10 Penjahat Marvel Ini Merasa Dirinya Adalah Pahlawan di MCU

Jum'at, 09 Desember 2022 - 19:19 WIB
loading...
A A A
Namor bukanlah penjahat simpatik pertama yang diperkenalkan Ryan Coogler ke MCU. Seperti Joker-nya Heath Ledger, penjahat pertama di film Black Panther, Erik Killmonger, adalah contoh klasik penjahat yang motivasinya bisa dipahami. Tapi, metodologinya dipertanyakan.

Tidak ada yang tidak akan sepakat pada keyakinan Killmonger kalau Wakanda seharusnya menggunakan sumber dayanya untuk melawan kolonialisme dan prejudice. Tapi, fokusnya pada hukuman mata dibalas mata bisa diperdebatkan. Setelah T’Chaka membunuh ayahnya, mudah untuk berada di kubu Killmonger lawan korupsi Wakanda.

4. Baron Zemo

10 Penjahat Marvel Ini Merasa Dirinya Adalah Pahlawan di MCU

Foto: Fatherly

Memang mudah menyukai karakter yang ingin orang-orang yang bertanggung jawab membayar ketika seluruh keluarganya dibunuh. Setelah Baron Zemo kehilangan semua orang yang dia sayangi akibat perang Avengers dengan Ultron, dia pun bertekad memecah belah Pahlawan Terkuat Bumi itu. Rencananya pun dibuat dengan sangat matang.

Zemo hanyalah orang biasa. Tapi, dia berhasil nyaris menghancurkan Avengers ketimbang penjahat super yang terkuat sekalipun. Ini karena dia menggunakan kebohongan mereka sendiri dan pengkhiatan untuk melawan mereka. Dia membuat Avengers terlihat seperti sekumpulan orang jahat.

3. Wenwu

10 Penjahat Marvel Ini Merasa Dirinya Adalah Pahlawan di MCU

Foto: Slash Film

Penjahat Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings ini tetap setia pada konsep ayah yang jahat di MCU. Tapi, ada twist yang mematahkan hati di sini. Wenwu tidak jahat karena dia memang jahat. Dia hanya dibutakan pada keyakinannya kalau dia bisa menghidupkan lagi istrinya dari kematian.

Tidak peduli berapa banyak orang, termasuk anak-anaknya, yang mengatakan kalau dia ditipu iblis, Wenwu tetap bertekad melakukan apa yang ingin dia lakukan. Dia bahkan tidak segan melawan anaknya sendiri. Tapi, berbeda dengan penjahat lain di daftar ini, Wenwu akhirnya benar-benar menjadi pahlawan setelah dia mengorbankan dirinya.

2. Gorr the God Butcher

10 Penjahat Marvel Ini Merasa Dirinya Adalah Pahlawan di MCU

Foto: Marvel

Di awal Thor: Love and Thunder, Gorr kehilangan orang-orang yang dia kasihi. Dia mengelana ke gurun pasir dan melihat putrinya kelaparan hingga meregang nyawa. Kemudian, dia diejek dewa yang seumur hidup selalu disembahnya. Pada satu titik, dia kemudian membunuh dewa itu. Setelah itu, dia memutuskan kalau semua dewa harus mati dan bertekad menyapu bersih semua jenis dewa.

Mudah melihat mengapa Gorr melakukan itu dari apa yang sudah dia alami. Terlebih, para dewa di semesta Marvel mewakili otoritas yang sangat kuat dan melayani dirinya sendiri. Sementara, Gorr mewakili orang kecil yang tidak lagi mau mereka bantu. Sayang, Love and Thunder tidak menunjukkan dengan gamblang aksi Gorr tersebut.



1. Thanos

10 Penjahat Marvel Ini Merasa Dirinya Adalah Pahlawan di MCU

Foto: The Hollywood Reporter

Di sepanjang Infinity Saga, Thanos berusaha mengumpulkan semua Batu Keabadian. Dia berencana menggunakan batu-batu itu untuk melenyapkan separuh populasi alam semesta. Dia percaya kalau cara ini akan memperbaiki populasi berlebihan dan menghasilkan distribusi sumber daya alam yang lebih adil. Tidak peduli berapa kali dia mendengar kalau rencananya ini kacau dan ada cara lain untuk mewujudkan apa yang dia inginkan, Mad Titan itu tetap melakukan rencananya.

Di mata Thanos, dia adalah pahawan dalam cerita ini. Russo bersaudara bahkan membuat Avengers: Infinity War dengan Thanos sebagai protagonisnya di saat para Pahlawan Terkuat Bumi mengepungnya, mereka sangat ingin mencegah genosida skala semestanya. Thanos memang berhasil menjalankan rencananya itu dan kemudian istirahat di sebuah planet terpencil. Avengers: Endgame menunjukkan akibat dari perbuatannya itu.
(alv)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4431 seconds (0.1#10.140)