10 Superhero dengan Disabilitas yang Tampil di Film Marvel

Kamis, 25 November 2021 - 23:59 WIB
loading...
10 Superhero dengan Disabilitas yang Tampil di Film Marvel
Superhero tak selamanya tampil dengan fisik sempurna. Sederet pahlawan di film Marvel merupakan penyandang disabilitas. Tapi, itu tidak menghalangi aksi mereka. (Foto: CBR)
A A A
Superhero dikenal sebagai sosok manusia dengan kekuatan dan kemampuan yang melebihi orang lain. Mereka selalu menolong orang yang lemah dan menegakkan keadilan. Namun, tak semua dari mereka tampil sempurna secara fisik.

Ada sejumlah superhero dari dunia Marvel yang muncul dengan fisik tidak sempurna. Mereka ada yang mengalami kehilangan pendengaran atau tunarungu, tunawicara, buta, kehilangan salah satu anggota tubuhnya atau bahkan lumpuh dan harus duduk di kursi roda. Namun, kekurangan itu tidak menghalangi mereka berbuat kebaikan.

Sederet film Marvel telah menampilkan para superhero yang memiliki disabilitas. Kekuatan mereka tak kalah dari yang lain. Bahkan, ada yang pemimpin kelompok superhero mereka. Ada yang telah teruji, tapi ada juga baru akan diperkenalkan.

Daftar ini hanya menampilkan karakter superhero dengan disabilitas yang masih hidup. Jadi Tony Stark yang mengalami masalah dengan jantungnya dan Odin tidak dimasukkan karena mereka sudah tiada. Lantas siapa saja mereka? Berikut ulasannya!



10. Maya Lopez/Echo
10 Superhero dengan Disabilitas yang Tampil di Film Marvel

Episode 2 serial Hawkeye yang tayang di Disney+ Hotstar menawarkan sedikit penampakan Maya Lopez. Diperankan Alaqua Cox, Maya nantinya akan menjelma sebagai superhero bernama Echo. Dia mampu menggemakan dan menirukan gerakan orang lain. Dia adalah keturunan Native-America dan menderita tunarungu atau tuli. Belum diketahui seperti apa nanti aksinya di MCU. Yang jelas, pemerannya, Alaqua, juga seorang tunarungu seperti Maya. Selain itu, Alaqua juga mengalami amputasi di salah satu anggota tubuhnya.

9. Nick Fury
10 Superhero dengan Disabilitas yang Tampil di Film Marvel

Mata-mata super dari SHIELD ini diperkenalkan sejak Iron Man (2008) dengan penampilan khasnya. Dia mengenakan penutup untuk salah satu matanya. Berbeda dengan di komik, MCU menjelaskan jika Nick kehilangan matanya akibat cakaran kucing bernama Goose di Captain Marvel (2019). Kucing yang mencakarnya itu bukan kucing sembarangan. Dia adalah perwujudan alien.

Meski kehilangan satu matanya, Nick tetap tampil garang. Dia tidak menganggap kekurangannya itu sebagai penghambat dirinya untuk mengungkap kejahatan. Dia masih menjadi kekuatan di balik terbentuknya Avengers dan terlihat dihormati banyak orang di SHIELD dan anggota Avengers.

8. Clint Barton/Hawkeye
10 Superhero dengan Disabilitas yang Tampil di Film Marvel

Di komik, Clint Barton adalah superhero yang menderita tunarungu. Tapi, aspek ini belum ada di MCU hingga serial Hawkeye tayang di Disney+ Hotstar. Di episode 1 serial itu, Clint terlihat mengenakan alat bantu pendengaran di telinga kirinya. Ini mengindikasikan jika Hawkeye telah kehilangan pendengarannya.

Belum dijelaskan secara eksplisit penyebab Clint kehilangan pendengarannya di MCU. Namun, penyebab hilangnya pendengaran Clint itu dikenal sebagai kehilangan pendengaran akibat kebisingan (NIHL), yang sering bisa diikuti oleh tinnitus yang ekstrem. Ini bisa terjadi pada mantan tentara yang berkali-kali beraksi tanpa perlindungan telinga. Hilangnya pendengaran Clint ini, sebagaimana dikutip dari Screen Rant, adalah akibat dari dampak akumulasi trauma.

7. Bucky Barnes
10 Superhero dengan Disabilitas yang Tampil di Film Marvel

Ketika muncul kali pertama di Captain America: The First Avenger, Bucky Barnes tampil dengan fisik yang utuh. Namun, di film itu, dia kemudian jatuh dari kereta. Akibatnya, dia kehilangan lengan kirinya. Lengan itu terpaksa diamputasi. Hydra mengganti tangannya itu dengan lengan prostetik buatan mereka.

Di akhir Captain America: Civil War, Bucky melepas lengan prostetik Hydra itu saat berada di Wakanda. Di adegan pascakredit Black Panther, dia kemudian mendapatkan lengan prostetik baru buatan kerajaan tertutup tersebut. Lengan prostetik baru yang mutakhir membantu Bucky untuk bisa beraksi dengan maksimal.

