Mimpi karena Stres, Ini Bedanya dengan Mimpi Buruk dan Solusinya

Kamis, 07 Juli 2022 - 14:44 WIB
loading...
A A A
Cara ketiga, mengubah akhir cerita mimpimu. Ini adalah cara yang biasa dilakukan dalam Dialectical Behavior Therapy and Imagery Rehearsal Therapy.

Untuk cara ketiga ini, hal pertama yang kamu lakukan adalah dengan mengingat dan menulis ulang semua yang kamu lihat, dengar, dan detail mimpinya. "Apa yang kamu pikirkan, rasa takut, dan asumsi lainnya yang kamu rasakan saat mimpi," ucap Lauren.

Baca Juga: 8 Drama Korea Terbaik 2022 Sejauh Ini menurut Para Editor

Setelah itu, tulis ulang akhir cerita mimpi yang tidak menyenangkan itu. "Ending-nya tidak harus masuk akal. Kamu bisa mengubahnya misalnya dengan membuat orang yang mengejar kamu terjatuh atau polisi datang untuk menangkapnya," katanya.

Langkah ketiga, ingat akhir cerita yang kamu buat itu di kepalamu. "Baca dan visualisasikan adegannya. Latih plot cerita yang positif itu di kepalamu. Kalau kamu mimpi karena stres lagi, ingat akhir cerita yang sudah kamu buat itu," imbuh Lauren.

Kalau cara-cara di atas masih tidak berhasil dan mimpi karena stres yang kamu alami makin memburuk, kamu perlu mempertimbangkan untuk berkonsultasi pada ahli, seperti dokter atau terapis. Kini ada banyak akses untuk berkonsultasi kepada psikolog lewat berbagai aplikasi yang beberapa di antaranya gratis.
(ita)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1441 seconds (0.1#10.140)