7 Hal yang Bikin Introvert Susah Punya Pacar dan Solusinya

7 Hal yang Bikin Introvert Susah Punya Pacar dan Solusinya
Orang introvert senang menyendiri dan banyak berpikir kalau mau memulai sebuah hubungan percintaan. Foto/Depositphotos
JAKARTA - Orang introvert dikenal sebagai sosok yang sulit terbuka dan sangat selektif dalam memilih orang-orang yang dekat dengannya. Ini tentu berpengaruh dalam hal mencari pasangan.

Selain dua hal tersebut, sifat idealis juga turut memengaruhi introvert dalam berperilaku. Meski kelihatannya rumit, tapi jika seorang introvert menemukan orang yang 'satu frekuensi' dengannya, maka ia akan sangat loyal pada orang atau pasangannya itu.

Nah, buat kamu para introvert yang mengalami kesulitan mencari pasangan, atau kaum ekstrovert yang mencoba memahami sosok introvert , berikut ini tujuh hal yang membuat introvert kesulitan mencari pasangan yang cocok, beserta solusinya, mengutip Introvertdear.


1. Tenggelam dalam Pikiran, Tak Sadar dengan Sekitarnya

7 Hal yang Bikin Introvert Susah Punya Pacar dan Solusinya

Foto: Getty Images

Orang introvert kerap disebut sebagai sosok yang asyik dengan dunia dan pikirannya sendiri. Hal ini membuat mereka kadang kurang sensitif pada hal-hal yang ada di sekitar mereka, termasuk orang yang berpotensi jadi pacar. Padahal bisa saja ada orang yang tertarik denganmu, atau kamu tertarik dengan orang itu kalau saja dirimu sensitif pada kondisi sekitar.

Nah, untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk lebih memperhatikan lingkungan sekitarmu. Perhatikan wajah orang-orang yang datang, misalnya saat kamu sedang berkegiatan dalam acara atau komunitas tertentu.

Meski akan bikin kamu tidak nyaman, tapi usahakan untuk berinteraksi dengan mereka. Cobalah menanyakan sesuatu, dan lihat apa yang akan terjadi selanjutnya.

2. Terlalu Perfeksionis

7 Hal yang Bikin Introvert Susah Punya Pacar dan Solusinya

Foto: Stockphoto

Orang introvert dikenal memasang standar yang tinggi untuk dirinya sendiri, juga orang lain. Selain itu, pikiran orang introvert yang selalu aktif membuat mereka sudah keburu membayangkan hal yang tidak-tidak kalau mereka punya hubungan dekat dengan orang lain.

Karena kaum introvert juga gampang terkuras energinya kalau berada bersama orang lain, maka mereka juga akan banyak berpikir kalau mau menjalin hubungan. Karena sekali lagi, kalau mereka sudah berkomitmen, maka mereka akan loyal pada hal tersebut.

Untuk masalah yang satu ini, kamu mesti berhenti untuk berpikir semuanya harus sempurna atau sesuai keinginanmu. Tak ada satu pun manusia yang sempurna. Kamu punya kekurangan di satu sisi, orang lain pun pasti punya kekurangan di sisi lainnya.

3. Mengalami “Introvert Hangover” Tingkat Tinggi

7 Hal yang Bikin Introvert Susah Punya Pacar dan Solusinya

Foto: Shutterstock

Tak peduli seberapa dekat dan nyaman dirimu dengan seseorang, kalau kamu introvert, pasti akan ada momen-momen saat dirimu cuma mau sendirian saja. Ini tentu bisa jadi masalah kalau pacarmu tergolong orang yang mau selalu menghabiskan waktu bersama saat malam mingguan atau momen lainnya.

Baca Juga: 6 Drama Korea dengan Tokoh Introvert sebagai Karakter Utamanya

Kalau masalah ini terjadi, kamu harus mencoba menyampaikan keinginanmu ke pacar supaya dia mengerti. Kalau memang dia peduli padamu, maka ia pasti akan mencoba mengerti.

Solusi lainnya, kamu bisa melakukan aktivitas sendiri, tapi bersama-sama. Misalnya membaca buku, atau menulis. Bisa juga misalnya kalian video call, tapi sambil melakukan aktivitas masing-masing. Tak perlu berbicara terus, yang penting kalian sama-sama tahu bahwa kalian sedang bersama.

4. Introvert kesulitan dengan Perubahan yang Tiba-Tiba
halaman ke-1
Share: