10 Tukang Tipu Paling Terkenal yang Kisahnya Dijadikan Film, Ada dari Indonesia

Jum'at, 18 Februari 2022 - 18:31 WIB
loading...
A A A
10 Tukang Tipu Paling Terkenal yang Kisahnya Dijadikan Film, Ada dari Indonesia

Foto: BBC

Anna Delvey adalah seorang sosialita boros yang membiayai gaya hidup mewahnya dengan cara menipu bank, hotel, dan teman-temannya. Para korbannya bahkan percaya bahwa Anna adalah pewaris kaya raya dari Jerman.

Perempuan bernama asli Anna Sorikin ini menggunakan nama Anna Delvey untuk menipu teman-teman dan lembaga keuangan. Anna ingin mereka percaya bahwa ia memiliki kekayaan sekitar sekitar USD67 juta (Rp961 miliar) di luar negeri. Hal ini dilakukan agar ia mendapatkan pinjaman sebesar USD22 juta dari City Nasional Bank.

Dilansir dari The Guardian, Anna juga membujuk satu bank untuk meminjamkan USD100 ribu dan gagal untuk mengembalikannya. Kisah Anna Delvey kemudian dituangkan dalamminiseri Inventing Anna yang tayang pada 11 Februari di Netflix.

Baca Juga: 9 Hal yang Fakta dan Fiksi dalam Inventing Anna, Serial tentang Sosialita Palsu

5. Billy McFarland

10 Tukang Tipu Paling Terkenal yang Kisahnya Dijadikan Film, Ada dari Indonesia

Foto: BBC

Pada 2018, Billy McFarland membuat sebuah acara festival musik mewah bernama Fyre Festival di pulau Great Exuma, Bahama. Panitia acara menjanjikan akomodasi yang mewah, berupa makanan, musik, karya seni, dan petualangan terbaik di Bahama.

Namun, saat Fyre Festival digelar, para pengunjung merasa kecewa dan tertipu karena akomodasi mewah yang dijanjikan panitia hanyalan bualan belaka. Padahal untuk acara tersebut, Billy mendapatkan USD4 juta (Rp56 miliar) dari Fashion Executive Carola Jain.

Menurut BBC, dari dokumen Departemen Kehakiman AS, Billy berulang kali membuat pernyataan palsu kepada investor tentang pendapatan Fyre Media. Ia juga memanipulasi laporan keuangan dan dokumentasi pendukung Fyre Media untuk menyembunyikan kondisi keuangan Fyre Media yang sebenarnya.

Kisah tentang Fyre Festival kemudian dituangkan ke dalam sebuah film dokumenter dengan judul Fyre Fraud yang dirilis Hulu dan Fyre yang dirilis Netflix pada tahun yang sama pada 2019.

6. Elizabeth Holmes

10 Tukang Tipu Paling Terkenal yang Kisahnya Dijadikan Film, Ada dari Indonesia

Foto: The Guardian

Elizabeth Holmes adalah pendiri perusahaan rintisan (start-up) teknologi kesehatan, Theranos, pada 2003 saat usianya baru 19 tahun. Di lingkungannya, Elizabeth terkenal dengan gaya uniknya mengenakan turtleneck hitam seperti Steve Jobs.

Mengutip The Guardian, Elizabeth bersalah atas 4 dari 11 dakwaan, termasuk3 dakwaan penipuan dan 1 dakwaan bersekongkol untuk menipu investor swasta di perusahaan rintisan tes darah. Namun, dia dibebaskan dari tiga dakwaan menipu pasien yang membayar tes Theranos.

Elizabeth kemudian menghadapi hukuman hingga 20 tahun penjara untuk tuduhan tersebut tetapi mungkin akan menerima jauh lebih sedikit karena mengingat kurangnya sejarah kriminalnya.

Kisah Elizabeth Holmes kemudian diangkat menjadi sebuah film dokumenter pada 2019, yang berjudul The Invector: Out for Blood in Silicon Valley. Film ini disutradarai dan diproduksi oleh Alex Gibney.

7. Robert Hendy-Freegard

10 Tukang Tipu Paling Terkenal yang Kisahnya Dijadikan Film, Ada dari Indonesia

Foto: via Daily Mail

Robert-Hendy-Freegard adalah seorang penjual mobil dan bartender asal Inggris. Namun di balik itu, ia adalah seorang penipu. Untuk memikat korbannya, dia menyamar sebagai agen MI5.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2358 seconds (0.1#10.140)