Ini Bedanya Socially Awkward, Social Anxiety, dan Introvert

Sabtu, 09 April 2022 - 08:00 WIB
loading...
Ini Bedanya Socially Awkward, Social Anxiety, dan Introvert
Socially awkward atau rasa canggung saat berada di keramaian bisa mengganggu proses sosialisasi seseorang. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Apakah kamu sering merasa canggung ketika berada di tengah keramaian? Bisa jadi kamu adalah si socially awkward.

Hal yang sangat wajar ketika seseorang mengalami kejadian yang membuatnya canggung. Namun ada sebagian orang yang mengalami hal tersebut setiap kali berada di lingkungan sosial. Mereka adalah orang-orang yang kerap disebut socially awkward .

Melansir dari King University Online, peneliti Joshua Clegg menjelaskan bahwa socially awkward merupakan suatu perasaan yang dialami oleh seseorang ketika ia percaya bahwa keinginannya untuk diterima oleh orang lain terancam ketika dalam situasi tertentu.

Rasa canggung yang dirasakan tak sekadar sebuah rasa canggung biasa. Mereka harus berjuang dengan kecemasan yang tinggi, merasa selalu tidak mampu dengan tingkat harga diri yang rendah, serta meragukan dirinya sendiri. Hal itu karena ia terus-menerus terkungkung dalam prasangkanya tentang pandangan orang lain tentang dirinya.

Ini Bedanya Socially Awkward, Social Anxiety, dan Introvert

Foto: Getty Images

Tak hanya itu, sebagian besar orang dengan socially awkward mungkin akan lumayan bermasalah saat dalam percakapan. Ia akan selalu merasa ragu apakah yang akan ia katakan itu baik atau buruk, penting dikatakan, menyakiti atau tidak, atau didengar atau tidak.

Mereka juga kebingungan untuk menyampaikannya, kapan harus memulai berbicara, kapan harus berhenti berbicara, dan bahkan mereka cenderung akan menghindari kontak mata ketika terlibat dalam sebuah perbincangan.

Mengutip Insider, cerita dari salah seorang yang socially awkward disebutkan bahwa hampir dalam setiap acara pertemuan besar, ia harus terpaksa hadir. Ia akan melihat ke sekelilingnya untuk mencari orang yang sangat cerewet atau orang yang memang bisa diajak mengobrol. Namun hal itu berakhir dengan dirinya yang hanya berdiri di belakang orang-orang yang terus berbincang.

Baca Juga: 3 Cara untuk Bahagia menurut Sains, Cocok Dipraktikkan saat Puasa

Dia juga bercerita bahwa meskipun orang-orang fokus pada percakapannya, tapi ia yakin mereka jelas melihatnya berkeliaran dengan canggung. Pemikiran ini membuat kecemasannya meningkat, lalu ia makin canggung dan bingung. Akhirnya, ia memilih pergi ke kamar mandi untuk menenangkan diri.

Perbedaan dengan Social Anxiety dan Introvert

Socially awkward sering disamakan dengan social anxiety dan introvert karena memiliki banyak kesamaan. Social anxiety merupakan suatu kondiri medis tertentu yang menyebabkan gangguan sosial yang cukup parah.

Ini Bedanya Socially Awkward, Social Anxiety, dan Introvert

Foto: Shutterstock

Ketika ditempatkan dalam situasi tertentu yang menuntut mereka untuk berinteraksi dengan orang asing atau keramaian, mereka akan cenderung stres.

Mereka akan mengalami gejala fisiologis seperti jantung berdebar kencang, keringat yang berlebihan, dan anggota tubuh yang gemetar. Ini membuat mereka cenderung sangat menderita dan membutuhkan perawatan yang intensif.

Sementara orang yang mengalami socially awkward tak mengalami hal sekompleks itu. Mereka hanya akan mengalami kecanggungan dan gemetar saja, tapi tak membutuhkan perawatan yang intensif.

Baca Juga: 5 Momen Hebohnya Las Vegas Sambut Konser BTS, Warga Lokal: Belum Pernah Terjadi Sebelumnya

Berbeda pula dengan introvert. Ketika orang dengan socially awkward kesulitan bersosialisasi dalam keramaian karena terlalu memikirkan pandangan di lingkungan tersebut terhadap dirinya, seseorang yang introvert tetap bisa bersosialisasi dan berbincang secara normal dengan orang lain.

Mereka tak takut akan keramaian atau berinteraksi dengan khalayak ramai. Mereka hanya membutuhkan kondisi yang tenang atau sendirian untuk mengisi kembali energinya yang terkuras setelah bersosialisasi, umumnya dalam waktu yang lama. Orang introvert butuh berinteraksi dengan pikirannya.

Nah, sudah tahu beda antara ketiganya?

GenSINDO
Nimas Anggraini Kencanasari
Universitas Negeri Jakarta
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2336 seconds (0.1#10.140)