5 Fakta Novel Gadis Kretek yang Diadaptasi Jadi Serial Netflix

Jum'at, 15 Juli 2022 - 14:07 WIB
loading...
5 Fakta Novel Gadis Kretek yang Diadaptasi Jadi Serial Netflix
Novel Gadis Kretek diadaptasi menjadi serial Netflix dan akan tayang pada 2023. Foto/Netflix
A A A
JAKARTA - Para pencinta film dan sastra Indonesia mendapat kabar gembira dengan diadaptasinya novel Gadis Kretekmenjadi serial original Netflix. Ditambah lagi, serial ini akan diperankan aktris kondang seperti Dian Sastrowardoyo dan Putri Marino.

Novel Gadis Kretekmerupakan karya sastrawan Ratih Kumala yang terbit tahun 2012 di bawah penerbit Gramedia Pustaka Utama. Novel ini diadaptasi menjadi serial Netflix bukan tanpa sebab, ada banyak keistimewaan dan keunggulan yang dapat dilirik dari novel ini.

Berikut ini lima fakta novel Gadis Kretek yang perlu kamu ketahui.

1. Riset Mendalam selama Empat tahun

5 Fakta Novel Gadis Kretek yang Diadaptasi Jadi Serial Netflix

Foto: Instagram @gadiskretek

Ketika melakukan Instagram Live bersama penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU), Ratih Kumala mengungkapkan bahwa ia melakukan riset untuk novel Gadis Kretek selama empat tahun. Mulanya, Ratih terinspirasi dari kisah pabrik rokok kretek kakeknya yang meninggal sebelum Ratih lahir.

Ia lalu mulai turun ke pabrik-pabrik kretek yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk melakukan riset. Ia juga membeli berbagai macam kretek sampai mengoleksinya sebanyak 200 bungkus.

2. Masuk 10 Besar Penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa


5 Fakta Novel Gadis Kretek yang Diadaptasi Jadi Serial Netflix

Foto:Instagram @gadiskretek

Baru saja rilis, novel Gadis Kretek sudah meraih juara keempat dari 10 besar penerima penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa, sebuah ajang penghargaan sastra nasional Indonesia. Novel yang menceritakan tentang makna keluarga dan kehidupan masyarakat Jawa ini berhasil menyaingi novel ternama berjudul Cerita Cinta Enrico karya Ayu Utami dan Negeri Para Bedebah karya Tere Liye.

Baca Juga: Daftar Pemain dan Deskripsi Karakter Serial Gadis Kretek

3. Kuat dengan Peran Perempuan

5 Fakta Novel Gadis Kretek yang Diadaptasi Jadi Serial Netflix

Foto:Instagram @sekaar.a

Sampul novel ini adalah seorang perempuan Jawa dengan kebaya dan sejumput kretek di tanggannya. Ini sudah cukup menggambar eksistensi perempuan yang kuat di dalam novel ini.

Kamu dapat melihat peran perempuan yang sukses dalam sebuah bisnis kretek, bahwa dunia kretek tidak hanya dikuasai oleh laki-laki, tapi seorang perempuan juga dapat mendominasi hal tersebut.

4. Mengenalkan Sejarah dan Macam-macam Kretek di Indonesia

5 Fakta Novel Gadis Kretek yang Diadaptasi Jadi Serial Netflix

Foto: Dok. Sampoerna

Novel ini bercerita tentang sejarah industri kretek yang dibawa oleh penjajah Jepang ke Indonesia, lalu berkembang pesat di zaman awal kemerdekaan sampai sekarang. Di dalamnya, kamu akan dikenalkan dengan Tembakau Srinthil, tembakau dengan kadar nikotin tertinggi.

Lalu ada juga Kretek Gadis, yaitu kretek hasil lintingan Jeng Yah dengan ludahnya sebagai penempel papirnya. Juga masih ada banyak lagi di dalam novel ini.

Baca Juga: 6 Love Language Junho dalam Drama Extraordinary Attorney Woo
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1793 seconds (0.1#10.140)