6. Wade Wilson/Deadpool
10 Superhero dengan Disabilitas yang Tampil di Film Marvel

Sebelum menjadi Deadpool, Wade Wilson adalah seorang tentara bayaran. Dia kemudian divonis mengidap kanker paru-paru stadium akhir. Perjalanannya mencari pengobatan membuatnya menjadi subyek eksperimen berbahaya. Akibat eksperimen itu, dia mengalami kelainan bentuk fisik dan mengalami kesakitan yang luar biasa.

Namun, eksperimen itu juga memberinya kemampuan luar biasa. Dia bisa menyembuhkan dirinya dalam waktu singkat. Namun, ketika kemampuan itu ditekan atau dihilangkan seperti terlihat di Deadpool 2, Wade akan jadi lemah. Kanker yang dia derita menyakitinya dan dia tidak bisa apa-apa.

5. Doctor Strange
10 Superhero dengan Disabilitas yang Tampil di Film Marvel

Di Doctor Strange (2016), Stephen Strange mengalami kecelakaan mobil yang menyebabkannya terluka parah. Akibatnya, dia kehilangan kemampuan di tangannya. Padahal, sebagai seorang dokter bedah, tangan itu adalah segalanya baginya.

Agar bisa kembali menjadi dokter bedah, Stephen pergi ke Kamar Taj. Dia bertemu Ancient One. Alih-alih menyembuhkan tangannya, dia malah mempelajari sihir dan akhirnya menjadi Penyihir Agung. Cedera di tangannya juga belum 100% sembuh. Ini terlihat di Avengers: Endgame. Ketika dia mengangkat jarinya untuk memberi tanda kepada Iron Man, jarinya masih bergetar. Ini menandakan jika sihir pun belum bisa menyembuhkan lukanya.

4. Matt Murdock/Daredevil
10 Superhero dengan Disabilitas yang Tampil di Film Marvel

Daredevil jadi buta ketika dia masih kecil. Matanya terkena percikan material radioaktif yang sama yang memberinya kemampuan sensor ekstra yang fantastik. Ini memberinya kemampuan hingga level manusia super. Di dunia film, tokoh ini sudah diperankan oleh dua aktor, yaitu Ben Affleck di film yang dirilis pada 2003 dan Charlie Cox di serial Netflix.

Seperti banyak orang yang mengalami kekurangan penglihatan, Matt menggunakan suaran sebagai metode orientasi dan navigasi. Dia membaca kata-kata yang tercetak dengan jarinya dan bisa merasakan gangguan di udara ketika ada orang yang berjalan atau berteleportasi di dekatnya. Selain itu, dia juga mahir bela diri. Dia dilatih oleh mentornya yang juga buta, Stick. Ini artinya, dia sudah cukup berbahaya dengan tongkatnya.

3. Makkari
10 Superhero dengan Disabilitas yang Tampil di Film Marvel

Diperkenalkan di film Eternals, Makkari versi MCU ini berbeda dengan versi komiknya. Di komik, Makkari adalah seorang pria. Sedangkan di MCU, Makkari adalah seorang wanita penyandang tunarungu dan tunawicara. Aktris pemerannya, Lauren Ridloff, memang penyandang disabilitas tersebut di dunia nyata. Di dunia film superhero, Makkari adalah pahlawan tuli pertama yang pernah ditampilkan.

Kekuatan paling menonjol dari Makkari adalah kecepakatannya. Sepanjang hidupnya, dia menghabiskan waktu untuk memperbaiki kecepatannya. Di film, Makkari tinggal di kapal Domo dan mengumpulkan banyak artefak. Dia juga suka membaca buku. Dia bisa membaca buku dengan sangat cepat.

2. Profesor X
10 Superhero dengan Disabilitas yang Tampil di Film Marvel

Charles Xavier alias Profesor X adalah salah satu mutan terkuat di dunia Marvel. Dia juga seorang pakar ilmiah dalam bidang genetika yang dihormati secara global. Dia memainkan peranan penting sebagai duta besar dalam mempromosikan hubungan damai antara manusia dan mutant. Di film, dia telah dilakonkan oleh dua orang, yaitu Patrick Stewart dan James McAvoy.

Profesor X mungkin adalah superhero penyandang disabilitas pertama yang melintas di benak orang. Dia mengalami kelumpuhan pada kakinya akibat ulah Magneto. Di X-Men: First Class, diperlihatkan kalau Profesor X jadi lumpuh setelah Magneto membelokkan sebutir peluru. Secara tidak sengaja, peluru itu mematahkan tulang punggungnya.



1. Thor
10 Superhero dengan Disabilitas yang Tampil di Film Marvel

Thor adalah salah satu pahlawan terkuat yang pernah ada di jagat Marvel. Dia hampir tak terkalahkan. Sebagai Dewa Petir, dia sangat kuat dan punya senjata andalan berupa palu bernama Mjolnir. Di MCU, semuanya berjalan baik sampai Thor: Ragnarok (2017) ketika Thor berhadapan dengan kakaknya, Hela.

Dalam sebuah pertarungan, Hela membutakan salah satu mata Thor. Meski begitu, kondisi itu tidak membuat Thor patah semangat. Dia terus tampil sebagai seorang jagoan. Dia kemudian bertemu Rocket di Avengers: Infinity War yang memberinya sebiji mata palsu. Thor saat ini punya dua mata. Namun, salah satunya buta, seperti mendiang ayahnya, Odin.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2022 seconds (0.1#10.140)