10 Penjahat Marvel Ini Merasa Dirinya Adalah Pahlawan di MCU

10 Penjahat Marvel Ini Merasa Dirinya Adalah Pahlawan di MCU
Para penjahat Marvel yang muncul di film dan serial MCU selalu punya cerita sendiri. Cerita latar ini membuat mereka menjadi karakter simpatik tapi salah jalan. (Foto: Vox)
Sering kali ada ucapan kalau penjahat terbaik adalah pahlawan di cerita mereka sendiri. Ini pun ada buktinya. Salah satunya ada di sejumlah film dan serial Marvel Cinematic Universe (MCU) . Banyak penjahat di franchise ini yang menganggap diri mereka adalah pahlawan.

Hingga Fase 4 berakhir, Marvel telah memperkenalkan sejumlah penjahat dengan motivasi yang bisa membuat penontonnya simpatik. Yang menarik, sebagian besar penjahat ini tidak merasa apa yang mereka lakukan itu jahat. Mereka hanya berbuat seperti itu demi mewujudkan keinginan “baik” mereka meski dengan cara kekerasan yang tidak bisa dibenarkan.

Meski sering dikritik karena menampilkan penjahat yang tidak menarik, MCU punya segudang penjahat yang menjadi ikonik dan populer. Mereka adalah sosok-sosok yang mempercayai tujuan mereka untuk memperbaiki keadaan. Alih-alih, mereka menganggap diri mereka adalah pahlawan untuk kebebasan. Siapa saja penjahat MCU yang menganggap diri mereka pahlawan? Mengutip Screen Rant, berikut ulasannya!

Baca Juga: 11 Karakter Marvel di Fase 4 MCU Paling Dibenci Penggemar

10. Yelena Belova

10 Penjahat Marvel Ini Merasa Dirinya Adalah Pahlawan di MCU

Foto: MCU Wiki – Fandom

Diperkenalkan sebagai adik pengganti Natasha Romanoff di film Black Widow, Yelena Belova lebih pada antihero ketimbang seorang penjahat. Tapi, dia telah dikonfirmasikan sebagai bagian dari line-up Thunderbolts MCU. Yelena juga memenuhi peran sebagai antagonis kedua di serial Hawkeye ketika dia dikirim untuk membunuh Clint Barton.

Sejauh yang diketahui Yelena, Clint bertanggung jawab atas kematian Natasha di Vormir. Dia ingin agar Clint membayar tindakannya tersebut. Cerita yang sama bisa dikisahkan dari perspektif Yelena, yang mempresentasikannya sebagai seorang protagonis pendendam.

9. Wanda Maximoff

10 Penjahat Marvel Ini Merasa Dirinya Adalah Pahlawan di MCU

Foto: CinemaBlend

Wanda Maximoff menjadi salah satu penjahat paling mengganggu di MCU setelah dikorupsi Darkhold di Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Setelah merasakan kehadiran anak-anak imajinernya di multiverse, Wanda bertekad melakukan apa pun untuk bertemu lagi dengan anak-anaknya itu. Termasuk menjadi Scarlet Witch.

Sejumlah hal mengerikan yang dilakukan Wanda di sepanjang film itu tidak bisa dimaafkan. Dia menyiksa para penyihir di Kamar-Taj dan membantai Illuminati di Earth-838. Tapi, sepanjang yang dia tahu, semuanya adalah jalan menuju sebuah akhir.

8. Vulture

10 Penjahat Marvel Ini Merasa Dirinya Adalah Pahlawan di MCU

Foto: IGN

Perdagangan senjata alien di pasar gelap bukanlah pilihan pertama pekerjaan yang ingin dilakoni Adrian Toomes. Dia berusaha menjalankan sebuah perusahaan konstruksi sah. Tapi, dia jadi getir dan putus asa ketika kontraknya dengan pemerintah untuk bersih-bersih setelah perang Avengers malah disingkirkan Tony Stark.

Vulture terus menegaskan kalau dia menjadi seorang penjual senjata demi menghidup istri dan anaknya. Dia percaya kalau dia dan Peter Parker adalah orang yang sama. Mereka adalah orang-orang pekerja rata-rata yang tidak bisa bergantung kepada orang lain selain dirinya sendiri.

7. Karli Morgenthau

10 Penjahat Marvel Ini Merasa Dirinya Adalah Pahlawan di MCU

Foto: IGN

Marvel mengeksplorasi dampak geopolitik Jentikan Jari Thanos di The Falcon and the Winter Soldier. Di serial itu, pemerintah dunia merespons semua pengungsi yang kehilangan tempat tinggal akibat jentikan jari itu dan lompatan waktu lima tahun. Sebuah organisasi revolusioner yang dikenal sebagai Flag-Smasher bertekad menciptakan dunia tanpa batas.

Salah satu pemimpin organisasi ini adalah Karli Morgenthau. Meski banyak orang tewas demi mewujudkan cita-cita organisasi tersebut, Karli yakin kalau Flag-Smasher melakukan hal yang benar untuk memperbaiki peradaban yang rusak. Bahkan, usaha Falcon merayunya untuk pindah kubu pun gagal.

6. Namor

10 Penjahat Marvel Ini Merasa Dirinya Adalah Pahlawan di MCU

Foto: Nerdist

Di perang akhir Black Panther: Wakanda Forever, Shuri akhirnya menyadari kalau dia dan musuhnya, Namor, tidaklah begitu berbeda. Keduanya sama-sama kehilangan ibu mereka. Mereka juga tahu kalau balas dendam tidak akan menyelesaikan apa pun dan akan melakukan apa saja demi melindungi rakyat mereka.

Dari perspektif Shuri, kerajaan bawah laut, Talokan, adalah ancaman bagi Wakanda. Tapi, dari perspektif Namor, Wakanda adalah ancaman Talokan. Namor juga memandang semua orang dari daratan adalah ancaman bagi eksistensi kerajaannya. Makanya, dia akan melakukan apa pun demi melindungi mereka.

5. Erik Killmonger

10 Penjahat Marvel Ini Merasa Dirinya Adalah Pahlawan di MCU

Foto: Men’s Health
halaman ke-1
Share: