7 Superhero Muslim di Dunia Marvel, 2 Tampil di Ms. Marvel

Minggu, 12 Juni 2022 - 23:23 WIB
loading...
7 Superhero Muslim di Dunia Marvel, 2 Tampil di Ms. Marvel
Superhero muslim di dunia Marvel tidak hanya Ms. Marvel. Selain Kamala Khan, masih ada sejumlah superhero lain yang juga muslim tapi belum terekspos di MCU. (Foto: Marvel)
A A A
Superhero muslim di dunia Marvel tidak terlalu banyak. Selain itu, mereka juga tidak terlalu terekspos. Namun, kehadiran serial Ms. Marvel yang menjadi bagian dari Marvel Cinematic Universe (MCU) telah turut menyoroti keberadaan karakter-karakter ini.

Sebagian besar karakter superhero muslim di Marvel ini memang belum tampil di layar. Selain itu, kebanyakan dari mereka juga punya latar belakang sebagai mutan atau lebih banyak bersentuhan dengan X-Men. Tapi, ada juga yang punya hubungan dekat dengan Avengers.

Superhero muslim ini juga belum menjadi karakter utama. Sebagian masih menjadi karakter pendamping. Baru Kamala Khan alias Ms. Marvel yang diberi kesempatan menjadi karakter utama di komik dan serial solonya. Para superhero muslim ini juga punya cerita latar yang menarik terkait kekuatan mereka. Siapa saja karakte superhero muslim di dunia Marvel ini? Simak ulasannya berikut ini!



7. Monica Chang
7 Superhero Muslim di Dunia Marvel, 2 Tampil di Ms. Marvel

Foto: Pinterest

Sebagian besar orang mengasosiasikan nama Black Widow dengan Natasha Romanoff. Tapi, ada juga orang lain yang telah memakai titel itu. Salah satunya adalah Monica Chang. Dia menjadi Black Widow di Ultimate Marvel Universe dan juga mantan istri Nick Fury. Dia punya satu anak bersama Nick Fury yang diberi nama Julius Chang. Sebagai Black Widow, dia bekerja bersama Avengers demi menangkap kembali Captain America dan juga melawan Red Skull. Dia juga menangkap dan merekrut Punisher ke Avengers.

Setelah dipindah ke The New Ultimates, dia menjadi direktur baru SHIELD dan membantu Jessica Drew, yang menjadi Black Widow saat itu. Di semesta mainstream Marvel, Monica muncul di serial Avengers AI, di mana dia menjadi kepalanya kepala divisi AI SHIELD. Bersama Henry Pym, sebuah Doombot, Victor Mancha, dan Vision, dia bertarung melawan ancaman kecerdasan buatan bernama Dimitros. Di serial inilah terungkap kalau Monica adalah seorang muslim.

6. Monet St. Croix/Penance
7 Superhero Muslim di Dunia Marvel, 2 Tampil di Ms. Marvel

Foto: Jordan Homeland

Monet adalah mutan dengan berbagai kekuatan manusia super, seperti kekuatan, ketangguhan, ketangkasan, dan kecepatan super. Dia punya faktor penyembuh, memori fotografik, kemampuan melayang, terbang, dan kekuatan telekinesis. Dia adalah anggota berbagai cabang X-Men berbeda, seperti Generation X dan X-Factors Investigations.

Dia terungkap sebagai muslim saat menjadi anggota X-Factor. Ini terkuak ketika dia membela agamanya di sebuah demonstrasi anti-muslim. Ketika orang berteriak, “Amerika untuk orang Amerika! Kami tidak butuh teroris muslim di sini! Mereka seburuk mutan”, Monet terbang dan berucap, “Aku muslim dan seorang mutan!” Karena X-Men sudah lama menjadi simbol bagi orang-orang yang terdiskriminasi, dengan Monet melakukan itu, ini sungguh menginspirasi.

5. Dr. Faiza Hussain/Excalibur
7 Superhero Muslim di Dunia Marvel, 2 Tampil di Ms. Marvel

Foto: ComicBook.com

Faiza adalah seorang dokter yang mendapatkan kemampuan mengendalikan organisme hidup setelah dihantam senjata laser Skrull. Dia kali pertama muncul di komik Captain Brian and MI:13. Penulis serial ini menyebut kekuatannya sebagai membuka tubuh dan memilahnya hingga level subatomik dengan aman. Ini berguna baginya sebaggai seorang dokter dan superhero. Dia diperlihatkan memecah tubuh menjadi bagian dasarnya sementara menjaga pasiennya tetap hidup dan menghentikan pergerakan sepasukan Skrull.

Selain itu, dia menjadi pemegang pedang legendaris, Excalibur, dan menggunakannya untuk melawan vampir setelah menjadi anggota MI:13. Dia juga menjadi pengawal Black Knight. Di Age of Ultron, dia menjadi Captain Britain untuk sementara waktu ketika Captain Britain Brian Maddock ketakutan kalau dia akan mati di pertempuran. Ada harapan dia akan tampil di film Blade.

4. Sooraya Qadir/Dust
7 Superhero Muslim di Dunia Marvel, 2 Tampil di Ms. Marvel

Foto: About Her

Sooraya adalah mutan anggota X-Men yang lahir di Afghanistan. Dia tahu kalau dia punya kekuatan berubah menjadi zat seperti pasir setelah menyerang seorang penjual budak yang berusaha melepas niqab-nya. Dia kemudian di bawa ke markas X-Corps di India, di mana dia awalnya berubah menjadi pasir untuk bersembunyi dari X-Men yang bertugas di sana. Jean Grey menemukannya dan meyakinkannya agar mengungkap siapa dirinya.

Ketika Sooraya berubah, dia mengumumkan dirinya dengan kata Turaab yang berarti pasir dalam bahasa Arab. Kata itu pun terpatri sekian lama dan anggota timnya memanggilnya sebagai Dust. Sooraya menjadi anggota berbagai tim X-Men, termasuk Hellion Squad dan Young X-Men. Sooraya memilih mengenakan busana tradisional muslimnya, yang lengkap dengan abaya dan niqab. Meski itu menyebabkan friksi di antara X-men dan musuhnya, keyakinannya membuatnya bertahan di pertarungan keras.

3. Josiah X
7 Superhero Muslim di Dunia Marvel, 2 Tampil di Ms. Marvel

Foto: CBR

Josiah X adalah produk serum tentara super di komik Marvel. Dia merupakan anak kandung Isaiah Bradley, Captain America kulit hitam pertama, dan istrinya, Faith. Anak itu yang menjalani rekayasa genetika dan dikandung seorang perempuan bernama Sarah Gail. Josiah X ditinggalkan Sarah di sebuah kereta. Dia kemudian tumbuh di sebuah panti asuhan Katolik di Boston.

Ketika masih remaja, Josiah X masuk angkatan darat Amerika Serikat (AS) dan pergi bertempur di perang Vietnam. Setelah diusir dari rumah keluarga Bradley, Josiah menjadi tentara bayaran. Namun, dia kemudian menemukan Islam dan memahami tujuan di dalamnya. Dia menjadi mualaf dan melaksanakan ibadah haji. Dia kemudian membuka masjid di Little Mogadishu.

2. Kareem/Red Dagger
7 Superhero Muslim di Dunia Marvel, 2 Tampil di Ms. Marvel

Foto: Mary Sue
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2584 seconds (0.1#10.140)