Mengapa Trailer Thor: Love & Thunder Memakai Lagu Sweet Child O'Mine?

Rabu, 20 April 2022 - 03:03 WIB
loading...
Mengapa Trailer Thor: Love & Thunder Memakai Lagu Sweet Child OMine?
Teaser trailer Thor: Love & Thunder meluncur dengan ledakan lagu Sweet Child O’Mine milik Guns N Roses yang menyertainya. Ada alasan mengapa lagu itu dipilih. (Foto: Marvel)
A A A
Teaser trailer Thor: Love & Thunder diluncurkan dengan ledakan. Trailer itu menggebrak dengan petikan gitar ikonik Slash di lagu Sweet Child O’Mine. Tak pelak, ini menjadi fenomena tersendiri di sejarah per-trailer-an Marvel Cinematic Universe (MCU).

Meskipun MCU tidak alergi menggunakan lagu-lagu rock yang pernah nge-top di zamannya, tapi apa yang terjadi di trailer Thor 4 ini terasa lebih menarik. Terpilihnya lagu Guns N Roses itu sepertinya pas dengan perjalanan terbaru Thor. Karakter ini unik dan merupakan bagian dari karakter pertama yang diperkenalkan di MCU.

Trailer Thor: Love & Thunder memperlihatkan petualangan Avenger terkuat itu akan menjadi yang paling personal. Sepanjang lebih dari 11 tahun perjalanan MCU, Thor telah kehilangan banyak orang terdekatnya. Ayah, ibu, kakak, dan adiknya—Loki versi asli, bukan varian 2012 dari Endgame—telah tiada. Sahabatnya, Heimdall, mengembuskan napas terakhir ketika berusaha mempertahankan kapal yang membawa bangsa Asgard dari serbuan Thanos.

Selain tragedi pribadi itu, Thor juga merasakan seperti apa dampak jentikan jari Thanos. Setelah semua itu, Thor sepertinya memikirkan ulang siapa dirinya. Depresi dan naiknya berat badannya di Avengers: Endgame adalah bukti rasa bersalahnya karena gagal membunuh Thanos di Infinity War. Tapi, di Love & Thunder, Thor sepertinya telah menemukan motivasi dan tujuan baru.

Thor: Love & Thunder disutradarai Taika Waititi yang sebelumnya menukangi Thor: Ragnarok. Pengaruh Taika terhadap Thor, baik pada karakter dan film, tidak bisa diremehkan. Dia memberikan stempel di franchise itu dengan memasukkan kesenangan dan warna. Dia mengubah gaya film dan karakter itu dari dua film sebelumnya. Kini, dia akan kembali melakukannya di Thor 4. Jadi, apa alasan Taika menggunakan lagu Sweet Child O’Mine? Mengutip Screen Rant, berikut ulasannya!



1. Sweet Child O’Mine, lagu Guns N Roses di trailer Thor 4



Bagi penyuka lagu rock klasik atau rock ’90-an, rift gitar Slash di Sweet Child O’Mine tentu mudah dikenali. Rift itu sangat ikonik dan bahkan akan langsung nancep di otak begitu pertama kali didengarkan. Meskipun, Slash mengaku kalau sebenarnya dia membenci rift gitar tersebut.

Sweet Child O’Mine dirilis sebagai single Guns N Roses pada 1988. Lagu itu adalah bagian dari debut album mereka, Appetite for Destruction, yang dirilis pada 1987. Meski bukan single perdana dari album tersebut, lagu itu adalah satu-satunya lagu milik Guns N Roses yang menduduki nomor 1 di chart lagu di Amerika Serikat. November Rain yang lebih ikonik “hanya” mampu mencapai anak tangga 3.

Hingga saat ini, video Sweet Child O’Mine telah ditonton sebanyak 1,36 miliar kali di YouTube. Trailer Thor: Love & Thunder sepertinya akan membuat lagu ini kembali jadi hit. Kolom komentar di video musik ini telah diserbu orang-orang baru menonton trailer tersebut. Sweet Child O’Mine adalah lagu kedua Guns N Roses dengan view terbanyak di YouTube setelah November Rain.

Bukan kali ini saja Taika menggunakan lagu meledak semacam Sweet Child O’Mine. Di Thor: Ragnarok, Taika memakai lagu Immigrant Song milik Led Zeppelin. Lagu itu juga sangat mudah dikenali dari suara teriakan Robert Plant. Lagu itu—dan lagu lain Led Zeppelin—tidak pernah mencapai nomor satu di chart AS.



2. Mengapa Sweet Child O’Mine dipakai trailer Thor: Love & Thunder?



Menurut Screen Rant, lagu Guns N Roses itu sebenarnya sangat pas bagi Thor: Love & Thunder. Lagu itu ditulis Axl Rose untuk calon istrinya saat itu, Erin Everly. Dengan bagian besar dari film itu mengisahkan kembalinya mantan pacar Thor, Jane Foster, lagu ini mungkin menjadi sinyal balikan keduanya.

Di trailer, jelas kalau perasaan Thor pada Jane belum sirna. Ini bisa terlihat dengan bagaimana Thor memandang Jane saat dia memegang Mjolnir. Meski telah terpisah selama bertahun-tahun, mungkin masih ada sesuatu di antara mereka.

Lirik Sweet Child O’Mine mendetailkan bagaimana kekasih penyanyi lagu ini memberikan kenyamanan bagi mereka. Tempat itu adalah di mana bisa bersembunyi dan “pray that the thunder and the rain would quietly pass me by” (berdoa semoga petir dan hujan diam-diam melewatiku). Kata-kata terkait petir dan hujan ini jelas penting bagi Thor karena dia adalah Dewa elemen itu.

Tapi, trailer Love & Thunder itu mengindikasikan kalau Thor menginginkan lebih dari itu. Dia terlihat mengubur Stormbreaker dan mengklaim kalau hari-harinya sebagai superhero telah berakhir. Lirik itu juga bisa memprediksi akhir Thor. Dia mungkin benar-benar berharap petir dan hujan melewatinya sehingga dia bisa mendapatkan kedamaian dan hidup bersama Jane.

Hubungan Thor dan Jane secara drastis terbayangi dan tidak berkembang selama masa mereka di MCU. Keduanya adalah pasangan yang menarik karena mereka secara inheren mengimplikasikan campuran sihir dan sains. Mereka kemudian terpisah satu sama lain begitu MCU terus meluas. Tapi, semoga lagu Guns N Roses di trailer itu bisa mengindikasikan kembalinya romansa di MCU itu.

(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3748 seconds (0.1#10.140)