5 Alasan Orang Introvert yang Socially Awkward adalah Teman Terbaikmu

Rabu, 17 Agustus 2022 - 16:15 WIB
loading...
5 Alasan Orang Introvert yang Socially Awkward adalah Teman Terbaikmu
Orang introvert yang socially awkward bisa jadi teman terbaik yang kamu punya. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Socially awkward mengacu pada orang yang merasa kikuk atau canggung saat berinteraksi sosial, terutama dalam jumlah besar atau dalam lingkungan yang baru baginya.

Rasa canggung yang dirasakan orang yang socially awkward juga bukan rasa yang biasa. Mereka sering kali sampai menghadapi rasa cemas yang tinggi dan meragukan kemampuan dirinya sendiri. Hal ini karena ia selalu mengira orang lain melihatnya sebagai sosok yang aneh atau 'tidak normal'.

Orang yang socially awkward hampir pasti adalah seorang yang introvert. Meski umumnya hal ini dianggap sebagai sebuah kelemahan, tapi orang-orang yang socially ackward sebenarnya justru bisa jadi teman terbaik yang kamu punya.

Berikut ini lima alasan yang bisa membuat seorang introvert yang juga socially awkward adalah teman terbaikmu, mengutip dari Introvertdear.

1. Mereka Bisa Memberikan Perspektif yang Berbeda

5 Alasan Orang Introvert yang Socially Awkward adalah Teman Terbaikmu

Foto: Getty Images

Dalam sebuah interaksi sosial, orang introvert dan socially awkward sering kali lebih banyak diam, atau duduk di pojokan. Ini membuat mereka bisa mengamati dan mencerna semua perbincangan atau situasi yang terjadi di dalam ruangan. Mereka bahkan dikenal sebagai seorang pengamat (observer) yang baik.

Karena itulah, orang introvert yang socially awkward bisa jadi tempat terbaik untukmu curhat atau dimintai pendapat. Mereka bisa memberikan perspektif atau sudut pandang yang berbeda, yang bisa membuka pikiranmu.

2. Mereka Orang yang Tulus

5 Alasan Orang Introvert yang Socially Awkward adalah Teman Terbaikmu

Foto: iStockphoto

Orang-orang yang socially awkward bisa dibilang tak suka popularitas. Ini membuat mereka juga tak tertarik membuat strategi khusus untuk melakukan 'personal branding' atau memanipulasi pikiran orang lain. Apa pun yang keluar dari pikiran, perilaku, dan mulut mereka umumnya adalah sesuatu yang tulus, tanpa pretensi apa pun.

Jadi, jika mereka mengatakan sesuatu yang baik tentangmu, atau mereka mau meluangkan waktunya denganmu, itu artinya mereka memang tidak keberatan dan nyaman berteman denganmu.

3. Mereka Punya Empati yang Tinggi

5 Alasan Orang Introvert yang Socially Awkward adalah Teman Terbaikmu

Foto: Bewakoof.com Official/Unsplash

Orang introvert dikenal sensitif, sementara mereka yang socially awkward sudah terbiasa dipandang sebelah mata dan jadi outsider. Ini membuat mereka sangat sensitif jika ada orang yang diperlakukan kurang baik atau kurang pantas oleh orang lain.

Baca Juga: Ini Bedanya Socially Awkward, Social Anxiety, dan Introvert

Karena itulah, jika kamu merasa diperlakukan kurang baik atau ada perilaku yang membuatmu kurang nyaman, sang introvert dan socially awkward pasti akan menyadari dan memahami perasaanmu. Dia tidak akan menghakimimu apalagi menertawakanmu kalau kamu menceritakan pengalaman itu padanya.

4. Mereka Punya Selera Humor yang Menarik

5 Alasan Orang Introvert yang Socially Awkward adalah Teman Terbaikmu

Foto: iStockphoto

Kalau kamu sedang punya masalah yang berat atau sedang merasa sedih, mungkin kamu perlu mempertimbangkan bercerita kepada teman yang socially awkward. Dengan pengalaman hidup yang penuh 'penderitaan', mereka pandai mencari hal-hal lucu dari masalah yang mereka hadapi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4274 seconds (0.1#10.140)