3 Cara Atasi Masalah ala Stoikisme dalam Serial Layangan Putus

Senin, 31 Januari 2022 - 17:06 WIB
loading...
3 Cara Atasi Masalah ala Stoikisme dalam Serial Layangan Putus
Serial Layangan Putus mengajarkan beberapa hal yang sejalan dengan ajaran stoikisme. Foto/WeTV
A A A
JAKARTA - Serial Layangan Putus sukses mencuri perhatian masyarakat Indonesia. Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dalam perjalanan kisah hidup rumah tangga Kinan dalam mengatasi masalah yang dihadapinya berdasarkan filosofi stoikisme.

Layangan Putus mengangkat tema mengenai permasalahan rumah tangga, perselingkuhan, dan perceraian. Kisah tokoh Kinan yang diperankan oleh Putri Marino sangat dirasakan oleh penonton karena dianggap berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.

Sama halnya dengan yang dirasakan Kinan, setiap orang pasti memiliki masalah dalam kehidupannya. Permasalahan yang terjadi seringkali membuat cemas, overthinking, insecure dan sebagainya. Hal itu merupakan hal yang normal dan pasti akan dirasakan oleh setiap orang.

Masalah yang dihadapi perlahan-lahan akan membuat kita semakin kuat dan berkembang. Kita tidak akan kaget lagi dengan masalah serupa jika kemudian hari akan terjadi lagi.

Sama halnya dengan Kinan, dia harus menerima keadaan dan fakta bahwa suaminya selingkuh dan rumah tangganya hancur.
Nah, di sini kita akan belajar cara mengatasi masalah ala stoikisme dalam serial Layangan Putus.

Baca Juga: Belajar Hidup Bijak dan Bahagia dari King of Stoicism Marcus Aurelius

1. Sadari Hal yang Bisa dan Tidak Bisa Kita Kontrol

3 Cara Atasi Masalah ala Stoikisme dalam Serial Layangan Putus

Foto: WeTV

“Tidak apa-apa, jika sesekali kita harus kehilangan layangan kita. Tidak apa-apa, jika sesekali impian kita diterbangkan oleh angin, karena satu-satunya yang harus kita genggam erat adalah diri kita sendir,” ucap Kinan.

Kalimat ini menggambarkan filosofi stoikisme bahwa yang bisa kita kontrol adalah pikiran dan tindakan kita. Sedangkan yang tidak bisa kita kontrol, semua hal selain pikiran dan tindakan kita.

Pada dasarnya Kinan tidak punya kontrol apakah Aris akan selingkuh atau tidak, Kinan juga tidak punya kontrol faktanya Aris lebih memilih selingkuh dengan Lydia dan membawanya ke Cappadocia, tempat impian Kinan.

2. Komunikasikan Perasaan secara Asertif

3 Cara Atasi Masalah ala Stoikisme dalam Serial Layangan Putus

Foto: WeTV

Kita telah sadar dan memahami bahwa kita dihadapkan pada suatu masalah dan kita menganalisis apakah hal ini bisa kita kontrol atau tidak. Selanjutnya, kita bisa belajar mengomunikasikan perasaan secara asertif.

Kita sadar bahwa kita tidak bisa mengontrol lawan bicara. Namun kita bisa menyampaikan perasaan dengan sopan dan nyaman, sehingga pada akhirnya orang akan sulit marah pada kita.

Kita bisa lihat Kinan dapat menunjukkan sikap tenang dan elegan di hadapan Aris dan Lydia. Kita juga bisa melihat Raya mengomunikasikan perasaannya secara asertif dengan menulis surat ke Aris ketimbang pergi dan marah-marah.

3. Jangan Sungkan Meminta Bantuan ke Orang Terdekat

3 Cara Atasi Masalah ala Stoikisme dalam Serial Layangan Putus

Foto: WeTV

Saat kita sedang menghadapi masalah dan terjebak dalam situasi yang sulit, maka jangan sungkan untuk meminta bantuan ke orang terdekat. Dukungan dalam bentuk apa pun yang diberikan akan sangat membantu.

Baca Juga: 12 Fakta yang Perlu Diketahui sebelum Nonton All of Us Are Dead

Seperti halnya Kinan yang meminta bantuan dan menceritakan masalahnya ke sahabat-sahabat yang dia percayai. Sahabatnya tidak hanya mendukung secara moral, tetapi juga turut serta membantu menyelesaikanmasalahnya.

Qori Febrianto
Kontributor GenSINDO
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Instagram: @qorifbrian
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1533 seconds (0.1#10.140)