10 Tukang Tipu Paling Terkenal yang Kisahnya Dijadikan Film, Ada dari Indonesia

Jum'at, 18 Februari 2022 - 18:31 WIB
loading...
A A A
Dia menipu beberapa orang untuk pergi ke bawah tanah untuk mengantisipasi serangan teror dari Irish Republican Army (IRA). Dari aksi menyamarnya tersebut, Robert menghasilkan uang sebesar 1 juta poundsterling (Rp19,5 miliar).

Robert kemudian ditangkap oleh FBI pada 2002 dan divonis 10 tahun penjara atas tuduhan penipuan, pencurian, dan penculikan. Kisah Robert Hendy-Freegard kemudian diangkat menjadi sebuah film dokumenter pada 2022 berjudul The Puppet Master: Hunting the Ultimate Conman. Film ini disutradarai oleh Sam Benstead dan Gareth Johnson.

8. Frederic Bourdin

10 Tukang Tipu Paling Terkenal yang Kisahnya Dijadikan Film, Ada dari Indonesia

Foto: Getty Images

Selama bertahun-tahun, Frederic Bourdin telah menggunakan 500 identitas palsu. Dia sering berbohong sebagai seorang anak yang hilang atau yatim piatu agar mendapatkan simpati.

Mengutip BBC, Bourdin dipenjara di Amerika Serikat pada 1997 karena menyamar sebagai putra pasangan yang telah lama hilang. Dia tinggal bersama mereka selama tiga bulan sebelum penipuannya terbongkar oleh seorang jurnalis dan dikonfirmasi oleh tes DNA. Kisahnya kemudian ditampilkan melalui film berjudul The Imposter yang dirilis pada 2012.

9. Frank Abagnale

10 Tukang Tipu Paling Terkenal yang Kisahnya Dijadikan Film, Ada dari Indonesia

Foto: Getty Images

Frank Abagnale adalah seorang penipu yang paling dicari di Amerika. Hal ini karena ia dapat mencuri dan memalsukan identitas seseorang. Dia bisa berpura-pura menjadi seorang dokter, pengacara, hingga pilot.

Frank berhasil menyamar lebih dari 250 kali sebagai pilot pesawat terbang dan mengunjungai 26 negara sebagai pilot palsu Pan Am Airways. Pada 1969, Frank berhasil tertangkap oleh Kepolisian Perancis dan dipulangkan ke Amerika Serikat. Ia kemudian dihukum selama 12 tahun penjara.

Kisah Frank kemudian dijadikan sebuah film berjudul Catch Me If You Can (2002), yang diperankan oleh aktor Leonardo Dicaprio.

Baca Juga: 6 Artis Korea yang Cocok Perankan All of Us Are Dead versi 10 Tahun Kemudian

10. Rudy Kurniawan

10 Tukang Tipu Paling Terkenal yang Kisahnya Dijadikan Film, Ada dari Indonesia

Foto: via Decider

Rudy Kurniawan, yang bernama asli Zhen Wang Huang, adalah penipu dan pemalsu minuman anggur. Mengutip The Cinemaholic, pada 2006, ia mengumpulkan USD24,7 juta (Rp354 miliar) di sebuah lelang, total terbesar yang pernah ada untuk satu distributor pada saat itu.

Namun, aksi Rudy terbongkar saat oleh kolektor anggur bernama Bill Koch memborong anggur milik Rudy di pelelangan John kapon pada 2006. Menjadi sorotan dunia, kisah Rudy kemudian diangkat sebagai film dokumenter berjudul Sour Grapesyang dirilis pada 2016.

Shella Mapuji Rellang
Kontributor GenSINDO
Universitas Negeri Jakarta
Instagram: @shuukzky
(ita)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1584 seconds (0.1#10.140)