Fakta dan Makna Lirik Lagu November Rain yang Kalian Belum Tahu

Senin, 01 November 2021 - 20:30 WIB
loading...
Fakta dan Makna Lirik Lagu November Rain yang Kalian Belum Tahu
November Rain sepertinya sudah menjadi ikon bulan November. Sejak dirilis pada 1992, setiap bulan ke-11 penanggalan Masehi ini tiba, orang pun mencari lagu ini. (Foto:-Foto: Screen Grab/YouTube/November Rain Guns N Roses)
A A A
Lagu November Rain milik Guns N Roses seolah telah menjadi ikonnya bulan ke-11 penanggalan Masehi. Setiap November tiba, orang-orang selalu mengasosiasikannya dengan lagu tersebut. Mereka pergi ke media sosial dan mengunggah hal-hal terkait November Rain.

November Rain adalah bagian dari album kedua Guns N Roses (GNR), Use Your Illusion I yang dirilis pada 1991. Tapi, lagu itu baru dirilis sebagai single ketiga dari album itu pada 1992. Dan, menariknya, lagu ini dirilis pada Februari, bukan November.

Lagu ini diciptakan vokalis Guns N Roses, Axl Rose. Sentuhan riff gitar Slash menambah dahsyat nuansa lagu sedih ini. Sampai saat ini, November Rain masih memegang rekor sebagai video musik dari era 90an dengan penonton terbanyak di YouTube dengan 1,7 miliar kali ditonton. Berikut sejumlah fakta menarik terkait November Rain!



1. Dibuat sejak 1983
Fakta dan Makna Lirik Lagu November Rain yang Kalian Belum Tahu

Ide lagu November Rain ini sudah ada di kepala Axl Rose sejak Guns N Roses belum terbentuk. Meski belum berbentuk lagu lengkap dengan liriknya, tapi irama piano ikonik lagu ini sudah dibuat Axl pada awal 1983. Saat itu, Axl masih menjadi anggota band LA Guns.

Menurut mantan gitaris LA Guns, Tracii Guns, Axl memainkan November Rain di piano pada 1983. Saat itu, itu adalah satu-satunya hal yang bisa dimainkan Axl. “Suatu hari, lagu ini bakalan jadi benar-benar keren,” ujar Axl saat itu kepada Tracii.

“Ya, sekarang keren. Tapi, belum selesai,” sahut Tracii.

Tracii mengatakan, sejak saat itu, tiap kali mereka ada di hotel atau tempat mana pun yang ada pianonya, Axl selalu memainkan lagu itu. “’Kapan kamu mau nyelesain itu? Dan, dia akan menjawab, ‘Aku nggak tahu apa yang harus aku lakukan dengan ini’,” kata Tracii.

Lagu itu akhirnya ada pada 1986. Saat itu, Axl sudah berada di Guns N Roses. Band itu sedang mempersiapkan album pertama mereka, Appetite for Destruction yang dirilis pada 1987. Axl awalnya ingin lagu itu masuk album itu. Tapi, Slash dan Duff McKagan menentangnya.

2. Awalnya berdurasi 25 menit
Fakta dan Makna Lirik Lagu November Rain yang Kalian Belum Tahu

Pada era 80-an dan 90-an, bukan hal aneh kalau ada sebuah band yang merilis lagu dengan durasi lebih dari 5 menit. Jadi, tidak usah heran kalau GNR juga punya lagu dengan durasi panjang. Bahkan ada yang lebih dari 10 menit.

November Rain dirilis dengan durasi 8 menit 59 detik. Tapi, awalnya, lagu ini dibuat dengan durasi 25 menit. Entah bagaimana ceritanya, lagu itu kemudian diedit dan menjadi sepanjang 18 menit sebelum akhirnya dirilis dengan durasi yang sekarang. Laman Wikipedia menyebut, versi 18 menit sempat direkam dalam sebuah sesi GNR bersama gitaris Nazareth, Manny Charlton.

November Rain bukanlah lagu terpanjang Guns N Roses. Rekor ini dipegang Coma yang berdurasi 10 menit 8 detik. Sementara di belakangnya adalah Estranged dengan 9 menit 24 detik. November Rain adalah lagu ketika terpanjang band ini.

3. Shannon Hoon
Fakta dan Makna Lirik Lagu November Rain yang Kalian Belum Tahu

Shannon Hoon adalah vokalis Blind Melon yang meninggal karena overdosis obat pada 1995. Dia tumbuh di Lafayette, Indiana, dekat Axl. Shannon menyumbangkan suara di November Rain. Di lagu ini, dia menjadi vokalis backup untuk Axl.

Shannon sudah cukup lama mengenal Axl. Dulunya, Axl adalah teman SMA kakak tiri Shannon, Anna. Axl kemudian mengundang Shannon untuk bergabung dengannya di studio ketika GNR rekaman untuk Use You Illusion I dan Use Your Illusion II. Di dua album ini, Shannon sempat menjadi penyanyi latar untuk sejumlah lagu. Selain November Rain, dia juga menjadi vokalis backup untuk The Garden dan Don't Cry. Shannon juga diajak unutk tampil di video Don't Cry.

4. Makna lirik lagu November Rain
Fakta dan Makna Lirik Lagu November Rain yang Kalian Belum Tahu

Menurut Axl, November Rain adalah lagu tentang seseorang yang tidak mau berada di status harus berhadapan dengan cinta yang tak terbalas. Pendeknya, lagu ini adalah tentang cinta bertepuk sebelah tangan. Tapi, liriknya banyak mengandung metafora yang memang indah kalau didengarkan.

November Rain mengisahkan betapa sulitnya ketika seseorang itu harus berhadapan dengan kondisi ketika dia sangat mencintai seseorang, tapi orang itu tidak lagi mencintainya. Dinginnya hujan November diartikan sebagai ketiadaan lagi cinta orang tersebut. Dia sadar kalau cintanya pada orang itu lama-lama akan mati seperti nyala lilin—cintanya—mati terkena hujan. Dia tidak mau itu terjadi.



5. Video musik
Fakta dan Makna Lirik Lagu November Rain yang Kalian Belum Tahu

Sudah bukan rahasia kalau video musik November Rain ini adalah yang paling fenomenal di zamannya. Dengan biaya yang kabarnya mencapai USD1,5 juta, video ini adalah yang termahal di zamannya. Rekor ini tumbang setelah Michael Jackson merilis duetnya dengan Janet Jackson, Scream. Video musik lagu Scream ini lebih mahal dari November Rain.

Yang menarik dari video klip November Rain adalah cerita di dalamnya. Video ini mengangkat cerita dari sebuah cerita pendek karangan Del James berjudul Without You. Cerpen itu berkisah tentang seorang musisi blues yang berusaha kenyataan ketika pacarnya bunuh diri. Del adalah teman Axl dan menulis sejumlah irama untuk band lama Axl, LA Guns, serta sejumlah lagu untuk Testament dan TNT.

Cerita dari video itu bahkan sempat menimbulkan sejumlah teori konspirasi karena si wanita mati di akhir video tersebut. Tidak ada penjelasan yang benar-benar jelas terkait apa yang terjadi pada wanita itu hingga akhirnya dia mengembuskan napas terakhir. Jawaban paling masuk akal adalah dia bunuh diri. Wanita itu disebut menderita gangguan mental dan memutuskan bunuh diri setelah pesta pernikahannya.

(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2386 seconds (0.1#10.140)