3 Kebiasaan yang Menandakan Kamu Memiliki EQ Tinggi

Rabu, 08 September 2021 - 12:32 WIB
loading...
3 Kebiasaan yang Menandakan Kamu Memiliki EQ Tinggi
Mampu mengenali emosi diri sendiri dan orang lain menjadi salah satu tanda bahwa kamu punya EQ tinggi. Foto/Alexandr Podvalny, Pexels
A A A
JAKARTA - Kamu mungkin sering mendengarkan kata IQ dan EQ dalam dunia psikologi, tapi kebanyakan orang hanya fokus pada IQ yang tinggi. Padahal EQ bisa menjadi kekutan super kalau kamu memilikinya.

Penerapan kecerdasan emosional (EQ) juga bisa terlihat dari kebiasaan sehari-hari seseorang, sehingga kamu bisa dikatakan memiliki EQ yang tinggi apabila melakukan kebiasaan-kebiasaan ini.

1. PUNYA RASA EMPATI DAN MENUNJUKKANNYA

3 Kebiasaan yang Menandakan Kamu Memiliki EQ Tinggi

Foto: Alex Green

Mengutip Psychology Today , Merasakan perasaan yang sama dengan orang lain atau empati merupakan tanda awal kamu memiliki kecerdasan emosional, dalam hal ini kamu mampu memahami kebutuhan emosional orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya ketika kamu melihat temanmu yang berperilaku tak biasa, kamu bisa 'membaca' ada yang salah darinya, entah dia sedang sedih atau mengalami perasaan negatif lainnya. Lantas, kamu pun menawarkan bantuan untuk mengurangi kesedihannya itu.

Bisa juga saat kamu betul-betul mempertimbangkan perasaan orang lain sebelum mengatakan atau menulis sesuatu. Misalnya, kamu menahan diri untuk tidak merayakan ulang tahunmu saat salah satu temannya sedang mengalami musibah.

Baca Juga: Suka Iri di Medsos? Ini 4 Cara Mengelolanya Agar Kamu Jadi Lebih Baik

2. SADAR TERHADAP DIRI SENDIRI

3 Kebiasaan yang Menandakan Kamu Memiliki EQ Tinggi

Foto: Andrea-Piacquadio/Pexels

Kemampuan utuk melihat diri sendiri juga merupakan tanda kamu cerdas secara emosional, Contohnya adalah kebiasaan melakukan introspeksi diri. Dengan kamu mampu melihat dan menyadari kesalahan yang kamu perbuat terhadap orang lain, kamu mampu juga melakukan perbaikan untuk diri kamu sendiri.

Baca Juga: 5 Rahasia Psikologi dalam 'Left Hand', Webtoon untuk Usia 21 Tahun ke Atas

3. MAMPU MENGIDENTIFIKASI, MENGUNGKAPKAN, DAN MENDISKUSIKAN EMOSI YANG KAMU MILIKI

3 Kebiasaan yang Menandakan Kamu Memiliki EQ Tinggi

Foto: Andrea-Piacquadio/Pexels

Kebiasaan memilah atau membedakan emosi yang kita rasakan mungkin hal yang sulit dilakukan, tapi kalau kamu mampu melakukan ini dan menjadi kebiasaan, maka kamu cerdas secara emosional. Pemahaman terhadap emosi ini membantu kamu dalam bertindak sesuai emosi yang kamu rasakan.

Kandida Tristyani
Kontributor GenSINDO
IISIP Jakarta
Instagram: @tristyani_kandida
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1545 seconds (0.1#10.140)