10 Tukang Tipu Paling Terkenal yang Kisahnya Dijadikan Film, Ada dari Indonesia

10 Tukang Tipu Paling Terkenal yang Kisahnya Dijadikan Film, Ada dari Indonesia
Simon Leviev jadi penipu yang kini tengah populer setelah dirilisnya film dokumenter The Tinder Swindler. Foto/Netflix
JAKARTA - Kekayaan, status, dan popularitas menjadi dambaan bagi banyak orang, bahkan menjadi tujuan hidup seseorang di dunia. Tak heran, beberapa orang rela melakukan tindakan tidak bermoral, berbohong, hingga berbuat kriminal demi memperolehnya.

Tak sedikit orang menjadikan aksi menipu sebagai profesi. Bahkan banyak yang melakukan berbagai macam tindak penipuan selama bertahun-tahun.

Aksi menggemparkan para penipu pun banyak dituangkan ke dalam buku dan film . Dari berbagai kasus penipuan yang pernah terjadi, berikut sepuluh penipu terkenal dunia yang kisahnya dijadikan sebuah film.

1. Simon Leviev

10 Tukang Tipu Paling Terkenal yang Kisahnya Dijadikan Film, Ada dari Indonesia

Foto: Netflix

Simon Leviev adalah pria penipu yang baru-baru ini menjadi terkenal berkat film dokumenternya yang berjudul The Tinder Swindler (2022). Bernama asli Shimon Hayut, pria ini telah mengambil banyak identitas palsu selama bertahun-tahun.

Simon mencuri jutaan dolar dari sejumlah perempuan melalui aplikasi kencan Tinder. Ia mengklaim bahwa ia adalah putra Lev Leviev, seorang miliarder dan pendiri perusahaan manufaktur berlian, LLD Diamonds.

Baca Juga: Ini Alasan Simon Leviev 'The Tinder Swindler' Tidak Dipenjara meski Tipu Banyak Perempuan

2. Charles Ponzi

10 Tukang Tipu Paling Terkenal yang Kisahnya Dijadikan Film, Ada dari Indonesia

Foto: Getty Images

Charles Ponzi adalah pencetus skema Ponzi yang dicap berbahaya. Dalam skema Ponzi, keuntungan yang dihasilkan bukanlah dari laba bisnisnya, melainkan dari hasil merekrut investor baru. Charles menjalankan skema investasi yang sangat menguntungkan dan ekspansif dengan skema ini.

Pada 1991, ia mencoba untuk menghasilkan keuntungan dengan membeli International Reply Coupon (IRC) di satu negara, dan menukarnya dengan perangko yang lebih mahal di negara lain. Hal ini kemudian membuatnya ditangkap karena didakwa dengan 86 tuduhan penipuan surat.

Kisah Charles Ponzi kemudian dijadikan sebuah film dokumenter oleh sutradara Patrick E. Boyle dengan judul Charles Ponzi the Documentary.

3. Bernie Madoff

10 Tukang Tipu Paling Terkenal yang Kisahnya Dijadikan Film, Ada dari Indonesia

Foto: BBC

Pada 2008, Bernie Madoff menjadi pembicaraan seluruh dunia karena telah menipu para investor hingga pensiunan yang telah mempercayai perusahannya. Aksinya membuatnya menjadi pelaku penipuan finansial terbesar dalam sejarah Amerika Serikat.

Madoff terbukti menggunakan skema Ponzi untuk menipu korban-korbannya. Caranya, ia mencari banyak investor untuk bergabung. Uang yang didapatkannya akan digunakan untuk mendanai pembayaran kepada investor yang sudah ada, sekaligus untuk biaya ke perusahaan Madoff dan juga diduga kepada keluarga dan teman-temannya.

Mengutip Britannica, perkiraan kerugian berkisar USD50 miliar hingga USD 65 miliar atau sekitar Rp865 triliun. Pada Maret 2009, Madoff mengaku bersalah atas penipuan, pencucian uang, dan kejahatan lainnya. Kemudian pada Juni 2009, hakim federal, Denny Chin memberi Madoff hukuman maksimum 150 tahun penjara.

Pada 2017, kasus penipuan Bernie Madoff dijadikan sebuah film berjudul The Wizard of Lies. Film bergenre drama biografi dan kriminal ini disutradarai oleh Barry Levinson.

4. Anna Delvey
halaman ke-1
Share: