10 Film Horor Psikologis Ini akan Bikin Kamu Tegang sampai Habis

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 06:07 WIB
loading...
A A A
Hereditary menghebohkan bioskop saat dirilis pada 2018. Film itu mengisahkan tentang sebuah keluarga setelah anggota tertuanya wafat dan mereka menemukan kebenaran gelap tentang leluhur mereka. Keluarga itu dihantui sesosok iblis yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Hereditary menampilkan gambar yang tidak cocok untuk mereka yang lemah jantung. Sementara plot kerasukan iblis itu umum di banyak film, mengangkat psikis manusia, trauma generasi, dan memproses duka langka diangkat di satu film. Ketakutan Hereditary datang dari masalah realistis dan traumatis yang digambarkannya. Ini meninggalkan efek jangka panjang pada penontonnya.

4. Mother! — 2017

10 Film Horor Psikologis Ini akan Bikin Kamu Tegang sampai Habis

Foto: The New York Times

Sekilas film yang disutradarai Darren Aronofsky ini hanyalah film horor kasar lain. Film ini diselubungi kontroversi karena sifat grafiknya. Ketika ditambah fakta kalau film ini punya banyak alegori lingkungan, menjelang dirilis, penggemar horor tidak menyukainya. Tapi, setelah dirilis ke bioskop, lebih banyak orang mulai menontonnya dan mengapreasi film itu untuk berbagai alasan.

Apakah penonton melihat nada relijiusnya, seperti gambar yang bikin merinding, atau hanya ingin menonton cast bintangnya, film ini menyampaikan semua poinnya. Film ini tidak memanjakan audiens untuk menjelaskan poin plotnya yang lebih mendalam, yang membuat pengalaman unik bagi setiap penonton dengan titik pandang yang berbeda.

3. Misery — 1990

10 Film Horor Psikologis Ini akan Bikin Kamu Tegang sampai Habis

Foto: Bloody Disgusting

Seperti banyak film horor terbaik, Misery adalah adaptasi novel dari judul yang sama. Cerita karya Stephen King itu memperlihatkan obsesi pengendalian dan mengerikan Annie Wilkes terhadap penulis favoritnya, Paul Sheldon, di saat dia memanipulasi dan melecehkannya. Annie awalnya hanya berusaha membantu penulis itu. Tapi, pada akhirnya, dia adalah segalanya, selain ramah.

Antagonis utama ini diperankan Kathy Bates. Misery adalah salah satu film adaptasi karya King terbaik sepanjang masa. Meskipun, dalam beberapa tahun terakhir film ini tidak terlalu banyak mendapatkan sorotan. Menonton Annie yang mengacaukan Sheldon dan berubah menjadi monster yang mengacaukan pikiran Sheldon seperti dia akan mengacaukan penontonnya.

2. Us — 2019

10 Film Horor Psikologis Ini akan Bikin Kamu Tegang sampai Habis

Foto: The New York Times

Menyusul debut sutradaranya, Get Out, Jordan Peele ingin membuat sebuah film yang jelas horor. Us disampaikan dengan cara yang sama dengan Get Out. Tapi, film itu membuat penonton tetap merinding sampai kredit film habis. Film ini diangkat dari peristiwa nyata seperti Hand Across America. Us menambahkan lapisan dongeng, misteri, dan bahaya.

Apakah penggemar menontonnya untuk kali pertama, atau untuk Halloween, selalu ada yang lebih untuk dilihat setiap kali Us diputar. Twist film itu adalah salah satu yang paling hype dalam beberapa tahun terakhir, yang membuat setiap orang menginginkan lebih pada akhirnya. Peele belum mengatakan apakah akan ada sekuel film itu. Tapi, rasa “bagaimana kalau” mengerikan setelah nonton Us akan membuat bulu kuduk penonton berdiri.



1. The Lighthouse — 2019

10 Film Horor Psikologis Ini akan Bikin Kamu Tegang sampai Habis

Foto: IMDb

Dibintangi Robert Pattinson dan Willem Dafoe, The Lighthouse berfokus pada masalah yang membayangi banyak orang di sepanjang sejarah. Fokus film ini adalah dua penjahat mercu suar yang berusaha mempertahankan kewarasan mereka. Film ini adalah adaptasi modern dongeng Yunani tentang Proteus dan Prometheus. Elemen fantasi membuat film ini menjadi tontonan unik. Penonton akan terus tegang di sepanjang film ini.

The Lighthouse adalah salah satu film paling unik dalam 10 tahun terakhir. Sinematografi dan simbolismenya menarik dan menjaga penontonnya tetap tertarik di sepanjang film ini. Sementara sejumlah simbolisme mungkin terlewat oleh penonton yang tidak terlalu berorientasi pada detail, jelas sejumlah penonton akan mempertanyakan benteng mental mereka beberapa hari setelah menonton film itu.
(alv)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1905 seconds (0.1#10.140)