macam revisi, karakter Atsushi dan Osamu akhirnya menjadi lebih pada hubungan guru dan murid.

7. Mengangkat Tema Gangguan Mental

Mau Nonton Anime Bungou Stray Dogs Season 4? Ini 10 Faktanya!

Foto: Bungou Stray Dogs Wiki – Fandom

Sekilas, Bungou Stray Dogs adalah serial aksi ringan dengan unsur urban fantasy di dalamnya. Aksi tarung dan detektif di dalamnya lebih mirip serial shounen. Tapi, sebenarnya, serial ini punya tema yang lebih berat yang menyangkut masalah mental. Banyak karakter di serial ini mengalami gangguan mental berat. PTSD dan depresi adalah gangguan yang dialami sejumlah karakter di serial ini. Di sini, orang bisa melihat sejauh mana efek gangguan itu terhadap diri seseorang. Bungou Stray Dogs bisa menjadi serial yang gelap ketika mengangkat masalah ini.

Karakter awal yang diperkenalkan punya masalah mental adalah Atsushi Nakajima. Protagonis ini mengalami perlakuan tidak menyenangkan selama di panti asuhan. Dia dikucilkan dan ditelantarkan. Penelantaran ini membuat Atsushi selalu berusaha untuk mendapatkan perhatian. Rambut poninya yang miring adalah salah satu usahanya untuk menarik perhatian. Di sepanjang serial ini, Atsushi berjuang melawan Post Traumatic Stress Disorder (PTSD).

Gangguan mental juga sempat diderita Doppo Kunikida. Di akhir season 2, Kunikida secara tidak sengaja menyebabkan seorang bocah meledakkan granat di tangannya. Bocah itu tewas, sementara Kunikida selamat. Setelah itu, Kunikida sempat depresi karena merasa bersalah atas kematian bocah itu. Meskipun, teman-temannya meyakinkan kalau itu adalah kecelakaan dan Kunikida tidak bersalah atas tragedi tersebut. Kunikida butuh waktu untuk bisa kembali berdiri di atas dua kakinya.

Karakter lain yang juga mengalami gangguan mental adalah Osamu Dazai. Obsesinya terhadap bunuh diri diduga bersumber pada depresi yang dia alami. Tidak ada yang tahu mengapa Osamu depresi karena masa lalunya masih terbungkus misteri. Namun, di sepanjang Bungou Stray Dogs, Osamu telah mengalami banyak trauma. Hidupnya berputar 180 derajat setelah kematian teman terdekatnya, Sakunosuke Oda (Odasaku).

Osamu adalah gambaran seorang penderita depresi. Dia bisa memperlihatkan muka yang ramah, tersenyum, dan bahkan bertindak konyol. Tapi, secara batin dia tersiksa. Osamu membungkus tubuhnya dengan perban. Ada teori yang menyebut, dia melakukannya untuk menyembunyikan bekas luka akibat percobaan bunuh dirinya yang gagal. Selama di Bungou Stray Dogs, Osamu sudah tiga kali berusaha bunuh diri dengan cara tenggelam dan sekali memakan jamur beracun. Tapi, teman-temannya selalu ada untuk menyelamatkannya.

8. Banyak Bromance

Mau Nonton Anime Bungou Stray Dogs Season 4? Ini 10 Faktanya!

Foto: Bungou Stray Dogs Wiki – Fandom

Bungou Stray Dogs tidak punya banyak karakter cewek. Total, ada sekitar 15 karakter cewek yang diperkenalkan di 3 season anime-nya. Season 4 akan memperkenalkan karakter cewek baru. Meski begitu, tetap saja, anime ini didominasi karakter cowok, yang hampir semuanya punya kepribadian unik. Di samping itu, hubungan antarpersonal mereka pun menarik untuk dikulik.

Ada banyak bromance terjalin di serial ini. Yang menarik, bromance ini tidak hanya terjadi di antara karakter baiknya, tapi juga dengan karakter antagonisnya. Inilah yang menjadi daya tarik Bungou Stray Dogs. Bromance pertama terlihat di antara Doppo Kunikida dan Osamu Dazai. Osamu juga bisa ber-bromance dengan Chuuya Nakahara dari Port Mafia. Bromance lain yang juga menjadi favorit banyak penggemar adalah antara Atsushi Nakajima dan Ryuunosuke Akutagawa.

9. Bermoral Abu-Abu

Mau Nonton Anime Bungou Stray Dogs Season 4? Ini 10 Faktanya!

Foto: Bungou Stray Dogs Wiki – Fandom

Bungou Stray Dogs dikenal tidak punya batasan yang jelas antara kebaikan dan kejahatan. Di serial ini, tidak semuanya bisa digambarkan dengan hitam dan putih. Sebagian besar apa yang terjadi di serial ini berada di area abu-abu. Kubu protagonis dan antagonisnya beroperasi karena kecintaan mereka terhadap Yokohama, tidak kurang dan lebih dari itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1984 seconds (0.1#10.140)