10 Film Horor Psikologis Ini akan Bikin Kamu Tegang sampai Habis

10 Film Horor Psikologis Ini akan Bikin Kamu Tegang sampai Habis
Sebuah film horor bagus akan membuat takut penontonnya. Tapi, film horor hebat akan mengacaukan pikiran penontonnya bahkan setelah mereka selesai menontonnya. (Foto: Google Play)
Halloween hanya tinggal menghitung hari. Orang-orang pun mulai mencari referensi film horor untuk ditonton sebagai sebuah perayaan untuk mendapatkan feel-nya. Berbagai tren di film horor bisa menjadi pilihan. Tapi, tidak akan ada yang bisa menandingi horor psikologis kalau terkait dampak panjangnya.

Sebagian film horor masih dianggap mengecewakan kalau terkait memuaskan penonton. Film-film paranormal tidaklah begitu menakutan bagi orang-orang yang skeptis. Sementara, film horor gore seperti Saw atau Hostile tidak bisa ditonton mereka yang gampang mual.

Selama bertahun-tahun, genre horor berfokus pada banyak tren. Namun, hanya film horor psikologis yang meninggalkan efek jangka panjang bagi penontonnya. Lama atau baru, ada banyak film horor psikologis yang akan mengacaukan pikiran penonton saat menonton hingga setelah menonton film tersebut. Apa saja film horor psikologis terbaik yang pas untuk ditonton saat Halloween? Mengutip Screen Rant, berikut rekomendasinya!

Baca Juga: 7 Badut Penebar Teror Paling Menakutkan yang Tampil di Film

10. Smile — 2022

10 Film Horor Psikologis Ini akan Bikin Kamu Tegang sampai Habis

Foto: Bloody Disgusting

Smile adalah napas baru bagi penggemar horor. Iklan film itu menambah level kesengsaraan yang berevolusi di sepajang film itu dan membuat penonton ketakutan tapi juga senang. Film ini mengisahkan tentang Dr. Rose Cotter setelah dia menyaksikan insiden traumatis dan keras dengan salah satu pasien terakhirnya. Pasien itu memperingatkan dokter itu tentang apa yang dia lihat.

Kehadiran pasien itu menyiksa dengan mengikuti Cotter di sepanjang film ini. Cotter mengorbankan hubungan dan kewarasannya dalam usaha mengakhiri siklus yang disebabkan entitas yang didorong duka cita itu. Penggemar berat horor menduga kalau Smile diangkat dengan longgar dari peristiwa nyata. Film ini mendapatkan skor 78% di Rotten Tomatoes.

9. American Psycho — 2000

10 Film Horor Psikologis Ini akan Bikin Kamu Tegang sampai Habis

Foto: IndieWire

American Psycho mengisahkan tentang Christian Bale sebagai Patrick Bateman yang ganteng dan karismatik. Film itu, berdasarkan novel populer karya Bret Easton Ellis, terjadi pada akhir 1980-an, yang segera memberikan tone horor klasik. Baru-baru ini, American Psycho mendapatkan popularitas lagi. Banyak penggemar yang mengatakan kalau mereka sudah lama menanti untuk nonton lagi.

Kekuatan bintang yang terlibat di American Psycho tidak bisa dibantah. Film ini menampilkan bintang seperti Reese Witherspoon, Jared Leto, dan Willem Dafoe selain Bale. Film ini mencampurkan genre seperti seperti horor dan komedi. Film ini berfokus pada psikologi di balik aksi mengerikan Bateman. American Psycho adalah pokok bagi banyak penggemar film horor. Tapi, beberapa bulan terakhir memperlihatkan kalau lebih bayak orang yang belum menontonnya, sehingga film itu sempurna untuk tontonan Halloween.

8. Silence of the Lambs — 1991

10 Film Horor Psikologis Ini akan Bikin Kamu Tegang sampai Habis

Foto: IndieWire

Tidak banyak film horor dengan tema yang sama punya kekuatan seperti Silence of the Lambs. Film klasik yang dirilis pada 1991 itu adalah adaptasi novel karya Thomas Harris dan berfokus pada seorang agen FBI yang memburu pembunuh berantai brutal dengan bantuan seseorang yang sama buruknya. Film inilah yang membuat Hannibal Lecter menjadi nama yang terkenal.

Hannibal Lecter adalah seorang pembunuh berantai dan seorang psikiatris. Ini menambah titik pandang unik terhadap karakter tersebut. Apa yang membuat penampilan Anthony Hopkins sebagai Lecter begitu mengagumkan adalah aktor itu hanya tampil di layar selama 16 menit. Tapi, itu sudah lebih dari cukup waktu untuk memberikan mimpi buruk kepada audiens. Silence of the Lambs sering disebut sebagai salah satu film horor paling berpengaruh sepanjang masa. Film ini membangun nada bagi banyak film horor psikologis di masa depan.

7. Midsommar — 2019

10 Film Horor Psikologis Ini akan Bikin Kamu Tegang sampai Habis

Foto: Geek Tyrant

Midsommar dianggap sebagai cerita sukses horor sejak hari film ini dirilis. Film yang disutradarai Ari Aster ini menampilkan sekelompok teman yang pergi ke Swedia untuk mengikuti festival musim panas. Yang mengikutinya adalah film ini pelan-pelan berubah menjadi ritual kerasa dan terinspirasi pagan yang sinting. Ini membuat penonton mengalami mimpi buruk panjang begitu selesai menonton film itu.

Midsommar dibintangi aktris favorit penggemar, Florence Pugh. Film itu dirilis saat Florence sedang naik daun dan ketakutan awal karakter itu jelas menarik penonton untuk melihat apa yang terjadi. Midsommar terjadi di musim dengan cuaca yang lebih panas. Tapi, film ini layak mendapatkan tempat di antara klasik horor Halloween.

6. It Follows — 2014

10 Film Horor Psikologis Ini akan Bikin Kamu Tegang sampai Habis

Foto: Bloody Disgusting

It Follows adalah seperti film horor yang mengandung cerita peringatan atau pengumuman publik. Film ini berkisah tentang seorang remaja bernama Jay yang berhasil kabur dari cengkraman entitas berbahaya dan bisa berubah bentuk setelah dia berhubungan seks dengan pacarnya. Satu-satunya cara bagi remaja itu untuk kabur dari entitas itu adalah memberikannya kepada orang lain dengan berhubungan seks dengan orang lain itu.

Intensitas It Follows muncul dari entitas itu bisa berbentuk siapa saja. Secara keseluruhan, It Follows adalah film sempurna bagi mereka yang akut dengan ide ancaman yang mengintai. Film itu mencapai kedalaman pikiran karakter dan penonton. Film itu membuat mereka tidak percaya dengan apa yang akan terjadi selanjutnya.

5. Hereditary — 2018

10 Film Horor Psikologis Ini akan Bikin Kamu Tegang sampai Habis

Foto: IMDb
halaman ke-1
Share: