Suka Duka Jastip: dari Drama Kejar Kapal sampai Kurir Pesan Cinta

Sabtu, 11 Juli 2020 - 11:01 WIB
loading...
Suka Duka Jastip: dari Drama Kejar Kapal sampai Kurir Pesan Cinta
Penyedia jastip mesti bersabar kalau harus mengantre panjang demi sebuah barang bermerek pesanan pembeli. Foto/Dok. marketwatch.com
A A A
JAKARTA - Bisnis jasa titip alias jastip memanglah menggiurkan. Minim modal dan keuntungannya pun lumayan. Namun, bisnis jastip juga punya segudang cerita.

Pastinya ada cerita suka dan duka, pengalaman unik dan juga seru, apalagi kalau jastip untuk wilayah antarprovinsi sampai antarnegara.

Salah satunya Jastip OTA yang berdiri sejak awal April 2020. Bisnis jastip ini melayani permintaan jasa titip dan jasa pengiriman di wilayah dalam kota Ambon, Masohi, kota Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dan juga kota Namlea, Kabupaten Buru.

“Kami biasanya kejar-kejaran dengan waktu keberangkatan kapal. Kadang ada pelanggan yang punya kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi. Misalnya obat atau kebutuhan bayi, seperti susu dan lain-lain,"jelas Om Tam, pemilik Jastip OTA.

Suka Duka Jastip: dari Drama Kejar Kapal sampai Kurir Pesan Cinta

Foto:milwaukeebirthright.com

"Mereka (pengguna jasa) pesan tiba-tiba karena sangat butuh. Mau tidakmau harus dibelanjakan. Jadilah drama aksi kebut-kebutan di jalan raya,” imbuhnya.

Walaupun begitu, ada rasa bersalah kalau pesanan konsumen gak bisa dipenuhi. Namun sepanjang perjalanan untuk memenuhinya, orang Ambon bilang 'jantong pukul seng rata', saat berhasil, ada kepuasan tersendiri.

“Sampai saat ini untungnya belum pernah ketinggalan kapal, semoga selalu dimudahkan,” tambah Om Tam.

Lain lagi dengan bisnis jastip makanan hit a la ibu kota. G.O.T Jastip adalah insiatif persatuan sopir ojek daring untuk tetap mendapat pendapatan pada masa pandemi ini.

Suka Duka Jastip: dari Drama Kejar Kapal sampai Kurir Pesan Cinta

Foto: Twitter @kurniaven

Salah satu jasa yang ditawarkan adalah jastip makanan-makanan yang direkomendasikan oleh akun Twitter @drhaltekehalte.

Bukan cuma menyampaikan makanan, akun Twitter @kurniaven, salah satu akun jastip makanan untuk wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Utara mengaku sering mendapat pesanan untuk mengantar makanan dan ungkapan dari pasangan yang menjalin hubungan jarak jauh alias LDR.

“Kalau yang LDR biasanya customer yang sebulan sekali PP (Jakarta – Bandung). Karena gak bisa ketemu, jadi pesan jastip buat penyemangat pas kondisi WFH. Kangen berat tapi gak bisa ketemu. Jadi kadang minta tolong tulisin kata-kata buat penyemangat gitu,” ujar Kurnia Setiawan Utama, pemilik akun @kurniaven.

Suka Duka Jastip: dari Drama Kejar Kapal sampai Kurir Pesan Cinta

Foto: Dok. Kurnia Setiawan Utama

Jastip antarnegara beda lagi ceritanya. Dessy Natalia, salah satu pelaku bisnis jastip sejak 2018 sudah sering melayani jastip barang dari luar negeri, termasuk barang bermerek seperti Louis Vuitton dan Gucci.

“Waktu jastipin LV di Paris itu epik, sih. Antreannya panjang banget, buat satu dompet aja se-jam sendiri! Ditambah waktu itu gak beli kartu perdana dan cuma ngandelin wifi. Setengah mati, sih, buat deal sama permintaan customer,” kata Dessy.

Suka Duka Jastip: dari Drama Kejar Kapal sampai Kurir Pesan Cinta

Foto: Dok. Dessy Natalia

Pemilik akun @dessydonut ini juga bercerita pernah udah capek-capek mengantre di toko Gucci cukup lama karena tokonya memberi batas pengunjung. Namun ujung-ujungnya pembeli gak jadi beli dan cuma sekadar bertanya.

Jastip barang premium memang butuh perjuangan yang lebih, tapi cuan-nya juga gak main-main. Untuk menjadi penjual jastip barang-barang untuk antarnegara, butuh kesabaran, juga batas kartu kredit yang gak sedikit.

GenSINDO
Poppy Fadhilah
Politeknik Negeri Jakarta
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2523 seconds (0.1#10.140)