Berpura-pura Bodoh Ternyata Ada Manfaatnya, Mau Tahu?

Sabtu, 05 Februari 2022 - 18:00 WIB
loading...
Berpura-pura Bodoh Ternyata Ada Manfaatnya, Mau Tahu?
Berpura-pura tidak tahu bisa membantu menurunkan tingkat stres seseorang. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Sebagian besar orang akan berusaha semaksimal mungkin untuk tampak terlihat cerdas di hadapan banyak orang agar dianggap pintar dan menjadi pusat perhatian.

Mungkin hampir semua orang menginginkan dikagumi karena kecerdasan, keterampilan, dan wawasannya tentang kehidupan.Namun ternyata ada juga yang sebaliknya.

Mengutip dari Psychology Today, ternyata perilaku menyembunyikan pengetahuan di tempat kerja sangat umum dilakukan.
Laura Venz dan Universitas Leuphana dan Hadar Neshan Shoshan dari Universitas Mannheim mencatat bahwa terlepas dari risikonya, banyak karyawan yang sengaja menyembunyikan pengetahuan mereka dalam pekerjaan sehari-harinya.

Perilaku menyembunyikan pengetahuan ini adalah salah satu dari perilaku kerja kontraproduktif potensial (CWB). Dari hasil penelitian mereka, ide untuk berpura-pura bodoh cocok dengan pendekatan CWB sebagai respons terhadap stres .

Berpura-pura Bodoh Ternyata Ada Manfaatnya, Mau Tahu?

Foto: Adobe

Contohnya adalah seperti ini. Ketika pacar atau rekan kerjamu mengandalkan ingatanmu untuk jadwal mereka, hal ini bisa membuatmu tertekan. Pacarmu misalnya selalu bertanya kapan tenggat waktu skripsinya selesai. Padahal itu adalah tanggung jawabnya untuk mengingat.

Baca Juga: 6 Kasus Kekerasan Seksual yang Dilakukan Orang Film

Dengan berkata bahwa kamu tidak tahu, maka itu adalah bagian dari cara kamu melepas stres karena bosan ditanya hal tersebut. Ini juga membuat kamu merasa punya kontrol atas stres dan situasi yang terjadi antara keduanya.

Contoh lainnya misalnya saat rekanmu bertanya hal yang semestinya kalian berdua mengingatnya, tapi karena ia lupa dan kamu kesal karena ia sering lupa, maka kamu juga ikut pura-pura lupa demi memberinya pelajaran.

Berpura-pura Bodoh Ternyata Ada Manfaatnya, Mau Tahu?

Foto: Andrea Piacquadio/Pexels

Dengan berpura-pura tidak tahu atau bodoh, maka status "lepas tangan" terhadap masalah orang lain membuat
tingkat kelelahan dan ketegangan menjadi rendah. Singkat kata, berpura-pura bodoh berpotensi menghilangkan strs dan rasa lelah apalagi saat di tempat kerja.

Baca Juga: 8 Tanda Orang dengan Kecerdasan Emosional Rendah

Meski berpura-pura bodoh bisa membantumu mengurangi stres, tapi secara jangka panjang tindakan ini disebutkan tidak membantumu dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Alih-alih terus berbohong, kamu mestinya membicarakan masalah ini dengan lebih serius demi hubungan yang lebih baik pada masa depan.

Lukman Rizki Muhtadin
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @lukmanrizki_
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0805 seconds (0.1#10.140)