10 Superhero dengan Disabilitas yang Tampil di Film Marvel

10 Superhero dengan Disabilitas yang Tampil di Film Marvel
Superhero tak selamanya tampil dengan fisik sempurna. Sederet pahlawan di film Marvel merupakan penyandang disabilitas. Tapi, itu tidak menghalangi aksi mereka. (Foto: CBR)
Superhero dikenal sebagai sosok manusia dengan kekuatan dan kemampuan yang melebihi orang lain. Mereka selalu menolong orang yang lemah dan menegakkan keadilan. Namun, tak semua dari mereka tampil sempurna secara fisik.

Ada sejumlah superhero dari dunia Marvel yang muncul dengan fisik tidak sempurna. Mereka ada yang mengalami kehilangan pendengaran atau tunarungu, tunawicara, buta, kehilangan salah satu anggota tubuhnya atau bahkan lumpuh dan harus duduk di kursi roda. Namun, kekurangan itu tidak menghalangi mereka berbuat kebaikan.

Sederet film Marvel telah menampilkan para superhero yang memiliki disabilitas. Kekuatan mereka tak kalah dari yang lain. Bahkan, ada yang pemimpin kelompok superhero mereka. Ada yang telah teruji, tapi ada juga baru akan diperkenalkan.

Daftar ini hanya menampilkan karakter superhero dengan disabilitas yang masih hidup. Jadi Tony Stark yang mengalami masalah dengan jantungnya dan Odin tidak dimasukkan karena mereka sudah tiada. Lantas siapa saja mereka? Berikut ulasannya!



Baca Juga: 13 Film Marvel yang Tidak Jadi Dibuat dan Alasannya

10. Maya Lopez/Echo
10 Superhero dengan Disabilitas yang Tampil di Film Marvel

Episode 2 serial Hawkeye yang tayang di Disney+ Hotstar menawarkan sedikit penampakan Maya Lopez. Diperankan Alaqua Cox, Maya nantinya akan menjelma sebagai superhero bernama Echo. Dia mampu menggemakan dan menirukan gerakan orang lain. Dia adalah keturunan Native-America dan menderita tunarungu atau tuli. Belum diketahui seperti apa nanti aksinya di MCU. Yang jelas, pemerannya, Alaqua, juga seorang tunarungu seperti Maya. Selain itu, Alaqua juga mengalami amputasi di salah satu anggota tubuhnya.

9. Nick Fury
10 Superhero dengan Disabilitas yang Tampil di Film Marvel

Mata-mata super dari SHIELD ini diperkenalkan sejak Iron Man (2008) dengan penampilan khasnya. Dia mengenakan penutup untuk salah satu matanya. Berbeda dengan di komik, MCU menjelaskan jika Nick kehilangan matanya akibat cakaran kucing bernama Goose di Captain Marvel (2019). Kucing yang mencakarnya itu bukan kucing sembarangan. Dia adalah perwujudan alien.

Meski kehilangan satu matanya, Nick tetap tampil garang. Dia tidak menganggap kekurangannya itu sebagai penghambat dirinya untuk mengungkap kejahatan. Dia masih menjadi kekuatan di balik terbentuknya Avengers dan terlihat dihormati banyak orang di SHIELD dan anggota Avengers.

8. Clint Barton/Hawkeye
10 Superhero dengan Disabilitas yang Tampil di Film Marvel

Di komik, Clint Barton adalah superhero yang menderita tunarungu. Tapi, aspek ini belum ada di MCU hingga serial Hawkeye tayang di Disney+ Hotstar. Di episode 1 serial itu, Clint terlihat mengenakan alat bantu pendengaran di telinga kirinya. Ini mengindikasikan jika Hawkeye telah kehilangan pendengarannya.
halaman ke-1
Share: