5 Fakta di Balik Lagu November Rain Milik Guns N Roses

5 Fakta di Balik Lagu November Rain Milik Guns N Roses
November Rain selalu menjadi trending topic setiap 1 November. Sampai saat ini, lagu ini adalah salah satu lagu era 90-an yang paling ikonis sepanjang masa. (Foto: YouTube/Guns N Roses)
November Rain selalu menjadi trending topic setiap 1 November datang. Lagu milik Guns N Roses itu dirilis pada 1991, tapi video musiknya dirilis pada 1992, dan bukan pada bulan November. Sampai saat ini, lagu ini adalah salah satu lagu era 90-an yang paling ikonis sepanjang masa.

Ada banyak cerita di balik lagu ini. Ini terutama terkait video musiknya. Disutradarai Andy Morahan, video musik November Rain ini dikenal epik dan menjadi salah satu video paling megah dan glamor. Tak kurang dari 1.500 orang dilibatkan dalam video musik ini.

Salah satu adegan ikonis di video ini adalah ketika Slash keluar dari kapel dan memainkan gitar sendirian di luar bangunan itu. Fun fact-nya, kapel itu berbeda dengan kapel yang dipakai untuk menikahkan Axl dan tunangannya di video itu. Kapel itu dibuat kru video musik karena Slash seharusnya tampil di ladang. Tapi, itu tidak terjadi karena saat video itu dibuat, wilayah itu sedang memasuki musim dingin. Jadi, tidak ada ladang bagus yang bisa dipakai untuk syuting. Apa saja fakta unik lain dari November Rain? Berikut ulasannya!

Baca Juga: Fakta dan Makna Lirik Lagu November Rain yang Kalian Belum Tahu

1. November Rain Menang VMA, Axl Rose Berantem dengan Kurt Cobain

5 Fakta di Balik Lagu November Rain Milik Guns N Roses

Foto: Aventuras na História

Guns N Roses dan Nirvana sudah lama berseteru. Tapi, video musik November Rain membawa perseteruan itu ke level baru. Drummer Nirvana, Dave Grohl, menyebut November Rain sebagai sebuah kekacauan. Ini bisa dianggap sebagai pernyataan iri karena di saat yang sama, Nirvana merilis video musik Smells Like Teenage Spirit yang anggarannya jauh di bawah video musik Guns N Roses itu.

Di Video Music Awards MTV yang digelar pada September 1992, Axl Rose dan vokalis Nirvana, Kurt Cobain, berantem di luar panggung. Di ajang itu, November Rain membawa pulang penghargaan sinematografi terbaik dan Video Vanguard Award. Tapi, kemenangan itu dinodai dengan baku hantam Axl dan Kurt. Menurut Rolling Stone, perkelahian terjadi setelah Courtney Love menggoda Axl untuk menjadi ayah baptis anaknya dan Kurt.

2. Video Musik Paling Memorable dari Era 90-an

5 Fakta di Balik Lagu November Rain Milik Guns N Roses

Foto: YouTube/Guns N Roses

Hingga saat ini, video musik November Rain adalah video dari era 90-an dengan jumlah view terbanyak di YouTube. Hingga artikel ini ditulis, video itu telah ditonton sebanyak 1,9 miliar kali. Video musik yang disutradarai Andy Morahan itu terlihat epik dengan konser mewah dan juga pernikahan di dalam kapel yang megah. Semua orang akan ingat adegan Slash keluar dari kapel dan memainkan gitarnya sendirian.

Video musik sepanjang 9 menit itu mengisahkan seorang cowok yang ditinggal mati istrinya setelah menggelar upacara pernikahan mereka. Sang mempelai perempuan tewas di ujung video itu. Penyebab kematiannya menjadi debat selama bertahun-tahun, tapi kemungkinan besar wanita itu meninggal dunia akibat bunuh diri.

3. Makna Lagu November Rain

5 Fakta di Balik Lagu November Rain Milik Guns N Roses

Foto: YouTube/Guns N Roses

Video musik November Rain diangkat dari sebuah cerpen karangan Del James. Tapi, lirik lagu ini berasal dari Axl. Liriknya terdengar indah dan mendayu-dayu. Namun, harus dicatat, apa yang tersirat di lagu ini sama sekali tidak sama dengan cerita yang diangkat di video klipnya.

Alih-alih, November Rain adalah lagu sedih. Lagu ini berkisah tentang seseorang yang cintanya tidak terbalas. Dia sangat mencintai orang itu, tapi orang yang dia cintai tidak lagi mencintainya. Orang itu pun sadar kalau cintanya lama-lama akan mati seperti nyala lilin terkena hujan. Tapi, dia tidak ingin itu terjadi.

4. Slash Mengira bakal Mati saat Syuting Video November Rain

5 Fakta di Balik Lagu November Rain Milik Guns N Roses

Foto: YouTube/Guns N Roses

Dalam sebuah wawancara, Slash mengatakan kalau video musik November Rain itu adalah buah pikiran Axl dan dia tidak tahu apa sebenarnya maksud video itu. Di video itu, Slash melakukan adegan ikonis di mana dia keluar dari kapel dan memainkan gitar di luar kapel itu dengan disyut dari helikopter. Adegan itu adalah ide sang sutradara, Andy Morahan.

“Tapi saya tidak diberitahu kalau mereka akan melakukan syuting itu dengan helikopter. Ketika saya ke lokasi dan melakukan apa yang harus saya lakukan, saya melihat ada helikopter yang datang dan pergi dengan kecepatan tinggi dan terbang sangat sangat rendah,” tutur Slash.

Di saat itulah, Slash benar-benar ketakutan. Dia takut kalau akan ada kejadian buruk menimpa dirinya. Ini semua karena helikopter itu yang terbang sangat rendah.

“Saya kira ‘Ini adalah hari terakhir saya di bumi’. Itu semacam hal di mana kalian harus menerima fakta kalau kalian mungkin akan mati. Dan, pada titik itu, saya cukup merasakan itu—saya tidak lagi takut mati sekarang. Kami syuting dan saya tidak tahu apa yang terjadi setelah itu. Tapi, ternyata itu jadi cukup keren. Tapi, saya tidak tahu kalau itu akan se-memorable ini,” ujar Slash.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Seputar Lagu November Rain Milik Guns N Roses

5. Matt Sorum Memberikan Sentuhan Klasik pada November Rain

5 Fakta di Balik Lagu November Rain Milik Guns N Roses

Foto: YouTube/Guns N Roses
halaman ke-1
Share: