Tak Sepenuhnya Gratis, Ini 5 Aplikasi Legal buat Baca Manhwa

Jum'at, 04 November 2022 - 08:32 WIB
loading...
Tak Sepenuhnya Gratis, Ini 5 Aplikasi Legal buat Baca Manhwa
Manhwa atau komik Korea bisa dinikmati di sejumlah platform legal. Meski tidak sepenuhnya gratis, platform ini memberi pilihan bagi pembaca untuk mengaksesnya. (Foto: Anime Manga News)
A A A
Manhwa atau komik Korea punya gaya seni berbeda dari kebanyakan komik atau manga. Layout-nya pun berbeda dan dibuat untuk mobile friendly. Manhwa berbentuk komik vertikal, berbeda dengan manga yang biasanya berbentuk panel.

Cerita manhwa pun tak kalah seru dari manga atau komik lainnya. Genre fantasi, misalnya. Sejumlah cerita dari genre ini telah diadaptasi menjadi anime. Sementara, dari genre romantis, sudah banyak yang diadaptasi menjadi drama Korea dan anime. Begitu juga dengan genre horor.

Manhwa dikenal dengan ceritanya yang tidak terbatas pada imajinasi. Tak heran kalau sekarang banyak orang yang menghabiskan waktu mereka saat menunggu atau lainnya dengan membaca manhwa. Mereka bisa dengan bebas memilih cerita dan genre yang mereka suka. Ada beberapa aplikasi dan situs legal yang menyediakan manhwa yang bisa diakses secara gratis atau berbayar. Apa saja? Berikut ulasannya!



1. Webtoon

Tak Sepenuhnya Gratis, Ini 5 Aplikasi Legal buat Baca Manhwa

Foto: Webtoon

Webtoon adalah aplikasi dan situs manhwa paling populer di Indonesia. Aplikasi ini bisa diakses secara gratis dan menyediakan berbagai macam komik dalam bahasa Indonesia. Tidak hanya penulis asal Korea, penulis Indonesia pun bisa ditemukan karyanya di Webtoon. Sejumlah manhwa dari aplikasi ini juga telah diangkat menjadi drama Korea seperti True Beauty, Cheese in a Trap, dan lain-lain.

Webtoon adalah aplikasi yang pas bagi pemula yang ingin menikmati manhwa. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai macam genre yang bisa dipilih sesuai selera. Sebagian besar manhwa di Webtoon bisa dibaca secara gratis untuk episode awal, tapi, untuk bisa terus berlanjut, pembaca harus membeli koin. Kalau malas beli koin, kalian harus menunggu sampai episode itu bisa diakses secara gratis. Webtoon bisa diunduh di PlayStore, App Store, dan browser.

2. Tapas Media

Tak Sepenuhnya Gratis, Ini 5 Aplikasi Legal buat Baca Manhwa

Foto: Anime Expo

Tapas Media adalah salah satu cara terbaik untuk membaca manhwa dan webtoon. Tapas menawarkan banyak judul dari berbagai genre, termasuk genre dengan cerita yang lebih dewasa. Orang akan dengan mudah menemukan apa yang menarik untuk mereka baca. Manhwa di sini sudah dialihbahasakan dalam bahasa Inggris.

Platform ini membuat orang bisa membaca judul tertentu secara legal secara dan memberikan ‘tapas’ dari orang lain. Orang bisa mencobanya dan memutuskan apakah itu pas dengan selera mereka. Untuk konten premium, orang bisa membayar secara online atau menonton video untuk mendapatkan hak untuk membaca lebih secara gratis. Tapas juga menyediakan bacaan lain dari luar Korea Selatan. Platform ini bisa diunduh di PlayStore, App Store, dan browser.

3. Tappytoon

Tak Sepenuhnya Gratis, Ini 5 Aplikasi Legal buat Baca Manhwa

Foto: Tappytoon

Tappytoon adalah opsi lain bagi mereka yang ingin membaca manhwa. Platform ini adalah “rumah”-nya manhwa populer Solo Leveling. Ada banyak genre dengan berbagai macam cerita ada di platform ini. Genre dewasa dimasukkan ke kategori tersendiri. Tapi, orang dengan mudah bisa mencarinya.

Tappytoon bukan platform yang 100% gratis. Orang bisa membaca sejumlah chapter pertamanya secara gratis. Tapi, setelah itu, orang harus menggunakan token yang bisa dibeli lewat PayPal. Alternatifnya, Tappytoon memberi kesempatan bagi pembaca untuk menunggu 24 jam agar chapter yang ingin dibaca bisa tersedia untuk mereka. Artinya, orang tidak perlu membayar untuk chapter yang ingin dibaca. Sistemnya mirip seperti Webtoon. Tapi, tak seperti Webtoon, Tappytoon juga menyediakan web novel. Platform ini bisa diunduh di PlayStore, App Store, dan browser.

4. Lezhin Comics

Tak Sepenuhnya Gratis, Ini 5 Aplikasi Legal buat Baca Manhwa

Foto: Lezhin Comics

Lezhin menyebut diri mereka sebagai penerbit webtoons premium. Platform ini mengikuti model premium. Mereka memberikan kebebasan yang lebih kreatif kepada kreatornya denan tipe serial yang mereka ceritakan. Hasilnya, banyak serial kondang Lezhin, seperti Killing Stalking dan Painter of the Night, jatuh pada kategori dewasa.

Sama seperti platform lain, Lezhin juga mengizinkan orang untuk membaca sejumlah chapter awal secara gratis sebelum harus membayarnya. Harga di platform ini lebih mahal ketimbang platform lain. Tapi, jumlah chapter itu berbeda-beda. Ada yang bisa dibaca hingga 7 chapter, ada yang kurang dari itu. Seperti Tappytoon, Lezhin menawarkan serial terpilih di bawah model “tunggu sampai gratis”. Platform ini bisa diunduh di PlayStore, App Store, dan dibuka di situs secara langsung.



5. Toomics

Tak Sepenuhnya Gratis, Ini 5 Aplikasi Legal buat Baca Manhwa

Foto: Facebook

Toomics adalah platform yang relatif baru di dunia webtoons. Makanya, FAQ mereka menyakinkan pengunjung kalau mereka adalah situs legal yang membayar kreatornya. Seperti platform lain, Toomics juga membuat pembaca manhwa mereka mencari genre atau update yang mereka mau.

Fitur yang menyenangkan dari platform ini adalah orang juga bisa melihat jadwal ketika rilis baru akan diluncurkan. Pengguna bisa membeli koin untuk bisa membaca chapter baru atau memilih berlangganan secara bulanan yang memberikan akses tak terbatas bagi penggunanya. Tergantung sekutu buku apa kalian, berlangganan adalah pilihan cerdas. Platform ini bisa dinikmati lewat browser dan diunduh di Google Play.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3008 seconds (0.1#10.140)