7 Hal yang Bikin Introvert Susah Punya Pacar dan Solusinya

Rabu, 03 Agustus 2022 - 19:21 WIB
loading...
A A A

7 Hal yang Bikin Introvert Susah Punya Pacar dan Solusinya

Foto: Shutterstock

Kaum introvert umumnya tidak suka dengan perubahan yang tiba-tiba. Ini membuat mereka tidak nyaman dan jadi overthinking. Mereka akan sibuk memikirkan peristiwa yang terjadi sebelumnya dan akhirnya mempertanyakan apakah kebahagiaan bersama pacar sebanding dengan kenyamanan mereka selama ini.

Nah, kalau masalah ini menimpamu, kamu harus menerima kenyataan bahwa hidup memang penuh kejadian tak terduga. Kesulitan dan ketidaknyamanan bagaimana pun juga akan kamu temui dalam perjalanan hidupmu, seberapa pun besarnya usahamu untuk mengantisipasi agar hal tersebut tidak terjadi.

5. Introvert Kesulitan dalam Interaksi Sosial

7 Hal yang Bikin Introvert Susah Punya Pacar dan Solusinya

Foto: Shutterstock

Meski tak semua introvert mengalami masalah saat berinteraksi sosial, tapi umumnya ini menjadi masalah klasik kaum introvert. Nah, saat seorang introvert memutuskan untuk berpacaran, artinya ia harus lebih terbuka dan lebih 'sosial' ke pacar dan lingkaran pertemanan dan keluarga sang pacar.

Buat introvert, ini bisa jadi hal yang menakutkan. Apalagi, introvert biasanya menolak untuk menjadi orang yang bukan diri mereka. Orang introvert sulit berbasa-basi, sementara pergaulan sosial kerap kali mengharuskannya.

Solusi masalah ini bisa dicapai dengan mencoba mengomunikasikan bagaimana rasanya menjadi introvert pada pacar atau calon pacarmu. Ini akan membuatnya bisa memahami dan membantumu kalau kamu mengalami kesulitan saat berinteraksi sosial.

Kamu bisa mengatakan bahwa dirimu senang menghabiskan waktu bersama mereka, tapi tetap butuh waktu untuk sendirian saja untuk mengisi energimu kembali. Semakin sering kamu berbagi perasaanmu, semakin orang-orang akan mengerti, atau setidaknya mengetahui isi pikiranmu.

Baca Juga:

6. Orang Introvert Harus Berpikir Dulu sebelum Berbicara

7 Hal yang Bikin Introvert Susah Punya Pacar dan Solusinya

Foto: Getty Images

Banyak kaum introvert yang lebih nyaman menyampaikan pikirannya dalam bentuk tulisan dibanding lisan. Kalau ada orang lain berbicara, tapi introvert tak langsung membalas pernyataannya, bukan berarti ia tidak mendengar. Hampir pasti, ia sebenarnya tengah mempertimbangkan banyak hal sebelum berbicara. Nah, ini bisa jadi sesuatu yang menghambat kamu saat berbicara dengan orang yang kamu suka.

Untuk masalah yang satu ini, kamu bisa mencoba berlatih dengan merekam suaramu dengan ponsel. Cobalah bicara sendiri, misalnya dengan menceritakan hal yang menarik perhatianmu hari ini, atau bertanya tentang suatu hal. Ingat, kaum introvert juga bisa ahli dalam hal public speaking.

7. Introvert Kerap Mendahulukan Kepentingan Orang lain, Akhirnya Lelah Sendiri

7 Hal yang Bikin Introvert Susah Punya Pacar dan Solusinya

Foto: Shutterstock

Seperti sudah ditulis di atas, kalau seorang introvert merasa menemukan kecocokan atau kenyamanan pada seseorang, maka ia akan memberikan energinya pada orang tersebut untuk membuatnya nyaman dan senang. Bagi introvert, tak ada hubungan yang setengah-setengah, pilihannya antara "iya" atau "tidak".

Baca Juga: 8 Drama Korea 2022 dengan Rating Premiere Tertinggi, Nomor 1 Berakhir Tragis

Dengan prinsip ini, keinginan untuk menyenangkan pacar bisa berujung pada rasa lelah karena kamu mengorbankan dirimu demi kebahagiaan pasangan. Untuk mengatasi masalah ini, mirip dengan solusi sebelumnya, kamu harus bergerak sesuai ritme yang membuatmu nyaman. Sampaikan keinginan kamu ke pasangan agar ia bisa memahami sifat introvert-mu.
(ita)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1470 seconds (0.1#10.140)